• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Wajah Bumil untuk Cegah Melasma

Perawatan Wajah Bumil untuk Cegah Melasma

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Melasma adalah kondisi kemunculan bercak-bercak coklat di kulit yang biasanya dialami selama kehamilan. Perubahan hormon yang dialami bumil selama periode sembilan bulan dapat memicu munculnya pigmentasi kulit yang lebih gelap secara tiba-tiba tersebut.

Seperti dilansir dari Today’s Parent, menurut ahli kulit dari Vancouver Allison Sutton, paparan sinar UV dapat memicu timbulnya melasma dan memperburuk kondisi tersebut. Informasi selengkapnya mengenai melisma pada bumil bisa dibaca di sini!

50–70 Persen Bumil Alami Melasma

Melasma atau chloasma sebagian besar muncul di wajah, di daerah yang sering terkena sinar matahari, seperti pipi, hidung, bibir atas, dan dahi. Terkadang bumil juga bisa mendapatkannya di dada atau lengan, tetapi itu tidak biasa. Bercak melasma biasanya simetris, muncul di kedua sisi wajah. 

Baca juga: Tak Hanya Sehat, Ini Manfaat Terong untuk Kesehatan

Lima puluh hingga 70 persen wanita hamil akan mengalami chloasma  Ini terlihat lebih sering pada orang dengan warna kulit lebih gelap, terutama mereka yang memiliki latar belakang Asia, Mediterania, atau Latin.

Bagaimana cara membantu mencegah melasma semakin parah di masa kehamilan? Bumil bisa menerapkan langkah-langkah berikut: 

  1. Gunakan pembersihan wajah yang baik 

Polusi lingkungan dapat berkontribusi terhadap melisma. Polutan di udara dapat mengikat kulit dan merusak permukaan pelindung membuatnya lebih lemah dan lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. 

Bersihkan kulit setiap malam sebelum tidur dengan pembersih yang benar-benar dapat menghilangkan partikel dan membantu melindungi kulit.

  1. Memerangi stres kulit dengan antioksidan

Vitamin C dan E dapat membantu menyembuhkan kerusakan akibat sinar matahari. Jadi, oleskan pada beberapa tetes serum yang mengandung vitamin ini untuk meningkatkan kesehatan kulit dan menangkal efek berbahaya dari paparan sinar matahari.

  1. Melembapkan kulit secara teratur

Gunakan pelembap yang baik setelah serum untuk mengembalikan penghalang lemak (lemak) kulit yang membantu melindunginya dari kerusakan.

  1. Sabar

Bahkan dengan perawatan, mungkin perlu berbulan-bulan untuk melasma untuk membersihkan. Tidak ada perbaikan dalam semalam. Melasma akan cepat kembali jika bumil tidak berhati-hati tentang perlindungan sinar matahari. Jadi, perawatan jangka panjang membutuhkan komitmen berkelanjutan untuk melindungi kulit.

Baca juga: 5 Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

Butuh informasi lebih detail mengenai perawatan wajah untuk cegah melasma pada bumil, bisa ditanyakan langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. 

Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Chat with a doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. 

Fakta Lain Tentang Melasma

Melasma lebih sering terjadi pada orang yang riwayat keluarganya memiliki kondisi tersebut, tetapi ini tidak turun-temurun. Tadi sudah disinggung kalau melasma tampak lebih gelap dari kulit disekitarnya yang memengaruhi pipi, dahi, bibir atas, hidung, dan dagu. 

Melasma juga dapat memengaruhi area lain dari tubuh yang terkena sinar matahari, seperti lengan bawah dan leher. Area melasma datar dan tidak menonjol. Kebanyakan keluhan terdapat pada penampilan melasma, tetapi tidak memiliki gejala fisik. Kulit yang mengalami melasma tidak gatal atau sakit.

Melasma biasanya mudah dikenali oleh dokter dari penampilannya. Saat ini tidak ada obat untuk melasma, tetapi ada beberapa pilihan perawatan yang dapat memperbaiki penampilan. 

Jika melasma terjadi selama kehamilan, itu mungkin hilang beberapa bulan setelah melahirkan dan perawatan mungkin tidak diperlukan. Meskipun mungkin kembali lagi saat kehamilan selanjutnya. Hydroquinone dan retinoid krim harus dihindari dalam kehamilan karena dapat membahayakan janin. 

Referensi:

Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. Unmasking the causes and treatments of melisma.
British Skin Foundation. Diakses pada 2020. Melasma.
Today’s Parent. Diakses pada 2020. How to Treat Your Pregnancy Melasma.