23 October 2018

Manfaat Terong untuk Kecantikan

manfaat terong untuk kecantikan

Halodoc, Jakarta – Enggak hanya punya segudang manfaat untuk kesehatan saja, ternyata terong juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah, lho. Bila ingin mendapatkan manfaat terong untuk kesehatan, kamu perlu mengonsumsi terong secara rutin. Nah, untuk mendapatkan manfaat terong untuk kecantikan, maka kamu bisa membuat masker dari terong dan mengoleskannya ke wajah. Masker terong mungkin tidak sepopuler masker yang terbuat dari bahan-bahan alami lainnya. Namun, rutin mengoleskan masker terong ke wajah terbukti bisa memberikan banyak manfaat kecantikan yang mengagumkan.

1. Melembapkan Kulit

Mengaplikasikan masker terong ke wajah dapat membuat kulit kamu menjadi lebih sehat dan lembap, lho. Hal ini karena kandungan air yang terdapat dalam terong bisa membantu menghidrasi kulit dalam berbagai cuaca, terutama saat cuaca sedang panas dan kering. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, masker terong sangat menolong dalam menghidrasi kulit. Balurkan masker ini di seluruh permukaan wajah sampai leher saat sedang bersantai atau sebelum tidur. Hasilnya, dijamin wajah akan terasa lebih lembap, lembut, dan kenyal.

2. Membuat Kulit Awet Muda

Tahukah kamu, terong yang berwarna ungu mengandung senyawa nasunin dan flavonoid yang berperan dalam melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Karena itulah, mengonsumsi terong secara rutin dapat membuat kamu terlihat awet muda. Selain itu, terong juga memiliki kandungan anthocyanin dan antioksidan yang bertindak sebagai agen anti-penuaan. Mengaplikasikan masker terong secara teratur dipercaya dapat menyehatkan dan mengurangi tanda-tanda penuaan di wajah. Ingat, penggunaan masker terong ini harus dengan kulitnya ya, karena kandungan penting tersebut terdapat pada kulit terong.

3. Menghilangkan Flek Hitam dan Noda Bekas Jerawat

Terong ungu juga kaya akan mineral dan vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Kedua kandungan tersebut enggak hanya bisa menjaga kelembapan kulit, tetapi juga membuat flek hitam dan noda bekas jerawat di wajah kamu cepat hilang.

4. Mencerahkan Kulit

Bagi kamu yang punya masalah dengan kulit kusam, ternyata masker terong dapat membuat kulit wajahmu berangsur-angsur menjadi cerah, lho. Hal ini berkat kandungan antioksidan yang terdapat dalam terong yang bermanfaat menangkal radikal bebas dan menghilangkan noda hitam di wajah, sehingga wajah tampak lebih cerah.

5. Menyembuhkan Actinic Keratosis

Actinic keratosis adalah salah satu masalah kulit di mana muncul bercak-bercak yang bersisik pada kulit akibat terpapar sinar matahari. Ternyata terong bisa membantu mengatasi kondisi tersebut, lho. Terong kaya akan kandungan fitonutrien yang efektif dalam menenangkan kulit. Kamu hanya perlu mengaplikasikan masker terong saja di bagian kulit yang terasa kering tersebut secara rutin.

Cara Membuat Masker Terong

Membuat masker terong itu mudah kok. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, siapkan dulu bahan-bahannya, yaitu satu mangkok terong yang sudah dihaluskan dan setengah mangkok yoghurt tawar.
  • Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut ke dalam satu wadah, lalu aduk-aduk hingga merata.

Setelah masker terong sudah jadi, oleskan masker ke seluruh permukaan wajah sampai leher, lalu diamkan selama kurang lebih 20—30 menit. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih.

Lakukan perawatan wajah dengan menggunakan masker terong secara rutin untuk mendapatkan manfaat terong yang maksimal.

Bila kamu mengalami masalah seputar kecantikan kulit wajah, coba tanyakan saja kepada dokter kulit lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: