• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perkembangan Bayi 10 Bulan

Perkembangan Bayi 10 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Merupakan hal yang wajar jika bayi 10 bulan ingin mengetahui bagaimana dunia di sekitarnya bekerja. Pada usianya yang 10 bulan ini, keterampilan fisiknya mulai mengejar keinginannya untuk bereksperimen. Dia memiliki koordinasi mata dan tangan untuk menempatkan balok ke dalam tong, kemudian membuangnya lagi, atau menumpuk beberapa mainan cincin multi-warna pada sebuah tiang. 

Si Kecil mulai dapat mengambil bola dan bahkan mungkin mencoba untuk melemparkannya. Dia juga mungkin dapat mulai menggenggam, menjepit, dan kecerdasan visual yang mengesankan untuk meraih sesuatu. Sekarang dia bisa menentukan dirinya sendiri jika dia ingin pergi, baik dengan merangkak, menjelajah, atau berjalan. Dia pun dapat memeriksa hampir semua yang dia lihat, seperti panci dan wajan di lemari dapur atau botol-botol di bawah wastafel.

Baca juga: Bagaimana Tahap Tumbuh Kembang Anak yang Ideal?

Selama orangtua membuat rumah aman untuk bayi, berusahalah sebaik mungkin untuk membiarkannya berjelajah di sekitar rumah. Merasakan dan membuang apa yang dia kumpulkan adalah bagaimana dia menemukan prinsip-prinsip ilmiah yang penting, seperti kekuatan gravitasi. 

Pada tahap ini, Si Kecil juga akan belajar dengan memperhatikan dan meniru orangtua. Dia mungkin akan mengambil kain dan mencoba membersihkan debu furnitur, atau memegang telepon di telinganya dan meletakkannya kembali. Sebagai orangtua tentu kagum dengan banyaknya detail kebiasaan orangtua yang dia perhatikan.

Sama seperti saat Si Kecil meniru hal-hal yang orangtua lakukan, dia mungkin juga mulai meniru cara orangtua berkomunikasi. Misalnya mengucapkan seruan seperti "Uh-oh!" atau menggelengkan kepalanya. Jika orangtua belum pernah mendengar kata pertamanya, mungkin dalam beberapa bulan ke depan kemampuan berbicaranya akan mulai terlatih. Kerenanya persiapkan hal itu dengan berbicara langsung kepada bayi, menyebutkan hal-hal yang menarik baginya, dan menggunakan namanya dalam percakapan.

Baca juga: 4 Tahap Perkembangan Motorik Anak Usia 0-12 Bulan

Saatnya Mainan & Perlengkapan Baru

Pada usia 10 bulan, tubuh Si Kecil akan semakin membesar dan orangtua perlu membeli kembali perlengkapannya. Jika Si Kecil duduk sendiri, orangtua mungkin perlu membelikan baby chair. Apalagi jika Si Kecil mungkin lebih besar dari ayunannya. Sebagian besar ayunan dirancang untuk bayi hingga 10-13 kilogram, tetapi jika Si Kecil benar-benar aktif, mungkin dia cukup kuat untuk mengayun sendiri ayunannya. Jika tidak yakin? Periksa instruksi atau tanyakan pada dokter anak melalui aplikasi Halodoc

Bersiap untuk Menyapih

Si Kecil yang berusia 10 bulan mungkin sedikit  terlalu tua untuk botol dotnya. Dokter anak umumnya merekomendasikan peralihan sepenuhnya ke cangkir sippy tak lama setelah ulang tahun pertama. Namun, jika Si Kecil masih melekat pada puting ibu, maka itu waktu yang cukup baik untuk mulai memperkenalkan botol cangkir. 

Perlu diketahui mengisap dot setelah tahun pertama memiliki potensi merusak pertumbuhan gigi, dan dapat membuat bayi kesulitan menguji kata-kata pertamanya. Meskipun ibu mungkin tidak dapat sepenuhnya menyapih dot bayi, ibu dapat menentukan batas seberapa sering ia dapat mengisapnya, misalnya hanya pada waktu tidur. 

Saatnya Menabung untuk Bayi

Orangtua perlu menyiapkan tabungan untuk Si Kecil, karena ia sudah siap untuk beberapa hal baru. Misalnya pakaian yang dapat bertahan hingga merangkak konstan, sepatu agar pas dengan kakinya yang berjalan, serta kereta dorong ukuran balita untuk latihan berjalan. Memasok bayi dengan pakaian, mainan, popok, makanan, dan barang-barang lain yang dia butuhkan, bahkan hanya di tahun pertama kehidupannya bisa sangat mahal.

Baca juga: Normalkah Anak Alami Tantrum? Ketahui 4 Faktany

Seiring bertambahnya usia bayi, sejumlah pengeluaran akan berkurang. Perawatan anak untuk bayi di bawah 12 bulan biasanya lebih mahal daripada untuk balita. Oleh karena itu, saat bayi mendekati usia tahunan, segeralah lakukan penghematan. Jika orangtua memberi susu formula pada Si Kecil, pada usia 1 tahun ia akan dapat beralih ke susu murni. Dengan begitu, penghematan pun bisa dilakukan lebih mudah. 

Referensi:

Parents. Diakses pada 2019. 10 Month Old Baby Development