• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perkembangan Bayi 11 Bulan

Perkembangan Bayi 11 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Melihat tumbuh kembang anak pasti menjadi suatu hal yang mengesankan. Terlebih lagi apabila dirinya sudah dapat belajar berjalan. Memang terkadang hal tersebut dapat merepotkan, tetapi kamu juga akan merasa bahagia di saat yang bersamaan.

Umumnya, bayi yang telah hampir mencapai satu tahun sudah mempunyai banyak kebiasaan. Di usia 11 bulan, anak ibu akan lebih aktif bergerak dan dapat berjalan dengan bantuan orangtuanya. Maka dari itu, ibu harus terus memperhatikannya ketika beraktivitas di sekitar rumah. Berikut beberapa perkembangan bayi usia 11 bulan!

Baca juga: 4 Tahap Perkembangan Motorik Anak Usia 0-12 Bulan

Perkembangan Bayi ketika Berusia 11 Bulan

Ketika bayi sudah mencapai usia 11 bulan, banyak hal yang telah dapat dilakukannya. Untuk itu, ibu harus tahu indikator yang dapat menandakan apakah bayi sudah sesuai dengan patokan yang ada atau belum. Jika ternyata belum, ibu dapat mendiskusikannya dengan dokter anak.

Maka dari itu, berikut adalah beberapa indikator yang dapat terjadi pada perkembangan bayi saat usia 11 bulan:

  1. Keterampilan Motorik

Pada usia ini, bayi sudah dapat berkeliling rumah sambil memegang barang yang ada di sekitarnya. Selain itu, bayi mungkin melepaskan tangan dan mencoba untuk melangkah sendiri. Beberapa anak juga sudah dapat berjalan sendiri meski belum kokoh.

Beberapa bayi dengan usia 11 bulan juga sangat suka untuk berjelajah. Dirinya mungkin akan mencoba untuk melewati batas tempat tidur dan beberapa situasi yang berbahaya lainnya. Maka dari itu, jangan biarkan barang-barang berbahaya ada di sekitarnya. Karenanya ibu harus benar-benar harus menjaganya dengan sigap.

Koordinasi dari tangan dan mata dari bayi usia tersebut juga sudah meningkat. Dirinya mungkin sudah dapat mempelajari cara mengatur mainan dengan pembagian ukuran dan warna, serta memisahkannya. Mainan yang dapat disusun juga sangat baik untuk dimainkan untuk anak ibu belajar hal tersebut.

Jika ibu mempunyai pertanyaan terkait perkembangan bayi di usia 11 bulan, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Selain itu, ibu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi ini.

Baca juga: Perkembangan Bayi 10 Bulan

  1. Pola Makan Bayi

Perkembangan bayi saat usia 11 bulan adalah peningkatan terhadap pola makannya. Anak ibu sudah harus memegang botol susu sendiri dengan tangannya dan belajar cara menggunakan sendok. Cobalah untuk memberikan makanan sehat pada anak ibu, seperti buah, sayuran, produk susu, dan protein.

Indra perasa bayi pada umur ini juga sudah lebih berkembang, jadi cobalah untuk memberikan rasa yang berbeda-beda pada makanannya. Jika anak ibu terbilang seseorang yang pemilih, cobalah terus berusaha dan jangan menyerah. Terkadang, bayi harus merasakan makanan baru sekitar 8-12 kali sebelum menyukainya.

Jangan pernah memaksakan anak ibu untuk makan. Jika dirasa dirinya telah kenyang, hentikan pemberian makanan tersebut. Anak yang dipaksa untuk menghabiskan makanannya, suatu hari dirinya akan berubah menjadi seseorang yang mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Baca juga: Perhatikan Waktu Tidur Bayi untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

  1. Cara Berkomunikasi

Bayi yang telah mencapai usia 11 bulan telah menyadari apabila dirinya mempunyai perasaan suka dan tidak suka. Anak ibu sudah belajar untuk menggunakan emosi agar mendapatkan hal yang diinginkannya. Pada momen ini, dirinya telah dapat menolak sesuatu yang tidak disukainya.

Perkembangan bayi saat mencapai usia 11 bulan sudah dapat membalas percakapan dari orang sekitarnya. Saat kamu bertanya tentang satu hal, anak ibu telah dapat menjawab meskipun tidak tahu apa yang diucapkannya. Anak ibu juga sudah mulai menyukai permainan dan fokus untuk beberapa saat.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. Baby Development: Your 11-Month-Old
Parents. Diakses pada 2019. 44 Week Old Baby Development