• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 4 Tanda Insecure yang Sering Diabaikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 4 Tanda Insecure yang Sering Diabaikan

Perlu Tahu, Ini 4 Tanda Insecure yang Sering Diabaikan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 November 2022

“Cara tiap orang menunjukkan ketidakamanan (insecure) mereka bisa dibagi menjadi dua sikap. Insecure bisa membuat mereka menjadi rendah diri, atau sebaliknya, bersikap superior dan menyombongkan diri mereka sendiri.”

Perlu Tahu, Ini 4 Tanda Insecure yang Sering DiabaikanPerlu Tahu, Ini 4 Tanda Insecure yang Sering Diabaikan

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang senang menyombongkan diri tentang hubungan mereka dengan pasangan, karier atau saldo di rekeningnya? Sekilas mereka sepertinya memiliki kehidupan yang sempurna. Namun, tahukah kamu bahwa tindakan mereka tersebut bisa jadi merupakan tanda insecure?

Insecure atau perasaan tidak aman yang mungkin pernah dialami tiap orang dari waktu ke waktu. Hal itu disebabkan karena melihat pencapaian teman-teman di sekitar yang melebihi diri sendiri, ketidakstablian kondisi hidup, pengalaman traumatis, dan lain-lain. 

Cara tiap orang menunjukkan rasa tidak aman mereka juga berbeda-beda. Beberapa orang cenderung menarik diri dari sosialisasi, tapi sebagian lagi cenderung menyombongkan diri untuk menutupi rasa tidak amannya. Nah, berikut tanda-tanda insecure yang menarik untuk diketahui.

Kenali Tanda-Tanda Insecure

Insecure adalah perasaan tidak mampu atau tidak cukup baik dan ketidakpastian. Hal ini bisa menyebabkan kecemasan tentang tujuan, hubungan, dan kemampuan seseorang untuk menangani situasi tertentu. Ada banyak hal yang bisa membuat orang menjadi insecure, mulai dari pekerjaan, hubungan dengan orang lain, kondisi keuangan dan lain-lain.

Menariknya, insecure tidak selalu membuat orang menjadi rendah diri. Sebab, orang-orang yang merasa insecure justru bisa berjuang untuk menjadi superioritas. Mereka bisa merasa bahagia dengan membuat orang lain menjadi tidak bahagia atau merasa insecure.

Perjuangan untuk menjadi superioritas ini juga dianggap sebagai ciri gangguan kepribadian narsistik, penyimpangan dalam perkembangan normal yang membuat seseorang terus menerus mencoba untuk meningkatkan harga diri mereka.

Nah, berikut tanda-tanda orang yang insecure:

1. Membuat orang lain merasa insecure

Apakah kamu cenderung merasa insecure hanya ketika sedang bersama orang-orang tertentu? Apakah orang tersebut selalu menunjukkan kelebihan diri mereka setiap kali bertemu denganmu?

Nah, bila kamu merasa insecure hanya di sekitar orang-orang tertentu, ada kemungkinan orang tersebut memproyeksikan rasa insecure mereka pada dirimu.

2. Sering menunjukkan pencapaiannya

Orang-orang yang terus menerus menyombongkan diri tentang gaya hidup mereka yang fantastis, pendidikan mereka yang tinggi, atau anak-anak mereka yang luar biasa mungkin adalah orang yang insecure. Mereka melakukan hal itu untuk meyakinkan diri mereka sendiri bahwa mereka benar-benar berharga.

3. Sering ‘humble brag’

Humble brag adalah kesombongan yang disamarkan dengan pernyataan yang merendahkan diri sendiri. Kamu mungkin pernah menemukan orang yang bersikap seperti itu di sosial media. 

Misalnya, orang yang mengeluh lelah karena harus melakukan perjalanan jauh ke luar negeri karena memiliki pekerjaan yang penting, atau lelah karena menghabiskan waktu menemani anak-anak mereka menonton di bangku VIP, dan lain-lain.

4. Sering mengeluh segala sesuatunya tidak cukup baik

Orang yang insecure sering tidak merasa puas dengan pencapaian, penghasilan, atau hal lainnya yang mereka dapat. Kamu mungkin menganggap mereka adalah orang yang sok.

Tanda insecure tersebut sebenarnya adalah cara untuk menegaskan bahwa mereka tidak hanya lebih baik daripada orang lain. Namun, mereka juga memiliki kriteria yang lebih ketat untuk diri mereka sendiri.

5. Rendah diri

Sebaliknya, ada juga orang insecure yang menjadi rendah diri karena ketidakamanannya. Mereka cenderung menilai dirinya sebagai individu yang tidak cukup baik. Hal ini bisa menyebabkan masalah lain, terutama terkait kesehatan mental.

6. Mengisolasi diri

Menghindari interaksi sosial dan lebih suka menyendiri juga bisa menjadi tanda insecure. Terkadang, orang-orang ini lebih suka berinteraksi secara virtual melalui internet, karena merasa bisa mengendalikan situasi.

Itulah tanda-tanda insecure yang perlu diketahui. Bila kamu merasa memiliki masalah dalam hubungan dengan orang lain karena memiliki tanda-tanda insecure di atas, cobalah untuk menemui ahli kesehatan mental, seperti psikolog, dengan menggunakan aplikasi Halodoc

Caranya, tinggal buat janji di rumah sakit di rumah sakit pilihan melalui aplikasi. Kamu pun bisa menentukan dokter dan waktu kunjungan yang kamu inginkan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2022. 4 Signs That Someone Is Insecure.
WebMD. Diakses pada 2022. Signs of Insecurity