• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Permainan Sederhana yang Bisa Membantu Kemampuan Bicara Bayi

Permainan Sederhana yang Bisa Membantu Kemampuan Bicara Bayi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Menstimulasi kemampuan bicara bayi merupakan hal penting yang harus dilakukan orangtua. Melatih bayi agar mampu berbicara sebenarnya dapat dilakukan sejak bayi baru lahir. Orangtua dianjurkan selalu mengajak berbicara bayi sejak baru lahir.

Komunikasi merupakan aspek penting dari perkembangan kognitif pada bayi. Pengembangan bahasa sangat penting untuk pembelajaran bayi. Jika Si Kecil dapat berbicara dan memahami dengan baik, kemampuannya berbicaranya pun akan semakin meningkat. Untuk semakin meningkatkan kemampuan bicara bayi, terdapat sejumlah permainan sederhana yang dapat membantunya.

1. Bermain Telepon

Telepon mainan biasanya efektif untuk mengajak bayi berkomunikasi. Sediakan sepasang telepon mainan dan berpura-puralah orangtua menelepon Si Kecil. Dorong ia untuk mengangkat telepon dan menjawab. Ajari Si Kecil cara mengatakan ‘halo’ ketika dia menjawab telepon. Melakukan permainan ini secara teratur dapat membantu anak mengembangkan komunikasi dan keterampilan berbicara yang baik. 

Baca juga: Tips Memilih Mainan Aman untuk Anak di Bawah 1 Tahun

2. Bernyanyi Bersama

Lirik lagu dan musik dapat membantu anak meningkatkan kemampuan berbicara dan bahasa. Cara ini sangat menyenangkan bagi Si Kecil. Orangtua juga dapat memperkenalkan kata-kata baru dan mengajarinya kata benda dan kata kerja melalui lagu. 

3. Bermain ‘Sebut Nama Benda'

Di rumah, orangtua dapat menunjuk berbagai benda dan mintalah anak untuk menyebut namanya. Orangtua dapat membantu dengan menyebutkan satu persatu nama benda sampai Si Kecil mulai mengatakannya sendiri. Ini merupakan cara mudah untuk membangun dan meningkatkan kosa kata. Permainan ini juga dapat dimainkan di mana saja, baik itu di rumah, taman, supermarket, maupun ketika sedang berada dalam perjalanan. 

4. Membacakan Buku

Membacakan buku pada anak setiap malam adalah cara yang baik untuk memperkenalkan kata-kata. Bacakan kepadanya sebuah buku yang sederhana bergambar dan ajukan pertanyaan yang berkaitan dengan cerita dalam buku. Orangtua juga dapat mencoba menunjuk gambar di buku dan memintanya untuk mengidentifikasi gambar-gambar di buku. Permainan ini dapat membantu meningkatkan kosakata dan mengajarnya untuk memberikan respons terhadap pertanyaan yang diajukan. 

Baca juga: Bagaimana Tahap Tumbuh Kembang Anak yang Ideal?

5. Bermain Boneka

Berikan beberapa boneka dan dorong ia untuk berbicara pada boneka-boneka. Anak-anak pada dasarnya memiliki kemampuan kreatif dan imajinatif. Setelah memberitahu bagaimana cara untuk bermain boneka, dengan sendirinya Si Kecil akan mengambil alih. 

Orangtua juga dapat menggunakan boneka untuk melakukan percakapan sederhana dengan anak. Bila perlu, buat pertunjukan boneka di rumah untuk membuat waktu bermain lebih menyenangkan. 

6. Mencocokkan Alfabet

Gambarlah huruf-huruf alfabet di atas karton dan berikan pada anak. Selanjutnya, beri Si Kecil gambar benda dan minta ia mengidentifikasi gambar tersebut. Kemudian, minta Si Kecil untuk mencocokkan gambar dengan huruf awal objek. Dengan begitu, ia akan menggunakan fonetik untuk mencocokan huruf dengan objek, sehingga kemampuannya untuk mengeja dengan benar akan terbangun. 

7. Bermain Petak Umpet Sederhana

Karena masih bayi, orangtua dapat memainkan petak umpet dengan menyembunyikan barang atau menyembunyikan diri di sekitar kamar atau tempat tidur (jangan terlalu jauh agar anak tidak kesulitan). Orangtua bisa menyembunyikan boneka di bawah selimut, lalu tanyakan “boneka beruangnya di mana ya?” Ketika anak menarik selimut dan menemukan bonekanya, tunjukkan ekspresi terkejut dan tawa. 

Ayah atau ibu juga bisa menjadi objek yang bersembunyi untuk di temukan Si Kecil. Permainan sederhana ini dapat mengembangkan observasi dan mendorong bayi untuk berbicara dan menyelesaikan masalah. 

Baca juga: Ketahui Tahapan Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan

Itulah beberapa permainan sederhana yang dapat dimainkan bersama bayi. Selain menyenangkan, permainan ini juga dapat menstimulasi kemampuan berbicara pada bayi. Jika orangtua memiliki masalah mengenai tumbuh kembang anak, ayah dan ibu dapat bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasinya!

Referensi:
Parenting Firstory. Diakses pada 2020. Top 11 Language Development Activities for Toddlers.
Very Well Family. Diakses pada 2020. Educational Games for Infants to Teach Early Language Concepts.