• Home
  • /
  • Ketahui Tahapan Perkembangan Bayi Usia 4-6 bulan

Ketahui Tahapan Perkembangan Bayi Usia 4-6 bulan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ketahui Tahapan Perkembangan Bayi Usia 4-6 bulan

Halodoc, Jakarta – Wah, Si Kecil semakin lucu di usia 4 bulan ini! Ia sudah bisa menggerak-gerakkan tubuhnya sendiri dan sudah mulai banyak berceloteh. Di usia 5 bulan, kemampuan motorik Si Kecil pun akan semakin berkembang dan mulai bisa tengkurap. Hingga akhirnya ibu bisa mulai memberikannya makanan padat pendamping ASI ketika Si Kecil berusia 6 bulan. Yuk, ketahui perkembangan bayi di usia 4-6 bulan agar ibu bisa memaksimalkan kemampuannya.

Bayi 4 Bulan

Memasuki usia 4 bulan, berat badan bayi meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan saat ia baru dilahirkan. Bayi laki-laki umumnya akan berbobot 5,6-8,6 kilogram dengan panjang 60-67,8 sentimeter. Sementara bayi perempuan dengan panjang 58-66,2 sentimeter akan berbobot 5,1-8,1 kilogram. Si Kecil pun juga akan mengalami beberapa perkembangan dalam kemampuan motorik dan bicaranya.

  • Kemampuan Motorik

Bayi berusia 4 bulan sudah bisa mengangkat kepalanya sejajar dengan tubuh dan menggunakan tangan sebagai penopangnya. Tangan dan kaki Si Kecil pun makin bebas bergerak dan ia mulai bisa mengekspresikan diri. Ia pun bisa menggerak-gerakan tubuh, seperti mengangkat dan menghisap jempol kakinya untuk bermain-main sendiri, serta kadang-kadang ia juga memerhatikan tangannya yang bisa bergerak-gerak.

Ketika diberdirikan, kakinya sudah bisa menjejak walaupun belum bisa berdiri sendiri. Ibu juga sudah bisa mendudukkan Si Kecil karena tulang belakangnya sudah cukup kuat untuk menyangga tubuh.

Penglihatan Si Kecil pada usia ini juga semakin baik. Matanya sudah bisa mengikuti benda yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Bila ibu menggulingkan bola ke lantai, bayi mungkin akan menoleh untuk mengikuti arah bola tersebut berguling.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kekuatan Otot Leher Bayi

  • Kemampuan Bicara

Si Kecil sudah mulai mencoba berkomunikasi dengan lingkungannya dan terkadang ia akan terlihat seperti mengajak bicara orangtuanya. Ia sudah bisa memerhatikan pergerakan bibir ibu dan menirukan kata yang ia dengar. Bayi berusia 4 bulan akan sering berceloteh “pa-pa” atau “ma-ma”. Nah, ibu bisa mengembangkan kemampuannya ini dengan sering-sering mengajaknya bicara dan mengucapkan kata-kata sederhana, seperti “mama” dan “papa” berulang kali.

Bayi 5 Bulan

Perkembangan bayi 5 bulan sudah semakin meningkat bila dibandingkan saat ia berusia 4 bulan.

  • Kemampuan Motorik

Di usia ini, bayi sudah bisa berguling dari posisi tengkurap ke telentang dan sebaliknya. Ada beberapa bayi yang pada usia ini sudah bisa duduk tanpa ditopang, tetapi hanya sebentar saja. Setiap kali ia mencoba duduk, ibu bisa membantu membenarkan posisi duduknya dan memposisikan kedua kakinya seperti huruf V.  

Selain itu, Si Kecil juga sudah bisa meraih benda-benda yang ada disekitarnya. Si Kecil juga senang melemparkan benda yang sudah ia genggam dan tertawa saat benda itu jatuh. Jadi, jika ibu menggantungkan mainan di atas tempat tidur Si Kecil, segera pindahkan agar mainan tidak jatuh menimpa Si Kecil saat ia tarik.

  • Kemampuan Berbicara

Si Kecil akan terbiasa dengan suara-suara yang sering ia dengar sehari-hari disekitarnya, seperti bunyi telepon, suara TV, dan lain-lain. Si Kecil pun juga sudah bisa memerhatikan pergerakkan bibir ibu ketika berbicara dengan lebih saksama. Ocehannya pun sudah lebih beragam dan bisa mengucapkan beberapa patah kata, seperti “ma”, “pa”, “ga”, dan lain-lain.

Bayi 6 Bulan

Bayi berusia 6 bulan sudah bisa duduk bermain di lantai dan mencoba berbagai posisi tubuh. Ibu pun bisa mulai memperkenalkan MPASI pada Si Kecil.

  • Kemampuan Motorik

Otot leher dan lengan bayi pada usia ini sudah kuat, sehingga ia bisa merangkak ke depan. Si Kecil juga sudah mulai bisa duduk sendiri setelah diposisikan tegak. Tidak hanya itu, ia juga bisa mengambil benda dengan satu tangan dan memindahkannya ke tangan lain. Salah satu hobinya adalah menjatuhkan benda apapun ke lantai untuk mendengarkan bunyi yang ditimbulkannya.

  • Kemampuan Berbicara

Si Kecil sudah mulai bisa menunjuk sesuatu yang ia inginkan, menggeleng, dan melambai pada orang lain. Celotehannya pun lebih beragam dan bisa menggabungkan konsonan dan vokal, seperti “ba” dan “ma”. Ibu bisa mengembangkan kemampuan bicara Si Kecil dengan membacakan buku dongeng yang berisi banyak gambar-gambar yang menarik untuknya.

Baca juga: 6 Manfaat Membacakan Buku Cerita Untuk Anak

Itulah tahapan perkembangan bayi dari usia 4-6 bulan. Ibu bisa ikut membantu mengembangkan kemampuannya dengan sering mengajaknya berkomunikasi, membaringkan ia dengan posisi yang berbeda, dan terus mengawasi pergerakannya.

Baca juga: Tak Lagi Misterius, Ikuti Tahapan Perkembangan Bayi Dari Usia 0-3 bulan

Jika Si Kecil sakit atau mengalami masalah kesehatan tertentu, ibu dapat segera menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Bicarakan masalah kesehatan yang dialami Si Kecil dan minta saran kesehatan kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Infant and Toddler Health.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Important Milestones: Your Baby By Six Months.