Pilates dan Yoga saat Hamil, Pilih Mana?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Januari 2021
Pilates dan Yoga saat Hamil, Pilih Mana?Pilates dan Yoga saat Hamil, Pilih Mana?

Halodoc, Jakarta - Olahraga selama kehamilan adalah kegiatan yang baik untuk dilakukan. Jika dilakukan bersamaan pola makan sehat, maka dapat bermanfaat untuk kehamilan dan persalinan yang bebas masalah. Selain itu, tubuh ibu menjadi lebih sehat dan kuat untuk menahan beban janin yang terus berkembang. 

Ada dua olahraga kehamilan yang banyak diminati para ibu hamil, yaitu yoga dan pilates. Kedua olahraga ini tentu berbeda sehingga sering muncul perdebatan tentang olahraga mana yang lebih efektif untuk mempersiapkan kehamilan dan persalinan. Lantas, apa yang perlu ibu dipertimbangkan dari pilihan yoga dan pilates sebagai olahraga saat hamil?

Baca juga: Tips Berhubungan Intim Sesuai Trimester Kehamilan

Perbedaan Pilates dan Yoga untuk Kehamilan

Hal yang membedakan pilates dan yoga adalah gerakan fokus pada inti tubuh. Jika kedua gerakan dibandingkan secara menyeluruh, terlihat jelas bahwa prenatal yoga menargetkan spektrum yang luas dari sistem tubuh. Sementara itu, prenatal pilates berfokus pada otot yang digunakan untuk persalinan (otot inti). 

Prenatal yoga menjamin kesehatan tubuh secara keseluruhan selama kehamilan. Olahraga ini menargetkan berbagai masalah selama kehamilan, seperti kelelahan, sakit, nyeri, kram, vitalitas, kesehatan emosional dan sejenisnya. 

Sementara itu, prenatal pilates bermanfaat untuk melatih keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi. Bisa dibilang, olahraga pilates untuk kehamilan bersifat spesifik dalam hal otot. Gerakan olahraga pilates dan yoga memiliki konsep yang berbeda. Lalu, bagaimana cara memutuskan mana yang terbaik untuk ibu hamil?

Baik prenatal yoga dan pilates sangat baik untuk dilakukan selama kehamilan. Pilihan dibebaskan pada ibu hamil, entah itu atas dasar minat atau kebutuhan. Berikut beberapa tips untuk mengambil keputusan:

1.Ketahui Masalah

Pertama, ketahui adakah masalah dalam kehamilan. Ibu tentu tidak ingin mengalami kaki bengkak dan kelelahan. Belum lagi sakit punggung yang akan semakin bertambah seiring pertambahan usia kehamilan. Dalam kondisi seperti itu, ibu perlu memutuskan apa yang ingin ditangani lebih dulu dan olahraga apa yang cocok. 

Baca juga: Kapankah Tanda-Tanda Kehamilan Mulai Muncul?

2.Keterbatasan Waktu

Ibu mungkin kekurangan waktu karena adanya pekerjaan, atau justru memiliki waktu penuh sepanjang hari. Jika ibu memiliki waktu luang, manfaatkan waktu semaksimal mungkin. Prenatal yoga dan pilates kehamilan bisa dijalani bersama, tentu dengan pengawasan profesional. 

Namun, apabila ibu tidak memiliki cukup waktu dalam sehari untuk berolahraga, ibu bisa memilih salah satu olahraga tergantung pada masalah yang dialami selama kehamilan.

3.Tingkat Kebugaran Tubuh Ibu dan Kondisi Medis

Biasanya pilates kehamilan tidak disarankan untuk ibu yang mengandung lebih dari satu bayi atau memiliki masalah medis lain, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, memiliki masalah jantung atau paru-paru. Pada kasus seperti itu, prenatal yoga lebih direkomendasikan.

4.Miliki Pengetahuan

Pada olahraga yoga, seseorang harus memiliki pengetahuan utama tentang berbagai gerakan yoga. Sementara pada pilates, ibu harus mengetahui latihan dasar yang dipraktikkan di atas matras. Hal ini membantu ibu membuat keputusan yang lebih baik dalam memiliki olahraga kehamilan. 

Jadi, mending pilates atau yoga nih saat hamil? Pilihannya terserah pada ibu. Jika ibu menyukai pilates, atau jika yoga adalah olahraga favorit ibu, maka pertahankanlah apa yang disukai. Hal terpenting adalah tetap aktif selama hamil, jangan melakukan olahraga secara berlebihan, dan nikmati setiap olahraga yang dijalani.

Baca juga: Waspada, Ini Kelainan dalam Kehamilan

Jika ibu baru memulai olahraga, maka pilihlah olahraga yang lebih ringan dan lakukan secara rutin. Bahkan berjalan kaki selama 30 menit akan bermanfaat dan membantu menghadapi persalinan. 

Kesehatan selama kehamilan juga perlu ditunjang dengan vitamin kehamilan. Ibu bisa beli vitamin khusus kehamilan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
IVI Fertility. Diakses pada 2021. Pilates vs Yoga: What is the best sport for pregnancy?
Workout Trends. Diakses pada 2021. Prenatal Yoga vs Pilates – Which Is Better?
Very Well Fit. Diakses pada 2021. Do Pilates to Support a Fit Pregnancy


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan