• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Infeksi Jamur Vagina
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Infeksi Jamur Vagina

Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Infeksi Jamur Vagina

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 Desember 2022

“Infeksi jamur vagina dapat dicegah dengan beberapa pola hidup sehat dan bersih. Misalnya, mengenakan pakaian dalam berbahan katun, menghindari mengenakan pakaian yang ketat, dan menghindari produk pembersih vagina.”

Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Infeksi Jamur VaginaPola Hidup Sehat untuk Mencegah Infeksi Jamur Vagina

Halodoc, Jakarta – Infeksi jamur vagina merupakan kondisi yang menimbulkan gejala gatal di area vagina dan di sekitar vulva (mulut vagina), serta muncul sensasi terbakar di alat kelamin. Jamur yang menyebabkannya yaitu Candida albicans. Hampir 75 persen wanita pernah mengalami infeksi jamur vagina

Wanita dengan kondisi tertentu lebih berisiko tinggi mengalami infeksi jamur vagina. Seperti wanita hamil, mengidap diabetes, menggunakan alat kontrasepsi dengan hormon estrogen dosis tinggi, atau sering menggunakan semprotan vagina. Maka itu penting bagi wanita untuk memiliki pola hidup sehat untuk mencegah infeksi jamur vagina. 

Lantas, seperti apa pola hidup sehat untuk mencegah infeksi jamur vagina?

Mencegah Infeksi Jamur Vagina dengan Pola Hidup Sehat dan Bersih

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi jamur vagina, antara lain: 

1. Kenakan pakaian dalam berbahan katun

Cara pertama mencegah infeksi jamur vagina yaitu dengan menggunakan celana dalam berbahan katun. Bahan katun dan sutra mampu menyerap kelembaban sehingga membuat area kelamin tetap kering. 

Berbeda dengan bahan katun, pakaian dalam berbahan nilon dan kain sintetis lainnya justru menahan kelembapan di sekitar kulit vagina yang dapat menjadi tempat pertumbuhan jamur. Selain itu, bahan sintetis dapat menyebabkan reaksi alergi dan hipersensitivitas, yang dapat menyebabkan infeksi jamur di vagina. 

2. Hindari mengenakan pakaian yang ketat

Pastikan celana jeans, rok, pakaian dalam, ataupun pakaian olahraga yang kamu kenakan tidak terlalu ketat. Sebab pakaian yang ketat dapat meningkatkan suhu tubuh, sehingga kelembaban di sekitar vagina atau selangkangan juga meningkat. Hal tersebut berisiko  meningkatkan peluang infeksi jamur vagina. 

3. Hindari menggunakan produk pembersih vagina

Produk kesehatan atau kebersihan yang ditujukan untuk vagina dapat mengganggu keseimbangan bakteri di area tersebut. Douching atau mengalirkan produk pembersih ke vagina dapat menghilangkan beberapa bakteri baik yang seharusnya ada untuk melawan infeksi. 

Hindari juga produk kebersihan atau kesehatan vagina  yang mengandung pewangi tambahan, seperti mandi busa, sabun, semprotan vagina, tampon, dan pembalut. 

4. Segera ganti pakaian basah

Pola hidup sehat dan bersih berikutnya untuk mencegah infeksi jamur vagina yaitu segera mengganti pakaian basah. Sebab, terlalu lama mengenakan pakaian olahraga yang berkeringat atau pakaian renang yang basah, justru menyediakan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan jamur. Maka itu, segera ganti pakaian basah setelah berolahraga dengan pakaian kering. 

5. Batasi asupan gula

Menurut penelitian mengonsumsi gula rafinasi dan produk susu tinggi laktosa dapat meningkatkan pertumbuhan jamur. Membatasi asupan gula dapat membantu mencegah infeksi jamur vagina, meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut. 

6. Menjaga atau mempertahankan berat badan sehat

Seseorang yang obesitas atau kelebihan berat badan kemungkinan memiliki lipatan kulit yang lebih besar. Nah, lipatan kulit tersebut dapat memerangkap panas dan kelembapan, lingkungan yang dapat membuat jamur tumbuh subur. 

7. Mengonsumsi probiotik

Selanjutnya cara mencegah infeksi jamur vagina yaitu dengan mengonsumsi probiotik. Bakteri “baik” dapat mengendalikan jumlah jamur yang menyebabkan infeksi. Sebaliknya, ketidakseimbangan bakteri “baik” dan “jahat” dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan infeksi jamur. 

Beberapa faktor yang menyebabkan ketidakseimbangan bakteri yaitu:

  • Stres.
  • Perubahan atau ketidakseimbangan hormon.
  • Penggunaan antibiotik.

Nah, dengan mengonsumsi probiotik, maka jumlah bakteri “baik” dalam tubuh dapat meningkat dan seimbang, sehingga mencegah infeksi jamur. 

Berikut ini sumber probiotik yang baik dikonsumsi:

  • Yoghurt.
  • Makanan fermentasi, seperti kefir, kimchi, beberapa jenis acar, kombucha, dan beberapa asinan kubis.

Itulah pola hidup sehat untuk mencegah infeksi jamur vagina. Jika mendapatkan resep dari dokter untuk mengobati infeksi jamur vagina, kamu bisa cek kebutuhan medis di toko kesehatan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Vaginal Yeast Infection
WebMD. Diakses pada 2022. 10 Ways to Prevent Yeast Infections
Healthline. Diakses pada 2022. Ways to Prevent Yeast Infections
Everyday Health. Diakses pada 2022. Preventing Vaginal Yeast Infections
Medical News Today. Diakses pada 2022. Methods of preventing a yeast infection