• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Makan yang Dapat Sebabkan Gangguan Sistem Endokrin

Pola Makan yang Dapat Sebabkan Gangguan Sistem Endokrin

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Sistem endokrin adalah jaringan kelenjar yang memproduksi dan melepaskan hormon untuk mengendalikan banyak fungsi tubuh yang penting, termasuk kemampuan tubuh untuk mengubah kalori menjadi energi. Faktanya, gangguan yang terjadi pada sistem endokrin bisa memicu komplikasi berbagai penyakit. 

Hal ini karena sistem endokrin memengaruhi jantung berdetak, pertumbuhan tulang, dan jaringan bahkan kemampuan wanita untuk hamil. Sistem endokrin berperan penting dalam perkembangan penyakit diabetes, penyakit tiroid, gangguan pertumbuhan, disfungsi seksual dan sejumlah gangguan terkait hormon lainnya.

Baca juga: Gangguan Sistem Endokrin Dapat Sebabkan Kerusakan Saraf

Pola Makan yang Sebabkan Gangguan Sistem Endokrin

Pola makan yang tidak sehat dapat menjadi salah satu faktor yang memicu gangguan sistem endokrin. Kamu bisa mencegahnya dengan menghindari beberapa pola makan berikut ini:

  1. Makan Berlebihan

Makan dalam porsi besar sekaligus adalah satu kebiasaan makan tidak sehat yang harus dihindari untuk mencegah gangguan sistem endokrin. Makan dalam porsi besar sekaligus membuat kerja pencernaan terlalu berat. Selain itu, makan berlebih juga mengganggu metabolisme tubuh yang bisa mengembangkan masalah pada sistem endokrin. 

  1. Ngemil Tengah Malam

Menurut National Institutes of Health, ngemil larut malam bisa membuat kamu kesulitan tidur karena tubuh akan sibuk mencerna makanan. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk tubuh beristirahat, tapi ketika ada makanan yang masuk, mau tidak mau tubuh harus mencerna tersebut. Hal ini juga bisa mengganggu metabolisme tubuh yang kemudian menyebabkan gangguan sistem endokrin. 

  1. Melewatkan Sarapan

Menurut Ellen Calogeras, konsultan diabetes di Cleveland Clinic Diabetes Center, melewatkan sarapan dapat menempatkan seseorang pada risiko diabetes tipe 2. Sebab, melewatkan sarapan  membuat kamu kelaparan sampai makan siang. Penelitian dari University of Minnesota School of Public Health mengungkapkan, seseorang yang tidak sarapan cenderung akan makan lebih banyak di siang hari. Kondisi ini memicu reaksi berantai yang mengganggu kadar insulin dan kontrol gula darah. 

Baca juga: Ketahui Gejala Gangguan Sistem Endokrin

  1. Konsumsi Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Makanan dan minuman tinggi gula adalah pemicu utama obesitas dan penyakit diabetes. Melansir dari laman Everyday Health, teh manis, soda biasa atau minuman rasa-rasa lainnya adalah "kalori kosong". Semuanya hanya mengandung gula tanpa ada nilai gizi dan tidak menimbulkan rasa kenyang. Konsumsi gula berlebih ini meningkatkan risiko diabetes yang bisa mengganggu sistem endokrin. 

  1. Makan Makanan Tinggi Lemak

Stephanie Lee, MD, PhD, kepala asosiasi endokrinologi, nutrisi, dan diabetes di Boston Medical Center menyampaikan bahwa lemak mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap obat pengganti hormon tiroid. Lemak juga dapat mengganggu kemampuan tiroid untuk menghasilkan hormon. Hal ini membuat seseorang rentan mengalami penyakit tiroid hingga mengakibatkan gangguan sistem endokrin. 

  1. Sering Mengonsumsi Makanan Instan

Fast food, frozen food dan makanan instan lainnya rata-rata mengandung garam yang cukup tinggi. Mengonsumsi makanan yang tinggi natrium terlalu sering bisa memicu kondisi yang disebut hipertiroidisme, yakni tingginya kadar tiroid dalam tubuh. Hipertiroidisme adalah penyakit tiroid mengganggu metabolisme dan mengacaukan sistem endokrin.

Baca juga: Cegah Gangguan Sistem Endokrin dengan 6 Cara Ini

Itulah pola makan tidak sehat yang meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan sistem endokrin. Jika kamu ingin tahu mengenai kondisi ini lebih lanjut, diskusikan saja bersama dokter Halodoc. Lewat aplikasi Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Endocrine Disorders.
Everyday Health. Diakses pada 2020. 9 Bad Eating Habits and How to Break Them.