Gangguan Sistem Endokrin Dapat Sebabkan Kerusakan Saraf

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Gangguan Sistem Endokrin Dapat Sebabkan Kerusakan Saraf

Halodoc, Jakarta - Pada tubuh manusia terdapat sistem endokrin yang berguna untuk menghasilkan hormon agar tubuh dapat berfungsi dengan normal. Hormon yang dihasilkan dapat mengatur banyak aktivitas yang dilakukan oleh tubuh, seperti bernapas, keseimbangan cairan, dan hal lainnya.

Walau begitu, kamu mungkin mengalami gangguan yang berhubungan dengan sistem endokrin. Kelainan yang disebut gangguan sistem endokrin tersebut dapat menyebabkan hormon pada tubuh menjadi terganggu. Disebutkan juga kelainan tersebut dapat menyebabkan kerusakan saraf. Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: Ketahui Gejala Gangguan Sistem Endokrin

Kerusakan Saraf Dapat Terjadi Karena Gangguan Sistem Endokrin

Gangguan sistem endokrin adalah suatu kelainan yang berhubungan dengan kelenjar endokrin pada tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada hormon yang dihasilkan sehingga terdapat kelainan pada fungsi tubuh. Kamu mungkin mengalami gangguan pada pernapasan, nafsu makan, dan hal penting lainnya.

Sistem endokrin pada tubuh terdiri dari beberapa kelenjar, antara lain kelenjar hipofisis dan hipotalamus di otak, kelenjar adrenal di ginjal, tiroid di leher, serta yang berada di pankreas, ovarium, dan testis. Hormon pencernaan juga dapat dihasilkan oleh perut, hati, serta usus.

Gangguan pada sistem endokrin yang paling umum terjadi, yaitu diabetes mellitus, akromegali, penyakit Addison, sindrom Cushing, penyakit Graves, tiroiditis, dan lainnya. Kelainan ini memiliki gejala yang luas dan memengaruhi banyak bagian tubuh. Selain itu, tingkat keparahan dari gangguan ini juga berbeda-beda.

Benarkah gangguan sistem endokrin dapat sebabkan kerusakan saraf? Memang hal tersebut benar adanya, karena beberapa penyakit yang terjadi berhubungan dengan sistem endokrin disebabkan saraf yang tidak berjalan semestinya. Salah satu penyakit yang terjadi karena hal tersebut adalah neuropati diabetes. Hal ini terjadi ketika tubuh kamu mengalami kerusakan saraf pada pengidap diabetes.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait kerusakan saraf yang disebabkan oleh gangguan sistem endokrin, dokter dari Halodoc dapat menjawabnya. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Lalu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi ini.

Baca juga: Cegah Gangguan Sistem Endokrin dengan 6 Cara Ini

Cara Mendiagnosis Gangguan Sistem Endokrin

Jika kamu mengidap kelainan pada sistem yang mengatur hormon pada tubuh, dokter mungkin akan merujuk pada spesialis dari gangguan ini. Ahli medis tersebut sudah terlatih secara khusus untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan sistem endokrin sehingga langkah pengobatannya jelas.

Gejala-gejala yang timbul karena gangguan pada sistem endokrin ini dapat berbeda-beda, tergantung pada kelenjar yang terpengaruh oleh penyakit tersebut. Walau begitu, gejala utama yang terjadi pada pengidap gangguan ini adalah merasakan kelelahan dan kelemahan setiap waktu.

Pemeriksaan lainnya yang dapat dilakukan adalah tes darah dan urine yang berguna untuk memeriksa kadar hormon. Hal tersebut dapat membantu dokter untuk menentukan gangguan yang terjadi pada sistem endokrin. Selain itu, tes pencitraan juga mungkin dilakukan untuk menentukan tumor yang terbentuk.

Perawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan pada sistem yang mengatur hormon tersebut mungkin akan rumit. Hal tersebut karena perubahan dalam satu tingkat hormon dapat memengaruhi yang lain. Pemeriksaan darah rutin mungkin dilakukan untuk menentukan obat yang diberikan atau rencana perawatan yang dilakukan.

Baca juga: Sistem Endokrin Alami Gangguan, Ini Dua Penyebabnya

Umumnya, perawatan yang dilakukan adalah dengan memberikan hormon sintetis. Pada beberapa kasus yang terjadi, operasi atau terapi radiasi dapat digunakan. Hal yang paling penting dari hal ini adalah untuk menentukan pengobatan dari penyakit yang mendasarinya karena langkah yang tepat itu penting.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. Endocrine Disorders
Health Grades. Diakses pada 2019. Endocrine Disorders