Rekomendasi 5 Resep Rempah Bantu Kuatkan Imun

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Juli 2021
Rekomendasi 5 Resep Rempah Bantu Kuatkan ImunRekomendasi 5 Resep Rempah Bantu Kuatkan Imun

“Rempah-rempah bukan hanya meningkatkan cita rasa makanan saja, tetapi juga dikenal baik dalam menjaga kesehatan, termasuk meningkatkan sistem imun tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, tanaman herbal ini dapat berfungsi sebagai tameng utama tubuh dalam melindungi berbagai penyakit, termasuk infeksi virus yang tengah merajalela.”

Halodoc, Jakarta – Sangat sulit untuk mencegah persebaran virus yang makin tidak karuan saat ini. Selain menerapkan prokes ketat, kamu bisa mengonsumsi rempah-rempahan guna meningkatkan sistem imun tubuh. Sejumlah cara tersebut akan lebih efektif juga dibarengi dengan pola makan dan pola hidup sehat. Jika ingin mengonsumsi rempah-rempah sebagai cara meningkatkan sistem imun tubuh, ini beberapa resep yang dapat kamu praktikkan:

Baca juga: Rempah-Rempah yang Bisa Jadi Obat Diet Alami

1. Jahe

Jahe bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Sejumlah kandungan baik tersebut membuat jahe banyak dipakai dalam pengobatan alami untuk mengatasi mual, dan menangkan berbagai masalah gangguan pencernaan. Antioksidan yang tinggi dipercaya dapat membantu melindungi tubuh dari racun, bahkan virus berbahaya.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa merebusnya hingga sedikit asat, kemudian campur dengan madu. Selain itu, kamu dapat menggunakan jahe sebagai bumbu masakan atau dicampur dalam segelas teh.

2. Kayu Manis

Kayu manis bukan hanya mampu meningkatkan sistem imun tubuh saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Rempah yang satu ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu mengatur gula darah. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mencampurkan kayu manis ke dalam minuman hangat atau menaburkannya di atas hidangan kesukaanmu.

Baca juga: Apa Khasiat Mengonsumsi Minuman Rempah untuk Kesehatan?

3. Cabai Rawit

Dengan kandungan senyawa capsaicin yang tinggi, cabai rawit mampu mengurangi risiko kematian akibat stroke atau serangan jantung. Cabai rawit juga mengandung banyak vitamin, mineral, juga antioksidan, sehingga mampu dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat menggunakannya sebagai bumbu masakan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, cabai rawit tidak boleh dikonsumsi pengidap masalah lambung. Alasannya adalah, makanan pedas memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar asam lambung. Jika sudah begitu, alih-alih menyehatkan, orang dengan gangguan kesehatan tertentu akan terserang mulas-mulas, bahkan diare.

4. Kunyit

Warna cerah kunyit didapatkan dari senyawa kurkumin, yang diyakini sebagai zat anti-inflamasi alami. Saat ini kunyit digunakan dalam pengobatan alami untuk menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah infeksi, melawan peradangan secara alami, serta merangsang produksi antioksidan dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat menggunakan kunyit sebagai bumbu dalam masakan.

5. Bawang putih

Bawang putih jenis rempah yang kaya akan vitamin C, vitamin B6 dan mangan. Sejumlah kandungan baik tersebut dianggap dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Bawang putih telah digunakan dalam pengobatan alami selama bertahun-tahun sebagai obat rumahan yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antibiotik.

Sejumlah bahan alami tersebut dipercaya mampu membersihkan tubuh dari zat-zat yang membahayakan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengolahnya sebagai bumbu masakan atau sup. Kamu juga bisa menaburkan bawang putih goreng di atas nasi atau masakan berkuah lainnya.

Baca juga: Memasak dengan Rempah-Rempah Bantu Turunkan Kolesterol?

Hingga saat ini penelitian lebih lanjut masih diperlukan guna mengetahui manfaat rempah dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Selain menggunakan sejumlah tanaman herbal tersebut, kamu bisa menunjang kesehatan tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang diperlukan. Untuk mendapatkannya, kamu bisa menggunakan fitur “toko kesehatan” di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Herbs, Spices, and Sweeteners That Combine to Activate Your Immune System.
Pacific Spice. Diakses pada 2021. 5 Spices That May Boost Immunity.
Swirlster Ndtv. Diakses pada 2021. 5 Spices To Help You Boost Your Immunity This Flu Season.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan