• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rempah-Rempah yang Bisa Jadi Obat Diet Alami

Rempah-Rempah yang Bisa Jadi Obat Diet Alami

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Rempah-Rempah yang Bisa Jadi Obat Diet Alami

“Diet yang biasa dilakukan dengan mengurangi asupan makan, dapat dibarengi dengan mengonsumsi rempah sebagai obat diet alami, lho. Kunyit, lada hitam, fenugreek, kayu manis, jinten, dan kapulaga menjadi beberapa jenis rempah yang berguna sebagai obat diet alami.”

Halodoc, Jakarta – Diet dilakukan untuk menurunkan berat badan, juga mendapatkan bentuk tubuh yang diimpikan. Alih-alih mengonsumsi suplemen diet yang belum jelas manfaat dan dampaknya pada tubuh, kamu bisa mencoba diet alami tanpa obat dengan mengonsumsi rempah-rempah. Selain sebagai obat diet alami, rempah-rempah dapat memberikan sejumlah manfaat lain untuk kesehatan.

Baca juga: Makanan yang Direkomendasikan untuk Penyintas COVID-19

Rempah-Rempah Sebagai Obat Diet Alami

Rempah-rempah bukan hanya mampu mengubah rasa makanan menjadi lebih nikmat. Bumbu masakan ini juga dapat digunakan sebagai obat diet alami, karena efeknya yang mampu menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat mengonsumsi beberapa jenis rempah berikut ini:

1. Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan, seperti sakit perut, gangguan metabolisme, dan obesitas. Lantas, bagaimana kunyit bekerja sebagai obat diet alami? Kunyit mampu menekan pertumbuhan jaringan lemak dalam tubuh yang sering dikaitkan dengan obesitas. Meski demikian, penggunaan kunyit untuk diet tidak dapat terjadi dengan cepat. Kamu juga harus mengatur pola makan dan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

2. Lada Hitam

Lada hitam mengandung piperin, yaitu senyawa yang dapat membantu meningkatkan kinerja metabolisme, serta mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Lada hitam juga termasuk dalam makanan termogenik, yang dapat membantu proses metabolisme tubuh dengan membakar kalori lebih cepat. 

3. Fenugreek

Fenugreek atau kelabat dapat membantu menekan nafsu makan sehingga proses penurunan berat badan pun dapat berjalan dengan lebih mudah. Rempah jenis ini memiliki kandungan yang dapat melancarkan metabolisme tubuh, serta merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Baca juga: Cicip 7 Buah Ini untuk Tambah Cairan Tubuh

4. Kayu Manis

Kayu manis bersifat antimikroba yang efektif untuk diet. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi respons negatif tubuh terhadap makanan berlemak tinggi. Kayu manis juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan menurunkan nafsu makan dan mengontrol rasa lapar. Rempah ini juga dapat membantu memecah karbohidrat dalam tubuh, sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

5. Jinten

Jintan hitam atau yang lebih dikenal dengan habbatussauda mampu meningkatkan sistem imun, mengobati jerawat, serta menurunkan berat badan. Rempah ini mampu meningkatkan konsentrasi insulin, dan menurunkan kadar glukosa yang meningkat. Jika tubuh memiliki kontrol glukosa yang baik, maka nafsu makan pun akan menurun. Hal tersebut dapat berujung pada penurunan berat badan.

6. Kapulaga

Kapulaga merupakan rempah yang dapat menstimulasi pencernaan, serta meningkatkan metabolisme. Rempah ini juga bersifat diuretik, yaitu kandungan alami yang dapat membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh melalui urine. Sejumlah hal tersebut sangat bermanfaat dalam menunjang penurunan berat badan.

Baca juga: Inilah 12 Tips Simpel untuk Menurunkan Berat Badan

Jika ingin untuk menurunkan berat badan, kamu bisa mengonsumsi sejumlah rempah-rempah tersebut. Jangan lupa diimbangi dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa pola hidup sehat tersebut:

  1. Banyak minum air putih.
  2. Perbanyak makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  3. Konsumsi makanan kaya serat.
  4. Jangan makan di atas jam enam sore.
  5. Jangan mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan tinggi gula.
  6. Bergerak aktif.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan seputar penjelasan tersebut, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:

Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. 5 Spices with Healthy Benefits.

Healthline. Diakses pada 2021. 13 Herbs That Can Help You Lose Weight.

Everyday Health. Diakses pada 2021. 10 Healthy Herbs and How to Use Them.