Resep Kaldu Bubuk Homemade Tanpa Micin, Bisa untuk MPASI

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Agustus 2023

“Daripada beli, kamu bisa buat sendiri kaldu bubuk di rumah. Dengan menggunakan daging, rempah, sayuran, dan bumbu-bumbu lain sesuai selera.”

Resep Kaldu Bubuk Homemade Tanpa Micin, Bisa untuk MPASIResep Kaldu Bubuk Homemade Tanpa Micin, Bisa untuk MPASI

Halodoc, Jakarta – Kaldu bubuk adalah bubuk yang terbuat dari ekstrak daging, tulang, atau sayuran yang digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kuah atau sup. Bubuk ini memiliki rasa gurih dan merupakan bumbu yang umum digunakan dalam berbagai masakan. 

Banyak produk kaldu mengandung micin atau MSG, sehingga para ibu perlu selektif dalam memilih bumbu untuk menu MPASI Si Kecil. Nah, kabar baiknya, ibu bisa buat sendiri kaldu bubuk homemade tanpa micin, yang sehat, aman, dan tentunya tetap enak. Yuk, cek resepnya!

Resep Kaldu Bubuk Homemade Tanpa Micin

Bahan-Bahan:

  • 300 gram dada ayam tanpa kulit
  • 1 batang / 100gr wortel
  • 1/2 butir bawang bombay
  • 25 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang
  • 2 sdm garam

Cara Membuat:

  • Haluskan semua bahan dengan food processor. Setelah itu sangrai di wajan anti lengket tanpa minyak sambil terus kamu aduk.
  • Kalau kadar airnya sudah berkurang, tuang dan ratakan dalam loyang dan panggang sambil aduk sesekali.
  • Setelah hampir kering, blender lagi hingga halus. Kemudian ratakan lagi di loyang kue dan panggang lagi sampai kering.
  • Setelah itu, blender lagi supaya lebih halus dan masukkan dalam toples kaca steril. Kaldu bubuk homemade siap kamu gunakan.

Variasi Kaldu Bubuk Sehat yang Bisa Kamu Coba

resep kaldu bubuk sayuran

Selain resep kaldu bubuk tadi, kamu juga bisa membuat variasi kaldu lainnya yang tak kalah sehat dan enak untuk berbagai olahan makanan, seperti:

1. Kaldu Sapi

Gunakan daging dan tulang sapi, daun bawang, bawang bombay, dan rempah-rempah seperti kapulaga dan cengkeh untuk menghasilkan kaldu bubuk sapi yang gurih.

2. Kaldu Udang

Gunakan kulit dan kepala udang untuk kaldu yang lezat. Kemudian tambahkan bawang putih, jahe, dan serai untuk aroma yang harum.

3. Kaldu Jamur 

Manfaatkan jamur segar seperti shiitake atau kancing. Setelah itu tambahkan bawang putih, thyme, dan garam untuk kaldu jamur yang enak.

4. Kaldu Sayuran 

Gunakan beragam sayuran seperti wortel, seledri, daun bawang, dan bayam. Kemudian tambahkan bawang putih, lada, dan kunyit untuk kaldu sayuran yang sehat dan lezat.

5. Kaldu Rempah 

Campurkan berbagai rempah seperti kayu manis, cengkeh, lada, jintan, dan pala untuk menciptakan kaldu dengan cita rasa yang khas.

6. Kaldu Pedas 

Tambahkan cabai atau bubuk cabai ke dalam kaldu untuk memberikan sentuhan pedas pada masakan kamu.

7. Kaldu Tomat 

Gunakan tomat segar atau tomat kering, tambahkan bawang putih, daun basil, dan oregano untuk menciptakan kaldu dengan cita rasa tomat yang lezat.

Pastikan untuk mencoba berbagai variasi kaldu bubuk sesuai dengan selera kamu dan gunakan bahan-bahan berkualitas untuk hasil kaldu yang terbaik. Selamat mencoba!

Kalau sudah punya kaldu buatan sendiri, kamu bisa coba gunakan untuk resep-resep berikut ini:

Selain dengan asupan makanan sehat, jaga selalu kesehatan kamu dan keluarga dengan produk kesehatan berkualitas. Dapatkan secara praktis melalui aplikasi Halodoc dengan klik gambar berikut:

toko kesehatan
Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Kaldu Bubuk Homemade Gendis Shinta.
101 Cookbooks. Diakses pada 2023. Homemade Bouillon Powder and Why It’s a Good Idea.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan