Resep Sehat: Ayam Paha Bawah Goreng Mentega untuk Si Kecil

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Juni 2023

“Pilihan hidangan populer untuk anak-anak salah satunya hidangan ayam paha bawah goreng mentega yang sehat. Ini bisa menjadi pilihan bagi Si Kecil untuk menikmati makanan yang lezat dan bergizi.”

Resep Sehat: Ayam Paha Bawah Goreng Mentega untuk Si KecilResep Sehat: Ayam Paha Bawah Goreng Mentega untuk Si Kecil

Halodoc, Jakarta – Memasak hidangan sehat anak-anak sukai dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para Ibu. Salah satu alternatif pilihan makanan lezat dan banyak anak sukai adalah ayam paha bawah goreng mentega. Tidak hanya lezat, menu makanan ini sangat baik untuk tumbuh kembang anak karna mengandung protein hewani.

Dalam resep ini, pengolahan ayam paha bawah dengan cara yang sehat dan menggunakan bahan-bahan alami untuk mengoptimalkan kebutuhan nutrisi yang baik untuk si kecil. Berikut adalah resep sehat untuk ayam paha bawah goreng mentega:

Apa Saja Bahan-bahannya?

Adapun untuk bahan-bahannya, yakni:

  • 4 potong ayam paha bawah (sesuai dengan kebutuhan)
  • 2 sendok makan mentega
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok teh bubuk bawang putih
  • 1 sendok teh bubuk paprika
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk

Cara Pembuatan

  1. Pertama, bersihkan paha ayam dan keringkan dengan tisu. Ini akan membantu bumbu dan tepung menempel pada ayam.
  1. Campur tepung, bubuk bawang putih, bubuk paprika, garam dan merica bubuk dalam mangkuk. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur rata.
  1. Panaskan mentega dalam wajan di atas api sedang. Pastikan mentega meleleh secara merata.
  1. Celupkan potongan ayam kedalam campuran tepung dan bumbu sampai terlapisi dengan baik. Pastikan ayam terlapisi tepung yang rata.
  1. Tempatkan paha ayam di wajan dengan mentega panas. Bakar ayam selama 8-10 menit di setiap sisi atau sampai ayam empuk dan kulitnya kecoklatan. Angkat ayam dari wajan dan tiriskan di atas tisu untuk menghilangkan minyak berlebih. 

Ayam paha bawah goreng mentega ini bisa konsumsi berbarengan dengan berbagai makanan sehat lainnya seperti nasi merah, kentang panggang atau lalapan. Hidangan ini tidak hanya enak dan anak-anak sukai, tetapi juga memiliki kandungan protein yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu, jika memasaknya dengan mentega sehat atau menggantinya dengan minyak zaitun, bisa membuat hidangan ini lebih sehat dan tidak terlalu berlemak.

Dengan resep sehat ini, Ibu bisa membuat ayam paha bawah goreng mentega yang disukai oleh anak. Pastikan untuk menggabungkan makanan ini dengan makanan seimbang dan sehat untuk memastikan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan mereka. Untuk mengetahui lebih lanjut, bisa juga membaca artikel mengenai Kenali 5 Manfaat Daging Ayam untuk Tumbuh Kembang Anak.

Jika ingin mengetahui resep menu makanan sehat lainnya untuk si kecil? Ibu bisa bertanya langsung dengan dokter ahli atau ahli gizi via chat maupun voice/video call melalui Halodoc. 

Selain itu, bisa juga mendapatkan kemudahan dalam mengoptimalkan kebutuhan makanan dan minuman sehat tanpa perlu keluar rumah. Jadi tunggu apalagi, yuk, download aplikasinya sekarang juga melalui Apps Store atau Play Store smartphone!

konsultasi dengan dokter untuk mengetahui resep ayam paha bawah yang lezat dan sehat
Referensi:
Family Food on The Table. Diakses pada 2023. Easy, Healthy Butter Chicken.
Nutritionix. Diakses pada 2023. Fried Chicken Thighs.
Nutritionix. Diakses pada 2023. Butter Chicken.
The Laundry Moms. Diakses pada 2023. Healthy Fried Chicken Thighs.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan