• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Minum Rebusan Kunyit, Apa Manfaatnya?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Minum Rebusan Kunyit, Apa Manfaatnya?

Rutin Minum Rebusan Kunyit, Apa Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 Februari 2023
Rutin Minum Rebusan Kunyit, Apa Manfaatnya?Rutin Minum Rebusan Kunyit, Apa Manfaatnya?

“Ada berbagai manfaat kunyit yang mungkin masih jarang diketahui. Contohnya membantu meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi gejala arthritis, mencegah alzheimer, dan melindungi fungsi hati.”

Halodoc, Jakarta - Kunyit selama ini dikenal sebagai bumbu masakan yang dapat menguatkan rasa dan memberikan tampilan menarik pada masakan. Nah, selain itu, kunyit juga memiliki manfaat yang lain terlebih untuk kesehatan. 

Mengonsumsi air rebusan kunyit atau menjadikan kunyit sebagai campuran teh, menjadi salah satu cara terbaik untuk bisa mendapatkan banyak manfaat kunyit. 

Kamu disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 400 sampai 600 miligram bubuk kunyit murni sebanyak tiga kali dalam sehari, atau 1 sampai 3 gram akar kunyit kering atau parut. Lantas, apa saja sih manfaat rutin mengonsumsi air rebusan kunyit? Baca selengkapnya di sini!

Mengenal Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Tanaman herbal yang satu ini menyimpan berbagai keistimewaan bagi tubuh. Nah, berikut beberapa manfaat kunyit yang menarik untuk diketahui: 


1. Membantu mengurangi gejala arthritis

Sebagai rempah dengan kandungan antiinflamasi, kunyit bisa membantu meredakan gejala arthritis. Itulah sebabnya, biasanya para lansia dianjurkan untuk mengonsumsi air kunyit untuk meredakan gejala radang sendi. 

2. Membantu meningkatkan fungsi imunitas tubuh

Selain itu, kunyit juga menjadi salah satu bahan alami yang efektif untuk membantu meningkatkan fungsi imunitas tubuh. Hal ini berkat kandungan antioksidan, antivirus, antiinflamasi, dan antibakteri yang dimilikinya.

3. Mengurangi risiko komplikasi akibat masalah kardiovaskular

Kunyit diyakini memiliki khasiat untuk menunjang kesehatan organ jantung karena sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dipunyainya. Mengonsumsi sebanyak 4 gram kunyit setiap hari selama sekitar tiga hari sebelum, dan lima hari sesudah menjalani operasi bypass arteri koroner, bisa mengurangi risiko serangan jantung atau infark miokard akut hingga sebesar 17 persen. 

4. Bersifat antikanker

Salah satu sifat terapeutik dari kunyit adalah manfaatnya sebagai zat antikanker. Sebagai rempah dengan kandungan antiradang dan antioksidan, kunyit dianggap mampu menurunkan risiko terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh sekaligus mencegah terjadinya mutasi sel menjadi kanker. 

Tak hanya itu, rempah ini juga punya manfaat antitumor dengan cara membatasi pertumbuhan tumor dan penyebaran dari sel kanker. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait khasiat kunyit dan penyakit kanker. 

5. Membantu mengendalikan sindrom iritasi pada usus besar

Kunyit sudah lama dipakai sebagai salah satu obat herbal dan tradisional. Salah satunya untuk berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada sistem dan saluran pencernaan. Nah, contohnya kunyit dapat membantu mengelola rasa nyeri yang muncul saat mengalami sindrom iritasi usus besar atau IBS. 

6. Baik untuk pengidap Alzheimer

Manfaat kunyit lainnya yaitu mengurangi kemungkinan munculnya masalah neurodegeneratif. Manfaat antiradang dan antioksidannya dianggap mampu mengurangi terjadinya peradangan, kerusakan sel, dan endapan atau plak amiloid yang umum terjadi pada pengidap Alzheimer. 

Selain itu, mengonsumsi kunyit juga membantu memperlambat bahkan mencegah terjadinya perubahan protein yang berhubungan dengan masalah neurodegeneratif. 

7. Melindungi organ hati

Kunyit juga membantu melindungi dan menjaga kesehatan organ hati. Potensi khasiat kunyit pada organ hati dan empedu termasuk membantu meningkatkan produksi cairan empedu pada pencernaan. Kunyit juga mampu membantu melindungi sel pada organ hati dari risiko kerusakan akibat paparan senyawa kimia yang berkaitan dengan empedu. 

8. Mengelola dan mencegah diabetes

Pengobatan tradisional sudah lama memakai kunyit sebagai salah satu bahan alami untuk membantu mengelola dan mencegah terjadinya penyakit diabetes. Suplementasi yang mengandung kunyit diyakini memiliki kandungan antidiabetes. 

9. Merawat dan menjaga kesehatan paru

Sifat antioksidan dan antiinflamasi pada kunyit juga diyakini dapat membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan masalah kesehatan paru kronis atau jangka panjang. Meski masih terbatas, bukti klinis telah menunjukkan bahwa kunyit efektif sebagai obat penyakit asma, cedera pada paru, penyakit paru obstruksi kronik, dan fibrosis paru. 

10. Menjaga keseimbangan hormon pada wanita

Air rebusan kunyit juga memiliki manfaat dalam hal menjaga keseimbangan hormon wanita. Gejala pramenstruasi dapat memicu ketidakseimbangan siklus menstruasi. Penumpukan hormon estrogen dapat menyebabkan wanita mengalami siklus yang tidak teratur, siklus panjang, menstruasi yang berat, penambahan berat badan atau jerawat. 

Kunyit dapat digunakan untuk menyeimbangkan kerja hormon, meningkatkan sirkulasi darah yang sehat, serta manfaat lain untuk kesehatan sistem reproduksi wanita.

11. Meningkatkan kesehatan kulit

Berkat sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidannya, kunyit juga telah terbukti menjadi pengobatan topikal yang efektif untuk berbagai kondisi kulit. Contohnya mengatasi jerawat, eksim, photoaging (penuaan dini akibat paparan sinar matahari), dan psoriasis.

12. Menurunkan risiko depresi

Kunyit juga bisa memperbaiki mood dan menurunkan risiko depresi. Ini dikarenakan sifat antiinflamasi pada kunyit yang mampu memberikan efek antidepresan. Bahan aktif dalam kunyit yang disebut kurkumin dapat mengurangi peradangan. Biasanya peradangan juga bisa berakibat pada kesehatan mental. 


Membuat Air Rebusan Kunyit

Membuat air rebusan kunyit atau teh kunyit sebenarnya tidak sulit kok. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti: 

  • Rebus air matang sebanyak empat gelas.
  • Tambahkan satu atau dua sendok teh kunyit yang sudah berbentuk bubuk atau parut. 
  • Biarkan campuran mendidih selama sekitar 10 menit. 
  • Saring teh dalam gelas dan biarkan hangat sebelum kamu konsumsi. 

Kamu juga bisa menambah beberapa bahan untuk membantu meningkatkan rasa, atau membantu agar manfaat kunyit terserap secara efektif pada tubuh. Bahan yang direkomendasikan antara lain: 

  • Madu. Bahan ini bisa membantu membuat rasa teh kunyit menjadi sedikit manis dan memberi tambahan sifat antibakteri dan antimikroba. 
  • Susu, santan, dan minyak kelapa. Kamu bisa menambahkan susu almond, susu murni, susu krim, dan satu sendok makan minyak kelapa untuk membantu menyempurnakan penyerapan ke dalam tubuh. Hal Ini karena kunyit membutuhkan lemak sehat supaya bisa larut dengan baik. 
  • Lada hitam. Pilih yang memiliki kandungan piperin, bahan kimia yang dikenal mampu membantu meningkatkan penyerapan kunyit sekaligus menguatkan rasa pada campuran rebusan kunyit. 
  • Lemon, jeruk nipis, atau jahe. Membantu menambah sifat antimikroba dan antioksidan sekaligus meningkatkan citarasa teh kunyit. 

Namun, jika gejala masalah kesehatan yang kamu alami tidak kunjung membaik, saatnya kamu memeriksakan kondisi tubuhmu ke dokter. Kamu bisa pakai aplikasi Halodoc untuk memudahkan tanya jawab dengan dokter spesialis dan janji medis kapan saja dan di mana saja. Jadi, pastikan kamu sudah download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan ini, ya!

Referensi: 
Medical News Today. Diakses pada 2023. Nine health benefits of turmeric tea.
Times of India. Diakses pada 2023. Why you should drink turmeric water daily.

Wild Nutrition. Diakses pada 2023. Nurturing female health with turmeric.

Life Well Lived. Diakses pada 2023. 7 Reasons Women Should Consume Turmeric.

Everyday Health. Diakses pada 2023. What’s the Deal With Turmeric for Depression?