• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Minum Rebusan Kunyit, Apa Manfaatnya?

Rutin Minum Rebusan Kunyit, Apa Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Rutin Minum Rebusan Kunyit, Apa Manfaatnya?

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu kunyit terbukti meningkatkan fungsi kekebalan dengan sifat antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan antibakterinya? Kunyit juga terbukti membantu mengatur fungsi sel kekebalan melawan kanker.

Minuman rebusan kunyit atau kunyit sebagai teh adalah salah satu cara untuk mendapatkan khasiat andalan dari kunyit. Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi 400-600 miligram (mg) bubuk kunyit murni tiga kali sehari atau 1-3 gram akar kunyit parut atau kering. Berikut adalah manfaat rutin minum rebusan kunyit yang perlu diketahui!

Manfaat Minum Rebusan Kunyit

Minum teh kunyit dipercaya mendatangkan beberapa manfaat, apa sajakah itu?

1. Mengurangi gejala arthritis. Sebagai antiinflamasi, kunyit dapat membantu mengurangi gejala arthritis. 

2. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Kunyit juga terbukti meningkatkan fungsi kekebalan dengan sifat antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri yang dimilikinya.

3. Membantu mengurangi komplikasi kardiovaskular. Beberapa penelitian menunjukkan kunyit memiliki khasiat meningkatkan kesehatan jantung karena manfaatnya sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Mengonsumsi 4 gram kunyit setiap hari selama tiga hari sebelum dan lima hari setelah operasi pencangkokan bypass arteri koroner, dapat mengurangi risiko infark miokard akut atau serangan jantung sebesar 17 persen.

4. Membantu mencegah dan mengobati kanker. Salah satu sifat terapeutik kunyit adalah manfaatnya sebagai antikanker. Sebagai antioksidan dan antiradang, kunyit dianggap dapat menurunkan risiko kerusakan sel-sel dalam tubuh serta mengurangi risiko mutasi sel dan kanker. Selain itu, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit memiliki khasiat antitumor, yaitu dengan membatasi pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker.

Baca juga: Sering Dipakai Masak, Apa Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan?

5. Membantu mengelola sindrom iritasi usus besar atau IBS. Kunyit telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi pencernaan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan IBS dan meningkatkan kualitas hidup orang-orang dengan kondisi tersebut.

6. Mencegah dan mengobati Alzheimer. Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi kemungkinan beberapa kondisi neurodegeneratif. Manfaat antioksidan dan anti-peradangannya dianggap mengurangi kerusakan sel, peradangan, dan endapan atau plak amiloid yang biasa terjadi pada orang dengan Alzheimer. Konsumsi kunyit juga dapat memperlambat atau mencegah beberapa perubahan protein terkait dengan kondisi neurodegeneration.

Baca juga: Bisa Tingkatkan Imun, Ini Kandungan Dalam Temulawak

7. Melindungi dari kerusakan hati, batu empedu, dan mengelola kondisi hati. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat melindungi dari kerusakan hati. Potensi manfaat hati dan kandung empedu dari kunyit termasuk meningkatkan produksi cairan empedu pencernaan sekaligus melindungi sel-sel hati dari kerusakan akibat bahan kimia yang berhubungan dengan empedu.

8. Membantu mencegah dan mengelola diabetes. Pengobatan tradisional telah lama menggunakan kunyit untuk diabetes. Beberapa penelitian yang menggunakan uji coba hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa suplementasi kunyit sangat mungkin memiliki sifat anti-diabetes.

9. Membantu merawat dan mengatur kondisi paru-paru Para peneliti menduga bahwa sifat antiinflamasi dan antioksidan kunyit dapat membantu mengurangi gejala kondisi paru-paru kronis atau jangka panjang.

Meskipun bukti klinisnya terbatas, sejauh ini kunyit dapat membantu mengobati asma, fibrosis paru dan kistik, kanker atau cedera paru-paru, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Langkah-langkah yang harus diikuti untuk membuat teh kunyit adalah:

  • Rebus air dengan takaran empat gelas.
  • Tambahkan 1 hingga 2 sendok teh bubuk kunyit, parut, atau bubuk.
  • Biarkan campuran tersebut mendidih selama kurang lebih 10 menit.
  • Saring teh ke dalam wadah dan biarkan dingin selama 5 menit.

Baca juga: Yang Harus Diperhatikan Jika Konsumsi Temulawak

Kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan meningkatkan rasa atau membantu penyerapannya. Beberapa bahan yang direkomendasikan adalah:

1. Madu, untuk mempermanis teh dan memberi campuran lebih banyak sifat anti-mikroba.

2. Susu murni, krim, susu almond, santan, atau 1 sendok makan minyak kelapa untuk membantu penyerapan, karena kunyit membutuhkan lemak sehat, supaya dapat larut dengan baik.

3. Lada hitam yang mengandung piperin, yaiut bahan kimia yang dikenal membantu meningkatkan penyerapan kunyit dan dapat menambah rasa rempah pada teh.

4. Lemon, jeruk nipis, atau jahe, untuk meningkatkan sifat antioksidan dan antimikroba dalam campuran dan meningkatkan rasa.

Itulah beberapa manfaat dan cara mengolah teh kunyit. Di masa pandemi corona sini, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan. Kalau kamu butuh ke rumah sakit, gunakan saja Halodoc. Kamu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu dengan menggunakan aplikasi ini. Tanpa perlu antre, kamu hanya perlu datang di waktu yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Praktis kan? Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Nine health benefits of turmeric tea.
Times of India. Diakses pada 2021. Why you should drink turmeric water daily.