Ini 5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Wanita

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Maret 2022

“Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan secara umum, nyatanya kunyit juga bermanfaat untuk kesehatan wanita. Salah satunya seperti membantu meredakan nyeri yang muncul ketika haid. Kunyit memiliki sifat analgesik yang dapat mengurangi nyeri pada beberapa bagian tubuh.”

Ini 5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan WanitaIni 5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Wanita

Halodoc, Jakarta – Kunyit merupakan salah satu bahan makanan sehat yang tinggi akan berbagai nutrisi dan senyawa penting. Misalnya seperti antioksidan, fruktosa, glukosa, kalsium, kalium natrium, kobalt, seng, zat warna kurkumin, dan minyak atsiri. Berdasarkan kandungan nutrisinya, mengonsumsi kunyit tentunya dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. 

Namun, tak hanya dapat memberikan manfaat kesehatan secara general, nyatanya kunyit atau kunir juga dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan wanita, lo. Penasaran apa saja manfaat tersebut? Yuk ketahui informasinya di sini!

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Wanita

Terdapat berbagai manfaat kunyit bagi kesehatan wanita, mulai dari membantu meredakan nyeri haid hingga meredakan gejala depresi. Nah, berikut adalah penjabarannya, yaitu:

1. Membantu Meredakan Nyeri Haid

meredakan nyeri haid

Kunyit memiliki sifat analgesik yang dapat mengurangi nyeri pada beberapa bagian tubuh. Selain itu, kandungan kurkumin pada kunyit juga dapat menghambat produksi hormon prostaglandin yang dapat menyebabkan peradangan serta rasa nyeri ketika seorang wanita mengalami haid. 

Selain nyeri, sebagian wanita juga umumnya merasakan kram perut ketika mereka sedang haid. Nah, kurkumin pada kunyit juga bersifat antiinflamasi, sehingga dapat menenangkan kram perut yang disebabkan oleh kontraksi otot rahim dan usus.

2. Membantu Mencerahkan Kulit

mencerahkan kulit

Kunyit mengandung antioksidan sekaligus senyawa yang bersifat antiinflamasi. Kedua komponen tersebut diduga kuat dapat menyembuhkan dan mencerahkan kulit. Bilamana ingin merasakan manfaatnya, kamu mungkin bisa mencobanya menggunakan masker wajah kunyit di rumah. Caranya, kamu hanya perlu mencampur sedikit greek yoghurt madu, dan kunyit, lalu oleskan dan ratakan ke wajahmu. Diamkan masker tersebut selama 15 menit, kemudian bilaslah dengan air.

3. Membantu Menghilangkan Bekas Luka Jerawat

menghilangkan bekas luka jerawat

Selain memiliki senyawa yang bersifat antiinflamasi, kunyit juga diketahui memiliki sifat antibakteri. Nah, kedua komponen tersebut dikabarkan dapat membantu menghilangkan bekas luka jerawat yang membandel, terutama pada kulit wajah. Untuk mencobanya, kamu dapat membuat masker dari campuran bubuk kunir dengan bahan alami lain, seperti madu, yoghurt, lidah buaya, atau cuka sari apel.

4. Diyakini Mampu Menghambat Penuaan

menghambat penuaan

Kunyit diketahui mengandung senyawa antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah radikal bebas seperti polusi dan sinar UV yang memengaruhi elastisitas kulit. Menariknya lagi, kunir juga bisa memblokir enzim elastase, yang bisa memicu kerutan pada kulit.

5. Meredakan Gejala Depresi

meredakan gejala depresi

Banyak studi yang menjelaskan bahwa senyawa kurkumin pada kunyit dapat membantu mengobati gejala depresi. Salah satunya adalah studi yang dipublikasikan pada National Library of Medicine berjudul Efficacy and safety of curcumin in major depressive disorder: a randomized controlled trial. Studi tersebut dilakukan dalam uji coba terkontrol yang diikuti oleh 60 partisipan dengan depresi. 

Para partisipan studi tersebut dibagi menjadi tiga kelompok, di mana satu kelompok mengonsumsi prozac (antidepresan), kelompok kedua mengonsumsi 1 gram kurkumin, dan kelompok ketiga mengonsumsi prozac disertai kurkumin. Setelah enam minggu, kurkumin menunjukkan hasil yang serupa dengan penggunaan prozac pada pengidap depresi. Artinya, senyawa kurkumin pada kunyit memiliki efektivitas yang sama dengan penggunaan antidepresan. 

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat kunyit bagi kesehatan wanita. Mulai dari membantu meredakan nyeri haid, mencerahkan kulit, hingga meredakan gejala depresi. Beberapa manfaat tersebut dapat diperoleh melalui dikonsumsi, sementara manfaat lainnya dapat diperoleh apabila kunyit digunakan sebagai masker. 

Namun, jika kamu ingin menggunakan masker kunyit untuk kulit, sebaiknya periksakan terlebih dahulu kondisi kulitmu ke dokter. Sebab, penggunaannya berisiko menimbulkan efek samping negatif, jika kamu tidak berhati-hati dengan dosisnya. Selain itu, penggunaan kunyit juga berpeluang untuk menimbulkan reaksi terhadap obat-obatan yang sedang kamu konsumsi. 

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit dengan dokter spesialis kulit pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang!

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. Turmeric for Skin: Benefits and Risks.

WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Turmeric. 

Halodoc. Diakses pada 2022. Ini 4 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah

NIH. Diakses pada 2022. Efficacy and safety of curcumin in major depressive disorder: a randomized controlled trial. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan