Sarkoma Ewing, Kanker Tulang pada Anak dan Remaja

Ditinjau oleh  dr. Gabriella Florencia   31 Mei 2020
Sarkoma Ewing, Kanker Tulang pada Anak dan RemajaSarkoma Ewing, Kanker Tulang pada Anak dan Remaja

Halodoc, Jakarta – Apakah pernah mengalami sensasi nyeri dan pembengkakan di beberapa area seperti lengan, tungkai, panggul, atau dada yang berlangsung selama beberapa minggu atau bulan? Apalagi saat malam tiba atau tengah berolahraga, rasa nyeri ini bisa terasa semakin hebat. Jika kamu atau orang terdekat kamu pernah mengalami kondisi ini, maka sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter, karena bisa jadi ini adalah penyakit kanker tulang sarkoma Ewing

Sarkoma Ewing adalah tumor ganas yang muncul di tulang atau jaringan lunak di sekitar tulang. Jenis kanker ini tercatat sangat jarang terjadi, namun ia bisa dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak dan remaja berusia 10-20 tahun. Parahnya, tumor juga dapat muncul di jaringan sekitar tulang, seperti otot, jaringan ikat atau jaringan lemak. Oleh karena itu, penyakit ini harus cepat ditangani untuk memperbesar peluang kesembuhan. 

Baca juga: 4 Jenis Kanker Tulang dan Cara Penyebarannya

Gejala Sarkoma Ewing Bisa Bervariasi

Gejala sarkoma Ewing bisa bervariasi, tergantung pada ukuran dan lokasi tumor. Namun, mereka yang mengidap penyakit ini umumnya merasakan nyeri dan pembengkakan. Kadang gejalanya bisa disertai dengan munculnya benjolan di permukaan kulit yang terasa hangat dan lunak ketika disentuh.

Ada beberapa gejala sarkoma Ewing tambahan yang wajib kamu ketahui, yaitu: 

  • Demam yang hilang timbul berkepanjangan;

  • Tubuh terasa mudah lelah;

  • Tidak memiliki nafsu makan;

  • Berat badan turun drastis;

  • Wajah tampak pucat;

  • Tulang bisa patah tanpa sebab yang jelas;

  • Mengalami kelumpuhan atau inkontinensia urine, jika tumor terletak di dekat tulang belakang.

Punya gejala yang mirip seperti yang disebutkan di atas, jangan tunda lagi untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Kamu bisa mengandalkan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat. Dengan begini, pemeriksaan jadi lebih mudah dilakukan.

Baca juga: 4 Penyebab Terjadinya Kanker Tulang pada Anak

Kondisi Genetik jadi Penyebab Sarkoma Ewing

Penyebab kanker sarkoma Ewing belum diketahui secara pasti. Namun, dipastikan bahwa kondisi ini terkait mutasi genetik yang terjadi setelah lahir. Beberapa penelitian juga menunjukkan, kanker sarkoma Ewing tidak terkait dengan faktor keturunan, paparan radiasi, bahan kimia berbahaya atau faktor lingkungan. Oleh karena itu, faktor risiko kanker ini juga belum diketahui.

Kanker sarkoma Ewing juga memiliki beberapa jenis yang perlu kamu ketahui jika dilihat berdasarkan lokasi munculnya tumor, antara lain: 

  • Tumor Tulang. Sarkoma Ewing ini terjadi di bagian tulang, seperti pada tulang paha, tulang panggul, tulang rusuk, atau tulang selangka;

  • Tumor Jaringan Lunak. Tumor sarkoma ini muncul pada jaringan lunak di sekitar tulang, seperti otot atau tulang rawan;

  • Primitive Neuroectodermal Tumor (PNET). Jenis tumor sarkoma Ewing ini terbentuk pada jaringan saraf di berbagai bagian tubuh;

  • Tumor Askin. Tumor ini terjadi di bagian dada.

Komplikasi Sarkoma Ewing Bisa Sangat Berbahaya

Penting diketahui bahwa kanker sarkoma Ewing dapat menyebar ke area tubuh lain, seperti jaringan tubuh atau tulang di sekitar tumor, sumsum tulang, atau paru-paru. Alhasil, kondisi ini bisa semakin sulit untuk diobati. Parahnya lagi, kanker sarkoma Ewing juga berisiko kambuh kembali dalam beberapa tahun setelah diobati.

Tak hanya akibat penyakit itu sendiri, pengobatan kanker ini juga banyak menyebabkan efek samping. Salah satunya adalah kehilangan anggota tubuh akibat prosedur amputasi. Sementara itu, beberapa efek samping lain akibat pengobatan kanker, yaitu:

  • Gangguan jantung atau paru-paru;
  • Gangguan tumbuh kembang dan pemahaman, terutama anak-anak;
  • Disfungsi seksual dan ketidakmampuan untuk memiliki anak;
  • Kemunculan kanker jenis lain.

Baca juga: Bagaimana Cara Deteksi Dini Kanker Tulang?

Itulah hal yang perlu kamu pahami mengenai bahwa kanker sarkoma Ewing. Jika kamu masih memiliki pertanyaan mengenai penyakit ini, jangan ragu untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Is Ewing’s Sarcoma?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Ewing Sarcoma.
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Ewing Sarcoma.
WebMD. Diakses pada 2020. What Is Ewing’s Sarcoma?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan