• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sayangi Tubuh dengan Lakukan 6 Kebiasaan yang Menyehatkan Ini

Sayangi Tubuh dengan Lakukan 6 Kebiasaan yang Menyehatkan Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, ada banyak kebiasaan yang bisa dilakukan. Dengan menerapkan kebiasaan tersebut setiap harinya, kualitas hidup yang sehat dapat terjaga dengan baik. Ya, sebenarnya untuk bisa menyayangi tubuh dan menjaga kesehatan itu bukan hal yang sulit.

Kuncinya adalah konsisten. Sebab, segala hal memang perlu dibiasakan. Mulai dari hal kecil, hingga yang besar. Termasuk dalam hal gaya hidup dan kebiasaan sehat. Dengan membiasakan diri melakukan hal-hal yang menyehatkan, sama saja kamu telah berupaya menyayangi diri sendiri.

Baca juga: Puasa Anti Mager dengan 5 Kebiasaan Sehat Ini

Kebiasaan Sehat yang Perlu Dilakukan

Aturan utama dalam menjaga kesehatan tubuh adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan terus mempertahankannya sebagai kebiasaan baik. Beberapa kebiasaan sehat yang perlu dijalani adalah:

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Hal terpenting yang harus dijadikan kebiasaan jika ingin hidup sehat adalah memiliki pola makan sehat dan bergizi seimbang. Makanan sehat yang perlu dikonsumsi setiap harinya termasuk protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Sebagai sumber protein, kamu bisa mengonsumsi daging tanpa lemak, ikan, susu, dan telur.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, kamu bisa memperolehnya dari nasi merah, oat, dan quinoa. Konsumsi juga aneka jenis sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan.

  1. Rutin Olahraga

Cara menjaga kesehatan tubuh berikutnya adalah rutin berolahraga. Tak hanya baik untuk kesehatan, olahraga juga mampu mencegah dan mengelola masalah kesehatan yang mungkin sedang diidap, seperti stroke, diabetes, depresi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, radang sendi, hingga kanker. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, sebaiknya berolahragalah selama 150 menit dalam seminggu atau luangkan waktu 20-30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

Baca juga: 4 Tips Memulai Pola Hidup Sehat di Keluarga

  1. Jaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan kanker. Untuk itu, jika kamu ingin menyayangi tubuh kamu, jagalah selalu berat badan agar tetap ideal. Kamu bisa download dan gunakan aplikasi Halodoc untuk berdiskusi dengan dokter gizi, tentang metode diet apa yang cocok untuk kamu.

  1. Hindari Rokok

Bagi kamu yang punya kebiasaan merokok, sebaiknya segera hentikan, deh. Sebab, rokok dapat membahayakan kesehatan kamu. Tak hanya secara aktif, kamu juga sebaiknya tidak menjadi perokok pasif, dengan cara menghindari paparan asap rokok sebisa mungkin. Menjadi perokok pasif tak kalah berbahaya dengan perokok aktif.

  1. Lindungi Kesehatan Kulit

Gunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan, agar kulit terlindungi dengan baik. Sebab, paparan sinar matahari dalam jangka panjang tak hanya menyebabkan kulit terbakar, tetapi juga dapat meningkatkan risiko penuan dini dan kanker kulit.

Baca juga: Selain Olahraga, Istirahat Juga Termasuk Pola Hidup Sehat

  1. Minum Suplemen untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh adalah salah satu hal penting yang harus senantiasa dijaga, jika ingin selalu sehat dan fit. Selain mempraktikkan pola makan sehat dan berolahraga teratur, mengonsumsi suplemen antioksidan juga diperlukan, terutama bagi kamu yang punya segudang aktivitas. Seperti Suplemen Astria misalnya, yang mengandung astaxanthin alami, yaitu senyawa antioksidan terkuat yang ada di alam.

Senyawa astaxanthin alami dalam   Suplemen Astria 550 kali lipat lebih besar dari Vitamin E dan 6.000 kali lipat lebih kuat dari vitamin C, sehingga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh akibat radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, serta meremajakan kulit. Perlu diketahui bahwa radikal bebas yang masuk ke tubuh, jika kadarnya terlalu tinggi, dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Yuk beli Suplemen Astria lewat aplikasi Halodoc!

Referensi:
The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Using the World Around You to Stay Healthy and Fit.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Exercise: 7 Benefits of Regular Physical Activity.
Family Doctor. Diakses pada 2020. American Academy of Family Physicians. What You Can Do to Maintain Your Health.
Healthline. Diakses pada 2020. 6 Essential Nutrients and Why Your Body Needs Them.