Selain Olahraga, Istirahat Juga Termasuk Pola Hidup Sehat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Selain Olahraga, Istirahat Juga Termasuk Pola Hidup Sehat

Halodoc, Jakarta - Memiliki tubuh yang sehat menjadi keinginan setiap orang. Namun, tidak sedikit yang mengatakan sulit untuk mewujudkannya. Sebenarnya, tidak sulit, kok. Tubuh menjadi mudah sakit, mengalami obesitas, atau masalah kesehatan lainnya karena kebiasaan hidup yang tidak baik yang selalu dilakukan. Ditambah dengan kesibukan yang padat, kamu menjadi lupa kalau tubuh perlu diperhatikan. 

Coba bayangkan jika kamu terserang penyakit, misalnya flu. Kamu menjadi kurang fit, tubuh seperti nyeri di semua sisi, kamu tidak nyaman beraktivitas, dan harus mengeluarkan biaya pengobatan supaya segera mendapatkan kesembuhan. Inilah mengapa, menjaga kesehatan tubuh itu penting. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan membiasakan pola hidup sehat. 

Pola Hidup Sehat Bukan Hanya Olahraga

Ya, salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah rutin berolahraga. Aktif secara fisik itu wajib dilakukan oleh semua orang dari berbagai usia. Sayangnya, tidak sedikit yang beranggapan bahwa olahraga itu melelahkan, dan di akhir pekan, kelelahan akibat bekerja selama lima hari membuat tidur menjadi aktivitas yang lebih menyenangkan. 

Baca juga: 4 Gaya Hidup Sehat Ala Atlet yang Bisa Ditiru

Sebenarnya, olahraga tidak hanya bisa dilakukan di akhir pekan atau di waktu luang. Lebih baik lagi kalau kamu melakukannya setiap hari, terutama pagi hari sebelum memulai rutinitas. Tidak akan berdampak kelelahan, tubuh menjadi lebih bugar dan segar. Kamu pun lebih siap beraktivitas dan menghadapi segala macam tenggat yang menanti. Tidak hanya itu, kamu tidak kesulitan berkonsentrasi dan mengantuk di tengah jam kerja yang seakan tidak juga berakhir. 

Olahraga yang dilakukan juga tidak perlu yang berat dan memicu tubuh menjadi lebih mudah lelah. Cukup luangkan waktu setidaknya 30 menit setiap pagi untuk lari, bersepeda, atau berjalan kaki. Kalau kamu melakukannya secara rutin, sudah pasti kesehatan jantung akan terjaga, aliran darah akan lebih lancar, dan tubuh menjadi lebih sehat. 

Baca juga: Pola Hidup Sehat Dapat Cegah Osteofit, Ikuti Langkahnya

Namun, Olahraga Saja Tidak Cukup untuk Pola Hidup Sehat

Sayangnya, olahraga saja tidak cukup untuk kamu menerapkan pola hidup sehat dan mendapatkan tubuh yang sehat pula. Kamu harus membiasakan untuk beristirahat cukup. Jangan salah, cukup istirahat dan mengurangi begadang adalah bagian yang tidak kalah pentingnya untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Bahkan, kurangnya waktu tidur juga sama tidak baiknya dengan menjalani pola makan yang buruk, lho!

National Sleep Foundation menganjurkan kamu untuk tidur dalam waktu antara 6 sampai 8 jam setiap malam untuk rentang usia 18 sampai 25 tahun. Jika kamu terbiasa begadang, kamu rentan terserang penyakit yang terbilang mematikan, termasuk jantung dan kanker serta obesitas, karena kurang tidur memicu masalah emosional dan dapat meningkatkan nafsu makan. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat

Meski begitu, tidur yang berlebihan juga tidak dianjurkan. Waktu tidur yang melebihi 8 jam yang dilakukan terus-menerus bisa membuat daya konsentrasi menurun, lho. Selain itu, terlalu banyak tidur bisa memicu migrain dan nyeri pada tubuh. Kalau kamu membutuhkan masukan dari dokter tentang pola hidup sehat, langsung saja buka aplikasi Halodoc dan klik fitur Tanya Dokter. Segala masalah kesehatan langsung dijawab oleh ahlinya. 

Referensi: 
Health Harvard Edu. Diakses pada 2019. 7 Ways to Jumpstart Healthy Change in Your Life.
Livestrong. Diakses pada 2019. How to Start a Healthy Lifestyle.
WebMD. Diakses pada 2019. Healthy Living: Steps to Take Stock of Your Health.