Puasa Anti Mager dengan 5 Kebiasaan Sehat Ini

Puasa Anti Mager dengan 5 Kebiasaan Sehat Ini

Halodoc, Jakarta – Selain lapar dan haus, ada hal lain yang harus dilawan saat berpuasa yaitu rasa malas untuk bergerak alias mager. Hal ini sering tidak dapat dihindari, karena selama berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman selama lebih dari 14 jam, sehingga membuat tubuh mudah lemas serta terasa tidak bertenaga. Padahal, puasa sama sekali bukan alasan untuk tidak melakukan apa-apa dan bermalas-malasan.

Saat berpuasa, tubuh memang membutuhkan adaptasi untuk bisa menjalani aktivitas sehari-hari setelah adanya perubahan pada pola makan. Namun, seharusnya dalam beberapa hari tubuh sudah dapat menyesuaikan dan bisa beraktivitas kembali. Lantas, apa saja kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menghindari mager selama puasa?

Baca juga: Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa

1. Tetap Berolahraga

Selain menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, nyatanya berolahraga selama puasa juga bisa membantu menghilangkan perasaan malas. Kamu bisa berolahraga setelah sahur atau pada malam hari setelah berbuka puasa. Hal itu lebih dianjurkan karena tubuh akan memiliki lebih banyak energi. Satu hal yang harus diingat adalah tidak memaksakan diri berolahraga saat sedang berpuasa. Alih-alih membuat sehat, hal ini malah bisa memicu dehidrasi alias kurang cairan tubuh yang bisa berbahaya.

2. Menu Sahur Terbaik

Makan sahur menjadi salah satu kunci untuk puasa yang lancar. Agar tidak mager dan merasa mudah lelah selama berpuasa, pastikan untuk selalu memilih menu sahur terbaik. Pilihlah jenis makan sehat yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk karbohidrat, protein, lemak, serat, serta vitamin dan mineral. Sebaiknya, hindari mengonsumsi makanan yang bisa memberi dampak buruk pada tubuh, misalnya makanan cepat saji.

Baca juga: Puasa Hanya Minum Air Putih, Ini Bahayanya

3. Tidur Secukupnya

Selain pola makan, hal lain yang juga akan mengalami perubahan saat puasa adalah pola tidur. Sebab, kamu diwajibkan untuk bangun pada dini hari dan menyantap makan sahur. Meski begitu, bukan berarti kamu harus “balas dendam” dengan banyak tidur di saat waktu kosong.

Memang, tubuh bisa terasa lemas dan tidak bertenaga saat kurang tidur, tapi kebanyakan tidur ternyata juga bisa berdampak sama. Kebiasaan tidur sepanjang hari saat berpuasa nyatanya malah akan membuat tubuh terasa semakin tidak bertenaga dan malas untuk bergerak.

4. Mengontrol Emosi

Selain menahan lapar dan haus, puasa juga mengajarkan untuk menahan amarah dan mengontrol emosi. Di samping bentuk ibadah, hal itu ternyata juga dibutuhkan agar tidak mager selama berpuasa. Suasana hati dan emosi yang tidak terkontrol nyatanya bisa menjadi pemicu seseorang malas dan enggan untuk melakukan hal-hal tertentu.

Kalau sudah begitu, bisa jadi kamu akan tidak produktif sepanjang hari. Biar puasa lebih lancar dan tidak mengeluh malas gerak terus, mulailah dengan membiasakan mengontrol emosi meski hanya pada hal yang sepele.

5. Masak untuk Berbuka Puasa

Daripada menghabiskan waktu untuk bermalas-masalan, cobalah untuk membiasakan diri memasak untuk berbuka puasa. Nyatanya, menerapkan kebiasaan yang satu ini bisa membantu menjaga kesehatan tubuh selama satu bulan penuh, karena memasak menu buka puasa sendiri di rumah bisa memastikan makanan yang dikonsumsi sehat dan bebas dari kontaminasi virus atau bakteri penyebab penyakit.

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

Sakit saat bulan puasa? Jangan panik! Coba diskusikan gejala yang muncul ke dokter di aplikasi Halodoc agar puasa lebih nyaman. Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!