• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sebelum Memelihara French Bulldog, Perhatikan 5 Hal Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sebelum Memelihara French Bulldog, Perhatikan 5 Hal Ini

Sebelum Memelihara French Bulldog, Perhatikan 5 Hal Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 15 Oktober 2021
Sebelum Memelihara French Bulldog, Perhatikan 5 Hal Ini

“Layaknya jenis anjing Bulldog lainnya, French bulldog cenderung agresif dan bersifat teritorial secara alami seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, beberapa hal tentu perlu diperhatikan sebelum memeliharanya. Salah satunya adalah kebutuhan fisiknya, yakni tidak membutuhkan banyak aktivitas atau olahraga outdoor.”

Halodoc, Jakarta – French bulldog atau Frenchie merupakan jenis anjing domestik berukuran kecil yang berasal dari Prancis. Anjing tersebut adalah hasil persilangan antara jenis bulldog yang berasal dari Inggris dengan anjing domestik Prancis pada tahun 1800-an. Kini, anjing French bulldog menjadi salah satu jenis anjing yang sangat terkenal dan cukup diminati. 

Tubuhnya yang membulat, wajahnya yang rata tapi menggemaskan, serta tingkahnya yang lucu menjadi daya tarik tersendiri. Bila kamu tertarik untuk memelihara anjing tersebut, tentu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Penasaran apa saja? Mari simak ulasannya di sini!

Baca juga: Pentingnya Memberikan Vaksin pada Anjing Peliharaan

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memeliharanya

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat memahami benar-benar anjing yang satu ini, antara lain:

  1. Tidak Membutuhkan Banyak Aktivitas Outdoor

French bulldog tidak membutuhkan banyak aktivitas atau olahraga di luar ruangan. Oleh karena itu, anjing ini sangatlah ideal bagi orang-orang yang tinggal di apartemen atau perumahan yang jauh dari taman. Namun, hal tersebut bukan berarti menunjukkan bahwa French bulldog anjing yang malas. Perlu diketahui bahwa anjing tersebut senang berlarian dan bermain, tetapi mereka biasanya tidak memiliki stamina dan daya tahan untuk bermain dalam waktu yang lama. 

Sebab, moncongnya yang pendek dan dan wajahnya yang rata, membuat mereka tidak selalu bisa bernapas dengan baik. Oleh sebab itu, penting untuk selalu memperhatikan pernapasan anjing French bulldog dan mengontrol intensitas aktivitas fisik mereka. 

  1. French Bulldog Sebaiknya Dimandulkan

Layaknya jenis anjing Bulldog lainnya, French bulldog cenderung agresif dan bersifat teritorial secara alami seiring bertambahnya usia. Namun, bila mereka dikebiri antara usia 4-9 bulan, sifat agresif dan teritorial mereka dapat dikurangi. 

Selain itu, memandulkan French bulldog sangat disarankan agar mereka dapat menjalani hidup yang sehat. Pasalnya, risiko kanker payudara dan tumor reproduksi dapat menurun bila French bulldog betina disterilisasi. Sedangkan, apabila French bulldog jantan dikebiri maka risiko masalah kesehatan seperti kanker testis atau prostat dapat menurun.

  1. Ramah Kepada Hewan Peliharaan Lain

Meski wajahnya terkesan ‘sangar’ tapi sifat French bulldog cukup penyayang. Secara umum, French bulldog akan bersikap baik dengan anjing peliharaan lainnya terutama bila sudah mengenalnya. Mereka akan dengan senang hati akan menikmati waktu bermain dengan anjing lain setelah bersosialisasi. 

Selain itu, French bulldog juga dikenal dapat bergaul dengan hewan lain seperti misalnya kucing. Namun, kamu perlu memperkenalkan anjing tersebut dengan kucing peliharaan tersebut dengan tenang.

Baca juga: Penjelasan Lengkap tentang Merawat Anak Anjing

  1. Rentan Terhadap Obesitas

Anjing French bulldog rentan untuk mengalami obesitas yang dapat merusak struktur fisik mereka. Bila kondisi tersebut terjadi, risiko beberapa masalah kesehatan lainnya juga dapat meningkat. Maka, sangat penting untuk memperhatikan asupan kalori dan berat badan mereka. 

Pilihlah makanan anjing berkualitas tinggi yang disesuaikan dengan usia dari anjing tersebut. Jika kamu ingin memberikannya camilan, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu takaran yang sesuai kepada dokter hewan. Kamu juga perlu menghindari memberikan tulang yang dimasak dan makanan yang tinggi lemak.   

  1. Memerlukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin

Dilansir dari American Kennel Club, anjing French bulldog memerlukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Sebab, selain obesitas, anjing ini juga rentan akan berbagai gangguan kesehatan lainnya, antara lain:

  • Rentan terhadap masalah pernapasan layaknya ras anjing berwajah datar lainnya.
  • Tubuhnya kurang baik dalam merespons cuaca panas atau lembab.  
  • Terkadang dapat mengalami gangguan kesehatan mata, seperti entropion,  follicular ophthalmitis atau cherry eyes pada anjing.
  • Berisiko mengalami gangguan kulit autoimun dan alergi kulit.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu memeriksakan kesehatannya secara rutin melalui berbagai metode tes. Misalnya seperti pemeriksaan panggul, pemeriksaan patella, pemeriksaan mata, hingga pemeriksaan jantung rutin.

Baca juga: Ini Bahayanya Kutu pada Hewan Peliharaan

Itulah penjelasan mengenai apa saja yang harus diperhatikan sebelum memelihara French bulldog. Mulai dari karakteristik bermain, kebutuhan olahraganya, hingga gangguan kesehatan yang rentan menyerangnya. 

Ingatlah, hewan peliharaan perlu diberikan makanan yang bergizi serta vitamin agar nutrisi penting yang diperlukan tubuhnya dapat terpenuhi dengan baik.

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa cek kebutuhan hewan sesuai dengan pilihanmu. Tentunya tanpa perlu keluar rumah dan mengantri panjang di Pet Shop. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Southern Cross Veterinary Clinic. Diakses pada 2021. 8 Things to Know Before Adopting a French Bulldog Puppy
American Kennel Club. Diakses pada 2021. French Bulldog