• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Efektif Jahe untuk Redakan Nyeri Haid?

Seberapa Efektif Jahe untuk Redakan Nyeri Haid?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Nyeri haid sering terjadi saat seorang wanita sedang berada pada periode menstruasi. Sakit perut yang muncul bisa sangat mengganggu dan menyulitkan. Maka dari itu, seseorang rela melakukan apa saja untuk meredakan nyeri haid, termasuk menggunakan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang disebut bisa mengatasi nyeri haid adalah jahe

Jahe disebut bisa membantu meredakan rasa nyeri yang muncul dan mengganggu perut. Nyeri haid muncul sebagai reaksi dari gerakan dinding otot rahim yang menekan pembuluh darah di sekitarnya. Kondisi tersebut menyebabkan pasokan oksigen ke rahim jadi berhenti, sehingga tubuh memproduksi hormon yang meningkatkan rasa sakit. Lantas, seberapa efektif jahe untuk meredakan nyeri haid? 

Baca juga: Nyeri Haid, Waspada Terjadinya Dehidrasi

Manfaat Jahe untuk Nyeri 

Mengonsumsi jahe disebut bisa membantu mengatasi nyeri haid. Jahe memiliki sifat antiinflamasi alami yang efektif mengurangi rasa sakit. Maka dari itu, bahan alami yang satu ini disebut cocok untuk mengatasi nyeri perut saat datang bulan. Selain mengatasi nyeri otot, konsumsi jahe juga bisa membantu mengurangi pembengkakan dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman karena efek menghangatkan yang dihasilkan. 

Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi penggunaan jahe untuk meredakan nyeri haid tidak ada salahnya untuk dicoba. Kamu bisa mencoba untuk membuat minuman atau teh yang dicampur dengan irisan atau bubuk jahe. Kamu bisa mengonsumsinnya saat perut terasa sakit atau saat tubuh mulai terasa tidak nyaman selama haid. 

Namun perlu diketahui, meskipun memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri haid, tetapi penggunaan jahe sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Konsumsi jahe secara berlebihan untuk mengatasi nyeri haid nyatanya bisa memicu berbagai efek samping. Jahe bisa saja menyebabkan seseorang mengalami efek berupa diare, gangguan pencernaan, atau heartburn alias rasa perih di area dada dan perut. 

Baca juga: 3 Minuman untuk Redakan Nyeri Haid

Selain itu, konsumsi jahe secara berlebihan juga berpotensi memicu efek pengencer darah. Dengan kata lain, jika tidak berhati-hati penggunaan jahe malah bisa membuat menstruasi dan nyeri haid malah terasa semakin buruk. Maka dari itu, pastikan untuk selalu membicarakan dengan dokter terlebih dahulu seputar manfaat jahe untuk haid, terutama jika sudah mengalami gejala atau gangguan kesehatan akibat konsumsi jahe saat haid. 

Menyiapkan Minuman Jahe untuk Nyeri Haid 

Jahe sering digunakan untuk bahan memasak dan memberi rasa pada masakan. Namun, kamu juga bisa mengolahnya menjadi minuman untuk mengatasi nyeri haid. Kamu bisa mencoba merebus irisan jahe dengan air, kemudian konsumsi airnya. Selain itu, mengolahnya menjadi secangkir teh jahe hangat. Untuk membuatnya, pilih beberapa buah jahe. 

Kemudian, bersihkan jahe dan kupas kulitnya setelah itu iris kecil-kecil. Lalu, masukkan potongan jahe ke dalam air yang mendidih, kemudian diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, tuangkan jahe ke dalam gelas lalu teh jahe siap diminum untuk meredakan nyeri hari. Namun, jika nyeri haid tidak kunjung membaik atau malah menjadi bertambah buruk, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mengetahui penyebabnya.

Baca juga: Nyeri Haid Bisa Diatasi dengan Pijatan, Benarkah?

Jika ragu, kamu bisa bertanya pada dokter seputar masalah nyeri haid dan cara mengatasinya ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
How Stuff Work. Diakses pada 2020. Ginger Better than Drugs for Pain?
My Recipes. Diakses pada 2020. Ginger Water.
Verywell Health. Diakses pada 2020. Ginger to relieve menstrual cramp.
Livestrong. Diakses pada 2020. Ginger tea to relieve menstrual cramp.