Seberapa Seringkah Kucing Harus Dimandikan?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   03 Februari 2021
Seberapa Seringkah Kucing Harus Dimandikan?Seberapa Seringkah Kucing Harus Dimandikan?

Halodoc, Jakarta - Kucing dikenal sebagai hewan yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Dengan menggunakan lidah yang memiliki duri kecil menonjol dan bertindak seperti kuas, kucing akan menjilati tubuhnya, sebagai cara untuk membersihkan diri. Namun, kapan kucing harus dimandikan dan seberapa sering?

Meski bisa membersihkan dirinya sendiri, bukan berarti kucing tidak perlu mandi. Untuk tahu kapan dan seberapa sering kucing harus dimandikan, simak pembahasan berikut ini, ya.

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Kucing Harus Dimandikan 4-6 Minggu Sekali

Seberapa sering kucing harus dimandikan tergantung pada banyak hal, seperti:

  • Lingkungan tempat kucing sering menghabiskan waktu. Kucing yang sering berada di luar ruangan perlu mandi lebih sering daripada kucing dalam ruangan.
  • Panjang dan jenis bulu. Kucing yang bulunya lebih panjang membutuhkan lebih banyak perawatan daripada kucing dengan bulu pendek.
  • Perilaku merawat diri sendiri. Kucing yang tidak bisa merawat dirinya sendiri secara efisien perlu dimandikan secara teratur. Selain itu, kucing yang kelebihan berat badan dan kesulitan menjangkau semua area tubuhnya, perlu dimandikan lebih sering ketimbang kucing yang kurus.
  • Tingkat aktivitas. Kucing yang sangat aktif perlu lebih sering dimandikan.
  • Masalah kesehatan. Masalah seperti iritasi kulit, kutu, dan tinja yang encer memerlukan perhatian lebih.

Meski begitu, secara umum, National Cat Groomers of America merekomendasikan kucing untuk dimandikan 4-6 minggu sekali, agar bulunya tidak kusut dan tetap sehat. Jika kucing terpapar kotoran atau zat berbahaya, segera mandikan kucing. 

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing

Tips Memandikan Kucing

Ada beberapa tips yang perlu diingat setiap memandikan kucing peliharaan, yaitu:

  • Gunakan sarung tangan saat memandikan kucing, untuk melindungi jika kucing menjadi agresif saat kamu mencoba untuk memandikannya.
  • Sebaiknya pangkas cakar kucing sebelum mulai memandikannya. Ini akan memperkecil kemungkinan kucing mencakar kamu.
  • Letakkan kain lap atau alas anti slip di lantai bak mandi. Dengan cara itu, kucing dapat menggali cakarnya, dan mencegahnya tergelincir.
  • Berhati-hatilah agar tidak ada air yang masuk ke telinganya. Kamu dapat menggunakan penyumbat telinga, atau menggunakan kendi atau selang saat menyiram, yang akan memberi kamu kendali lebih atas air.
  • Begitu mulai memandikan, kamu harus tetap tenang. Kucing akan menyadari emosi yang dirasakan pemiliknya, dan jika kamu stres atau panik, ia mungkin juga stres.
  • Biarkan kucing terbiasa dengan ruangan sebelum mulai mandi. Hal ini akan membantu mengurangi kegugupan, dan membuatnya lebih tenang.
  • Gunakan sampo khusus untuk kucing. Hindari penggunaan sampo anjing atau manusia karena bulu kucing membutuhkan sampo yang berbeda. Jika perlu sabun, gunakan yang sangat netral, karena sabun dapat menimbulkan beberapa efek samping negatif seperti iritasi, rambut rontok, dan gatal-gatal.
  • Beri kucing camilan setelah mandi. Ini dapat memberinya asosiasi positif dengan waktu mandi, dan ia akan jadi lebih mudah diajak mandi nantinya.

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Itulah sedikit penjelasan tentang seberapa sering kucing harus mandi dan tips-tips memandikan kucing yang bisa dicoba. Jika kamu membutuhkan makanan, vitamin, atau produk untuk kucing peliharaan lainnya, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk membelinya dengan mudah, lho.

Referensi:
Pet First. Diakses pada 2021. How Often Should I Give My Cat a Bath?
My Animals. Diakses pada 2021. How Often Should You Wash Your Cat?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan