• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Halodoc, Jakarta - Siapa yang bisa menahan gemas dan lucunya anak kucing? Anak kucing menjadi hewan peliharaan yang paling populer. Namun, anak kucing tidak hanya gemas dan lucu, mereka juga memerlukan perawatan dan kasih sayang. Jika kamu memelihara anak kucing, maka kamu harus menggali banyak informasi mengenai seluk beluk merawatnya. 

Merawat anak kucing memang membutuhkan persiapan yang baik. Kamu harus mengetahui apa yang diperlukan dan cara terbaik untuk merawatnya. Jika kamu memberikan perawatan dan pelatihan yang tepat sejak kucing masih kecil, maka itu meningkatkan peluang mereka tumbuh menjadi kucing yang sehat dan dapat menyesuaikan diri dengan baik. 

Baca juga: Kenali Scabies, Penyakit Kulit Akibat Kutu Hewan

Berikut ini hal yang perlu diketahui dalam merawat anak kucing, yaitu: 

  • Nutrisi

Anak kucing harus diberi makan dengan kombinasi makanan kemasan berkualitas tinggi dan beberapa makanan alami untuk memastikan kecukupan nutrisi yang seimbang. Hindari memberikan susu sapi kepada anak kucing, namun pastikan mereka memiliki akses ke air bersih yang sehat setiap saat. 

  • Sediakan Tempat Tidur yang Nyaman

Meskipun mungkin anak kucing berbagai tempat tidur dengan kamu, tetap penting untuk menyediakan tempat tidur kering yang nyaman khusus untuknya. Gunakan tempat tidur yang nyaman, aman, mudah dibersihkan dan dikeringkan, serta letakkan tempat tidur di tempat yang nyaman. 

  • Sediakan Baki Kotoran

Letakkan baki kotoran di tempat yang tenang dan nyaman untuk digunakan anak kucing saat dia perlu ke toilet.  

  • Berikan Waktu Bermain

Waktu bermain penting untuk ikatan antara kamu dan anak kucing kesayangan kamu. Anak kucing sangat suka bermain dan punya rasa ingin tahu yang tinggi.

Ia menghabiskan sebagian energinya untuk bermain dan berinteraksi dengan pemiliknya. Cobalah mainkan berbagai jenis mainan kucing dan coba berikan permainan yang berbeda agar kucing tidak bosan. Mainan yang mungkin ia suka yaitu mainan yang dapat dikejar dan ditangkap. 

Baca juga: 5 Penyakit yang Ditularkan dari Hewan

  • Perawatan Rutin

Perawatan rutin seperti menyikat rambut adalah hal penting terutama untuk kucing berambut sedang dan berbulu panjang. Mulailah untuk merawat anak kucing sejak dini supaya menjadi aktivitas rutin yang menyenangkan.

Berikan anak kucing hadiah cemilan yang lezat, pujian, dan tepukan atau elusan. Dengan cara ini, anak kucing akan dipenuhi hal-hal positif sehingga dapat memudahkan hubungan kamu dan anak kucing. 

Perawatan menghilangkan debu, kulit mati, rambut rontok, dan kusut dapat membantu mencegah kucing mengalami hairball. Karena beberapa kucing akan menelan bulunya ketika merawat sendiri, terutama kucing yang berbulu panjang. Dan ini bisa menumpuk di perut untuk akhirnya dimuntahkan. 

Perawatan anak kucing harus membuatnya nyaman. Hindari gerakan menarik rambut. Bulu yang kusut mungkin perlu dipangkas dengan hati-hati menggunakan gunting berhidung tumpul. Selain itu, selalu jauhkan gunting dari kucing dan pastikan kulitnya tidak tergores gunting. 

Secara umum, anak kucing tidak perlu dimandikan dan sebagian besar kucing merasa stres jika dimandikan. Sebaiknya hindari mandi kecuali direkomendasikan oleh dokter hewan karena alasan medis. 

Baca juga: 3 Hewan Rumahan yang Bisa Membawa Penyakit

Kamu mungkin juga berdiskusi dengan dokter hewan melalui aplikasi Halodoc mengenai jadwal pemeriksaan kesehatan tahunan, vaksinasi, microchipping, desexing, serta pencegahan kutu dan cacing pada anak kucing. 

Memiliki anak kucing adalah pengalaman yang luar biasa bagi kebanyakan orang. Bersiaplah anak kucing kamu akan tumbuh menjadi kucing yang canting dan sehat. Untuk itu, jagalah anak kucing agar selalu terawat, bahagian, dan sehat karena ia bisa menjadi teman kamu selama bertahun-tahun. 

Referensi:
RSPCA. Diakses pada 2020. How do I care for my new kitten?
Petfinder. Diakses pada 2020. Kitten Care: Must-Know Tips for Raising Kittens
Pet Life Today. Diakses pada 2020. How To Take Care Of A Kitten