5 Cara Merawat Kesehatan Kulit Ibu setelah Usia 50-an

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Desember 2021
5 Cara Merawat Kesehatan Kulit Ibu setelah Usia 50-an 5 Cara Merawat Kesehatan Kulit Ibu setelah Usia 50-an

“Memasuki usia 50 tahun, ibu akan menghadapi beberapa perubahan besar pada kulit. Perawatan kulit jadi hal yang penting untuk dilakukan. Contohnya, menggunakan produk perawatan kulit hingga melakukan treatment kesehatan kulit. Meski usia menua, tetapi kulit tidak harus ikut menua.”

Halodoc, Jakarta - Menginjak usia 50 tahun, kulit ibu akan mengalami beberapa perubahan besar. Artinya, ibu perlu melakukan perawatan kulit untuk menjaga agar kulit tetap sehat. Kulit cenderung mengering dan keriput karena produksi kolagen semakin melambat, sementara itu menopause membuat hormon pada tubuh berapa pada fase fluktuatif alias tidak stabil, sehingga membuat kulit menjadi lebih sensitif. 

Perawatan kulit menjadi hal yang penting ibu lakukan mulai periode ini hingga seterusnya. Karena itu, ibu membutuhkan lebih dari sekadar hidrasi untuk menjaga kulit agar tetap terlihat awet muda. Produk-produk yang menggunakan bahan anti penuaan perlu dikombinasikan dengan pelembap untuk mengembalikan kekencangan kulit. 

Tips Menjaga Kecantikan Kulit di Usia 50an

Tentunya, memiliki kulit yang terlihat selalu cantik, segar, dan awet muda menjadi keinginan semua wanita, termasuk sang ibu. Meskipun tidak lagi berusia muda, tetapi kulit juga tidak harus ikut menua. Lalu, bagaimana caranya? Mudah saja, ikuti tips kecantikan kulit berikut ini. 

1.Bersihkan Muka dengan Tepat

Hindari membersihkan muka dengan sabun biasa karena bisa membuat kulit menjadi semakin kering. Pasalnya, sabun biasa tidak diformulasikan untuk wajah yang dapat mengacaukan keseimbangan pH kulit dan membuatnya terasa lebih kering. Gunakan pembersih wajah yang tepat disesuaikan dengan jenis kulit wajah. Salah penggunaan produk pembersih wajah juga bisa memicu terjadinya iritasi pada kulit. 

2.Minum Lebih Banyak

Rutin mengonsumsi air putih setiap hari sesuai dengan jumlah yang dianjurkan akan membantu menghidrasi dan mencegah kulit menjadi kering. Tidak hanya itu, konsumsi air putih lebih banyak juga membantu meringankan sembelit dan mengeluarkan kotoran dari tubuh lebih cepat. Kurang minum hanya akan membuat kamu mudah dehidrasi yang berujung pada rentannya tubuh terserang penyakit. 

3.Berhenti Merokok

Ingin kulit tetap cantik dan terlihat awet muda? Jangan pernah merokok, karena rokok sangat buruk untuk kulit dan gigi. Zat yang terkandung di dalam rokok menyebabkan kulit lebih mudah kering yang mengacu pada terjadinya penuaan dini. Selain itu, rokok juga bisa membuat gigi menguning, sehingga tidak hanya kulit, penampilan kamu akan terlihat semakin menua. 

4.Gunakan Serum Vitamin C

Menghindari paparan sinar matahari berlebihan dianjurkan untuk melindungi kulit kamu dari bahaya kanker kulit. Namun, ada cara lain untuk membantu meminimalkan efek kerusakan akibat sinar matahari, yaitu menggunakan serum vitamin C. Vitamin ini adalah bahan antioksidan terbaik yang menghidrasi, mencerahkan, dan mengencangkan kulit. Kombinasikan dengan vitamin E dan asam ferulic untuk mendapatkan hasil maksimal. 

5.Gunakan Produk Anti-aging

Jika ibu berusia di atas 50 tahun, krim dan lotion yang dijual bebas dapat membantu meningkatkan kecantikan alami dengan meremajakan kulit. Kandungan pentapeptides (senyawa kimia dalam banyak produk kecantikan) dapat membantu mendorong sel-sel kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen. Hal tersebut merupakan struktur pendukung yang membuat kulit tampak lebih kencang. Perawatan resep dan krim retinoid juga bisa jadi pilihan. 

6.Lakukan Perawatan Kulit

Banyak pilihan perawatan kulit yang bisa dilakukan untuk usia 50 tahunan. Misalnya, chemical peeling yang berfungsi menghilangkan garis-garis halus dan bintik-bintik serta menghaluskan kulit. Terutama di sekitar mata dan mulut atau coba juga mikrodermabrasi dan microneedling, yang bermanfaat untuk menghapus garis-gari halus, meremajakan kulit, dan meratakan warna kulit 

Coba tawarkan juga gift treatment kesehatan atau produk skincare untuk perawatan kulit dirinya. Nah, Gift treatment kesehatan dan produk skincare kini bisa kamu pesan lewat aplikasi Halodoc

Dalam rangka perayaan Hari Ibu, Halodoc menawarkan beberapa promo untuk memanjakan sang ibu:

  • Discount up to 50 + additional Discount 10K untuk Paket Sehat Chat Obgyn.
  • Discount 22% max. 50K for Chat Obgyn Check Up.
  • Discount 25% up to 50K for Family booking Beauty  Treatment, minimal untuk 2 orang.
  • Discount up to 60% + additional discount up to 50K for minimum purchase 150K for all medical products. 

Catat ya, promo perayaan Hari Ibu ini berlaku dimulai dari tanggal 16 sampai 22 Desember 2021. Jadi, jangan sampai ketinggal. Nah, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan promo-promo di atas untuk memanjakan ibu tercinta di Hari Ibu. Segera cek kebutuhan medis di aplikasi Halodoc untuk merayakan Hari Ibu di rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga!


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 17 Beauty Tips Women 50+ Have for Their 20-Year-Old Self.
Skincity. Diakses pada 2021. Skin Care and Beauty Tips for Over 50s.
WebMD. Diakses pada 2021. Natural beauty Tips for Women Over 50.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan