Segar dan Bergizi, 5 Manfaat Melon untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Oktober 2021

“Buah melon memiliki kandungan air dan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, terdapat kandungan lain dalam buah ini, seperti serat, folat, vitamin K, B6, hingga magnesium."

Segar dan Bergizi, 5 Manfaat Melon untuk Kesehatan TubuhSegar dan Bergizi, 5 Manfaat Melon untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak suka dengan buah melon? Buah yang memiliki bentuk bundar dengan rasa manis ini menjadi salah satu buah favorit bagi masyarakat. Selain rasanya yang lezat dan segar, buah melon menjadi buah yang bisa dikonsumsi kapan saja.

Bukan hanya lezat, mengonsumsi buah melon bisa membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan menjadi lebih optimal. Yuk, simak lebih banyak mengenai manfaat melon untuk kesehatan tubuh dalam artikel ini!

Baca juga: Buah-buahan Ini Aman untuk Pengidap GERD

Manfaat Melon bagi Kesehatan Tubuh

Ciri khas buah melon terdapat pada kulitnya yang berwarna hijau kekuningan. Daging buah melon pun memiliki warna hijau dengan rasa manis dan segar.

Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Bahkan, buah melon menjadi salah satu buah dengan kandungan air yang cukup tinggi

Dalam 177 gram buah melon mengandung 64 kalori, 1 gram protein, 16 gram karbohidrat, dan 0,3 gram lemak. Selain itu, buah melon juga memiliki kandungan vitamin C, K, B6, serat, folat, magnesium, dan potasium yang baik untuk tubuh.

Berikut ini manfaat melon bagi kesehatan tubuh, seperti:

  1. Menurunkan Tekanan Darah
menurunkan tekanan darah

Umumnya, rutin mengonsumsi buah dan sayuran membantu kamu untuk mengontrol tekanan darah, termasuk mengonsumsi buah melon. Buah melon memiliki kandungan sodium dan potasium yang rendah, sehingga dapat membantu kamu untuk mengontrol tekanan darah yang sehat.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang
kesehatan tulang

Buah melon memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, seperti vitamin K, folat, dan magnesium. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi buah melon sebagai makanan penutup makan siang kamu.

Baca juga: Alasan Buah Melon Baik untuk Menu MPASI Bayi

  1. Menjaga Kesehatan Kulit
kesehatan kulit

Kandungan air pada buah melon dapat membantu kamu tetap terhidrasi. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, kondisi ini bisa membuat kesehatan kulit tetap optimal. Selain itu, buah melon memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
kesehatan pencernaan

Selain air, kandungan serat dalam buah melon juga terbilang tinggi. Serat memiliki manfaat baik untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan pencernaan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata
menjaga kesehatan mata

Buah melon memiliki banyak kandungan antioksidan di dalamnya, seperti lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan antioksidan ini dapat menjaga mata tetap sehat dan menghindari mata dari berbagai gangguan kesehatan.

Baca juga: Waspadai Buah Juga Bisa Bikin Gemuk

Itulah manfaat melon yang perlu kamu ketahui. Cobalah untuk mengonsumsi buah melon agar kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh terpenuhi dengan baik.

Selain itu, kamu bisa menggunakan suplemen multivitamin agar kebutuhan vitamin terpenuhi dengan baik. Tidak perlu repot, kamu bisa beli suplemen vitamin melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Surprising Benefits of Honeydew Melon.
Nourish by WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Honeydew.
Very Well Fit. Diakses pada 2021. Honeydew Melon Nutrition Facts and Health Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan