• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sehat Sebelum Vaksin Corona, Konsumsi Buah dan Sayuran
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sehat Sebelum Vaksin Corona, Konsumsi Buah dan Sayuran

Sehat Sebelum Vaksin Corona, Konsumsi Buah dan Sayuran

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 Februari 2021
Sehat Sebelum Vaksin Corona, Konsumsi Buah dan SayuranSehat Sebelum Vaksin Corona, Konsumsi Buah dan Sayuran

Halodoc, Jakarta - Menjaga tubuh tetap sehat di tengah pandemi menjadi kewajiban bagi setiap orang. Hingga tiba waktunya mendapatkan suntikan vaksin corona, tubuh harus tetap fit dan sehat sehingga vaksin pun dapat diberikan tepat pada waktunya. Katanya, salah satu caranya hanya cukup dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Benarkah demikian?

Sayuran dan buah memang mengandung banyak vitamin yang sangat berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Perlu diketahui bahwa imunitas tubuh yang sehat menjadi aspek penting menjelang vaksin dilakukan. Vitamin dalam bentuk suplemen memang bisa menjadi alternatif, tetapi tetap disarankan untuk mengonsumsi yang alami karena kandungan nutrisinya yang lebih lengkap. 

Membuat Tubuh Lebih Bugar

Pakar mengatakan bahwa sayuran dan buah dapat membantu tubuh menjadi lebih bugar. Konsumsi rutin keduanya bisa membantu mengurangi salah satu efek samping vaksin yang memang sangat umum terjadi, yaitu tubuh yang terasa pegal

Baca juga: Resmi Digunakan, Ini Fakta Terbaru tentang Vaksin Corona

Tidak hanya mengonsumsi buah dan sayuran, kamu juga perlu mendapatkan istirahat cukup. Bukan tanpa alasan, cukup istirahat akan membuat tubuh terasa lebih sehat dan siap untuk mendapatkan suntikan vaksin. Kamu pun perlu tahu bahwa vaksin akan ditunda pemberiannya apabila tubuh sedang dalam keadaan yang kurang sehat. 

Bagaimana mengetahui tubuh dalam kondisi sehat sehingga siap diberikan suntikan vaksin? Sebelum vaksin diberikan, terlebih dahulu petugas medis akan melakukan screening kesehatan calon penerima vaksin. Jika tubuh dinyatakan kurang sehat, pemberian vaksin sudah pasti akan ditunda. 

Menghindari Stres

Persiapan vaksin corona yang tidak kalah penting adalah menghindari stres. Calon penerima vaksin juga disarankan untuk tidak ketika akan disuntik vaksin corona. Pasalnya, beberapa penerima vaksin mengaku mengalami ketakutan sesaat sebelum disuntik vaksin, seperti tangan menjadi sangat dingin atau bahkan pingsan

Baca juga: Sebelum Vaksinasi COVID-19, Ketahui 6 Hal Ini

Sebenarnya, kondisi tersebut terjadi bukan karena vaksin yang diberikan atau efek sampingnya, melainkan ketakutan orang-orang terhadap vaksin. Terlebih, vaksin corona ini terbilang vaksin baru, efikasinya pun masih sebesar 65 persen. Akibatnya, akan terjadi dampak tersebut karena penerima vaksin yang masih belum siap. 

Padahal, sampai saat ini, belum ditemukan adanya efek samping atau keluhan dari para penerima vaksin yang telah disuntik, termasuk ribuan tenaga medis yang menjadi garda penerima yang paling depan. Jadi, bisa disimpulkan, hingga kini vaksin corona yang digunakan di Indonesia masih terbukti aman. 

Memang, tahun ini pemerintah menargetkan pemberian vaksin corona pada sebanyak 7,9 juta jiwa masyarakat Indonesia. Tujuannya adalah agar terbentuk herd immunity atau kekebalan komunitas. Pelaksanaannya masih terus dilakukan secara bertahap. 

Baca juga: Ketahui 5 Efek Samping Vaksin Corona

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Jadi, jangan takut untuk mendapatkan vaksin, ya! Infeksi virus corona semakin hari kian meningkat jumlahnya, dan pemerintah terus berupaya untuk menekan angka positif serta penularannya. Selain vaksin, protokol kesehatan pun semakin digalakkan, bahkan terdapat sanksi bagi siapa saja yang melanggar. Tetap ingat, meski kamu telah mendapatkan suntikan vaksin corona, kamu tetap harus memakai masker dan menjalankan protokol kesehatan, lho!

Pasalnya, tidak semua lapisan masyarakat bisa mendapatkan vaksin, seperti bayi dan ibu hamil karena masih belum ada studi yang membuktikan bahwa keduanya aman untuk diberi vaksin. Jadi, dengan tetap memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan (prokes), kamu telah turut melindungi orang-orang yang tidak bisa divaksin. 

Jika kamu punya pertanyaan seputar vaksin corona, jangan ragu untuk mengakses aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter dengan memilih menu chat dengan dokter. Jadi, kamu tidak lagi ragu untuk melakukan vaksin. 

Referensi:
CNN Indonesia. Diakses pada 2021. Kiat Sebelum Disuntik Vaksin Corona: Makan Sayur dan Buah.