• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 5 Penyebab Sering Pingsan Tiba-Tiba

Inilah 5 Penyebab Sering Pingsan Tiba-Tiba

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu mengalami atau melihat orang di sekitarmu yang hilang kesadaran secara tiba-tiba? Saat kehilangan kesadaran, bukan tidak mungkin hal yang berbahaya dapat terjadi terutama ketika sedang beraktivitas. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab seseorang yang pingsan tiba-tiba agar dapat mencegah dampak berbahaya terjadi.

Pingsan terjadi ketika seseorang kehilangan kesadaran karena otak kekurangan oksigen. Gangguan yang disebut juga dengan 'sinkop' ini dapat terjadi dalam hitungan detik hingga menit. Meski begitu, seseorang yang kerap pingsan secara tiba-tiba dapat menjadi pertanda terjadinya penyakit berbahaya yang menyerang. Berikut beberapa penyebab seseorang mengalami pingsan secara tiba-tiba!

Baca juga: Ini Alasan Orang Bisa Pingsan Karena Denyut Jantung Menurun

Penyebab Seseorang Sering Pingsan Tiba-Tiba

Pingsan yang terjadi bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala atau kondisi yang dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran. Kondisi ini umumnya terjadi secara tiba-tiba, sehingga tidak dapat diperkirakan untuk terjadi. Selain itu, gangguan ini juga dapat terjadi pada siapa pun tanpa melihat usia. Namun, bagaimana jika pingsan telah terjadi terlalu sering?

Seseorang yang terlalu sering pingsan secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh beberapa gangguan yang berbahaya. Walau begitu, umumnya terjadi kelainan pada otak yang kekurangan oksigen dan glukosa yang sangat dibutuhkan. Hal tersebut juga dapat terjadi karena darah yang tidak mencapai otak atau sedikitnya kandungan oksigen pada darah. Berikut adalah beberapa penyebab sering pingsan secara tiba-tiba:

  1. Gangguan Saraf Vagus

Penyebab seseorang sering pingsan secara tiba-tiba yang pertama dan paling umum adalah mengalami gangguan pada saraf vagus. Kelainan pada otak ini terjadi karena terganggunya keseimbangan antara zat kimia adrenalin dengan asetilkolin. Adrenalin dapat merangsang jantung bergerak lebih cepat, sedangkan asetilkolin sebaliknya. Ketika asetilkolin diproduksi lebih banyak, penurunan aliran darah ke otak terjadi, sehingga menyebabkan hilang kesadaran atau pingsan secara tiba-tiba.

Baca juga: Ini yang Terjadi Saat Tubuh Pingsan

  1. Tekanan Darah Berubah Tiba-Tiba

Seseorang yang kerap mengalami tekanan darah rendah juga dapat memiliki risiko pingsan secara tiba-tiba lebih sering. Pembuluh darah harus menahan efek gravitasi ketika seseorang mengubah posisi tubuh. Seseorang yang mengubah posisi tubuh dari berbaring ke berdiri, sistem sarafnya menjadi tidak terkendali dan berusaha secepat mungkin memompa darah ke otak. Pada orang yang telah berumur, pembuluh darahnya tidak sekuat dulu dan risiko untuk mengalami pingsan secara tiba-tiba meningkat.

Seseorang yang pingsan secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh beberapa hal yang berbahaya. Maka dari itu, untuk mengetahui lebih jauh tentang penyebab pingsan secara tiba-tiba, dokter dari Halodoc siap membantu. Kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang sering digunakan!

  1. Anemia

Penyebab seseorang pingsan secara tiba-tiba lainnya adalah mengidap anemia atau kekurangan darah. Saat tubuh mengalami kekurangan darah, suplai darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke otak akan berkurang. Akhirnya, aktivitas otak dapat terganggu dan membuat pengidapnya dapat pingsan secara tiba-tiba. Maka dari itu, jika kamu mengidap anemia, ada baiknya selalu memastikan darah di dalam tubuh tetap tercukupi.

  1. Dehidrasi

Seseorang yang tubuhnya kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi mempunyai kemungkinan untuk pingsan. Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi, seperti muntah, diare, diabetes, dan lainnya. Berkurangnya asupan cairan pada tubuh akan menimbulkan reaksi pada saraf vagus. Sama seperti gangguan di awal, hal ini dapat menyebabkan kebutuhan darah di otak menurun.

Baca juga: Ini Alasan Seseorang Bisa Pingsan Mendadak

  1. Syok

Syok juga dapat membuat seseorang mengalami pingsan secara tiba-tiba. Beberapa kondisi yang menyebabkan hal tersebut, seperti perdarahan, reaksi alergi, hingga infeksi yang parah. Kondisi ini dapat membuat tekanan darah pada tubuh menurun secara drastis, sehingga suplai darah ke otak menurun. Sebelum pingsan, beberapa orang mungkin saja mengalami linglung atau kebingungan.

Setelah mengetahui beberapa hal yang dapat menjadi penyebab seseorang pingsan secara tiba-tiba. Diharapkan kamu lebih menjaga tubuh untuk tetap sehat agar hal tersebut dapat dihindari. Pasti semua orang tidak ingin pingsan, terutama ketika melakukan hal-hal yang membutuhkan konsentrasi, seperti menyetir.

 

Referensi:
MedicineNet. Diakses pada 2020. Fainting (Syncope) Symptoms, Causes, Treatment, and Prevention
Web MD. Diakses pada 2020. Understanding Fainting -- the Basics