Selain Rokok, Ini 5 Manfaat Tembakau yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Oktober 2022

“Tembakau nyatanya menyimpan banyak manfaat jika digunakan sebagai tanaman herbal. Manfaat tembakau juga banyak digunakan dalam dunia medis dan aspek kehidupan lainnya. ”

Selain Rokok, Ini 5 Manfaat Tembakau yang Jarang DiketahuiSelain Rokok, Ini 5 Manfaat Tembakau yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Tembakau merupakan tanaman non-pangan yang banyak digunakan sebagai bahan baku rokok. Karena hal ini, banyak orang yang menganggap tembakau merupakan sesuatu yang negatif dan membahayakan bagi kesehatan. Padahal, tembakau nyatanya menyimpan banyak manfaat jika digunakan sebagai tanaman herbal.

Sebagai rokok, tembakau memang menjadi penyebab banyak kematian dibanding tanaman herbal lainnya. Di balik semua itu, tembakau sebenarnya memiliki peran penting dalam kesehatan manusia atau secara lingkungan dan aspek kehidupan lain. Bahkan, tumbuhan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan sejak dahulu.

Manfaat Tembakau Selain untuk Rokok

Umumnya, tembakau mengandung tar, nikotin, gas CO, dan NO. Hampir setiap bagian tembakau kecuali bijinya, mengandung nikotin dengan jumlah yang bervariasi tergantung pada spesies tanaman, jenis tanah tempat tumbuhnya, dan iklim tempat tembakau ditanam. Jika dilihat dari kandungannya, tembakau tidak tampak menunjukkan manfaat positif untuk kesehatan. 

Akan tetapi, tumbuhan ini sebenarnya memiliki kegunaan pada kesehatan, dunia medis, dan aspek kehidupan lain. Untuk mengetahui lebih jelas, simak pembahasan tentang manfaat tembakau berikut ini.

1. Potensinya Sebagai Obat Herbal

Para ahli medis telah banyak bereksperimen dengan tembakau sebagai obat herbal. Tembakau dikatakan mampu mengobati berbagai penyakit, seperti nyeri, sembelit, asam urat, kejang-kejang, keracunan dari gigitan reptil dan serangga berbisa. Bahkan tembakau bisa bertindak sebagai stimulan pernapasan.

Nikotin sebagai bahan utama dalam tembakau, telah terbukti menjadi obat yang efektif untuk menyembuhkan beberapa masalah kesehatan. Namun, pada akhirnya, para ahli medis menghapus tembakau sebagai obat karena penggunaan tembakau lebih banyak merugikan daripada menguntungkan.

2. Meredakan Alergi

Manfaat tembakau lainnya yaitu dapat meredakan alergi. Tapal daun tembakau dapat dioleskan ke kulit untuk membantu mengurangi rasa gatal dan nyeri ringan. Nikotin tembakau bertugas mengeluarkan alergen pada kulit dan mengembalikan kulit ke fungsi normal.

3. Mempercepat Produksi Vaksin

Dalam proses pembuatan vaksin, penggunaan tembakau akan menjadi semakin meluas. Tembakau mengandung antigen yang sebanding dengan virus influenza, menjadikannya sebagai vaksin yang potensial. Jika dibandingkan dengan virus influenza asli yang membutuhkan waktu satu bulan untuk memproduksi vaksin, cara pembuatan vaksin menggunakan antigen dari tembakau akan lebih cepat.

4. Sebagai Sumber Protein Nabati

Ahli agronomi dan ilmuwan sepakat bahwa tembakau jenis Tabacum nicotiana dapat dijadikan sumber protein nabati yang tinggi. Tembakau dapat dengan mudah diproses untuk membuat protein yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan manusia, pakan ternak, insektisida, dan bahan kosmetik.

Tembakau juga dapat ditanam dan dikembangkan lebih mudah dari kedelai atau jagung. Alhasil, jumlah sumber protein nabati akan semakin mudah didapat sehingga akan memenuhi potensinya sebagai sumber protein.

5. Dapat Dimanfaatkan untuk Proses Fitoremediasi

Fitoremediasi merupakan upaya menggunakan tanaman dan bahan terkait untuk membersihkan sampah dan masalah pencemaran lingkungan. Dengan cara ini,  tanah, udara, dan air yang rusak secara kimiawi dapat dibersihkan dan ekosistem yang terkontaminasi dapat diperbaiki menggunakan tanaman.

Tembakau dianggap sebagai salah satu tanaman yang sempurna untuk fitoremediasi, karena kandungan logam berat yang tinggi di pucuk daunnya, produksi biomassa yang tinggi, serta pertumbuhannya yang cepat.

Itulah pembahasan seputar manfaat tembakau selain untuk rokok. Jika kamu ingin berkonsultasi ke dokter terkait masalah kesehatan, kamu bisa menghubunginya melalui Halodoc. Bila dokter meresepkan obat, cek kebutuhan medis di Halodoc. Tunggu apa lagi, segera download Halodoc sekarang! 

Referensi:
Frontiers. Diakses pada 2022. Medicinal Uses of Tobacco.
NCBI. Diakses pada 2022. Medicinal Uses of Tobacco in History.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan