Selain Suka Berbohong, Ini Ciri-Ciri Psikopat Lainnya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 November 2022

“Suka berbohong bukanlah satu-satunya ciri-ciri psikopat. Ada juga ciri lainnya seperti manipulatif, tidak memiliki rasa penyesalan, hingga hidup bagai parasit.”

Selain Suka Berbohong, Ini Ciri-Ciri Psikopat LainnyaSelain Suka Berbohong, Ini Ciri-Ciri Psikopat Lainnya

Halodoc, Jakarta – Istilah psikopat digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang tidak memiliki perasaan, emosional, dan bisa dibilang tidak bermoral. Meskipun psikopat bukan diagnosis kesehatan mental secara resmi, tapi sering digunakan dalam aturan klinis dan hukum.

Kebanyakan ciri-ciri psikopat tumpang tindih dengan gejala gangguan kepribadian antisosial, kondisi kesehatan mental yang lebih luas yang digunakan untuk menggambarkan orang yang suka melanggar aturan. Salah satu ciri-ciri psikopat yang paling umum adalah suka berbohong. Lantas, apa lagi ciri-ciri psikopat lainnya yang perlu diketahui?

Ciri-Ciri Psikopat yang Perlu Diwaspadai

Ciri-ciri psikopat mungkin mulai muncul selama masa kanak-kanak dan bertambah buruk seiring bertambahnya usia. Berikut ini beberapa ciri-ciri psikopat yang umumnya dimiliki oleh pengidapnya:

1. Memiliki pesona superfisial

Maksudnya adalah psikopat sering tampak menyenangkan di permukaan. Mereka biasanya pembicara yang baik, dan berbagi cerita dengannya bisa terasa menyenangkan. Bahkan, banyak yang tidak menyangka bahwa lucu dan karismatik bisa menjadi ciri-ciri psikopat.

2. Memiliki pesona superfisial

Seorang yang psikopat berbohong agar terlihat baik dan keluar dari masalah. Mereka juga berbohong untuk menutupi kebohongan mereka sebelumnya. Jadi, terkadang mereka kesulitan untuk menjaga ceritanya tetap lurus, karena mereka lupa tentang apa yang sudah dikatakan. Jika ditantang oleh siapa pun, seorang psikopat hanya akan mengubah cerita mereka lagi atau mengolah fakta agar sesuai dengan situasi.

3. Manipulatif

Ciri-ciri psikopat berikutnya yaitu manipulatif. Psikopat sangat pandai membuat orang lain melakukan apa yang mereka inginkan. Mereka mungkin mempermainkan kesalahan seseorang, sambil berbohong agar orang lain melakukan pekerjaan yang seorang psikopat harapkan.

4. Tidak memiliki rasa penyesalan

Seorang psikopat tidak peduli bagaimana perilaku mereka memengaruhi orang lain. Mereka mungkin melupakan sesuatu yang menyakiti seseorang, atau ia bersikeras bahwa orang lain bereaksi terlalu berlebihan ketika perasaannya terluka. 

Pada dasarnya, seorang psikopat tidak memiliki rasa bersalah atau menyesal telah menyebabkan orang sakit. Bahkan, mereka sering merasionalisasi perilakunya dan justru menyalahkan orang lain.

5. Kurang punya empati

Ini termasuk ciri-ciri psikopat selanjutnya. Seorang psikopat tidak dapat memahami bagaimana perasaan orang lain, apakah takut, sedih, atau cemas. Sebab, perasaan seperti itu tidak masuk akal baginya, karena mereka tidak memiliki empati. Bahkan, seorang psikopat sama sekali tidak peduli dengan orang yang menderita, meskipun itu teman dekat atau anggota keluarganya. 

6. Hidup bagai parasit

Seseorang yang psikopat membuat cerita sedih tentang mengapa ia tidak memiliki penghasilan, atau ia sering melaporkan bahwa menjadi korban kejahatan orang lain. Kemudian mereka memanfaatkan kebaikan orang lain dengan bergantung secara finansial. Seorang psikopat juga memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan apa pun tanpa mempedulikan bagaimana perasaan orang lain.

7. Impulsif

Ciri-ciri psikopat yang terakhir yaitu impulsif. Seorang psikopat menanggapi sesuatu sesuai dengan apa yang mereka rasakan. Mereka tidak memikirkan potensi risiko dan manfaat dari pilihannya. Sebaliknya, seorang psikopat hanya menginginkan kepuasan segera. Jadi, mereka mungkin akan berhenti dari pekerjaan, mengakhiri sebuah hubungan, pidan ke kota baru secara tiba-tiba.

Itulah ciri-ciri psikopat yang perlu diwaspadai. Jika kamu mengenal seseorang dengan ciri-ciri psikopat dan merugikan kehidupanmu, sebaiknya segera cari bantuan. 

Kamu juga bisa bertanya pada psikolog di Halodoc tentang cara menghadapi atau mengatasi hubungan dengan orang yang psikopat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is a Psychopath?
Very Well Mind. Diakses pada 2022. What Is a Psychopath?
Psychology Today. Diakses pada 2022. 7 Characteristics of the Modern Psychopath

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan