• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Wortel, Ini Sayuran untuk Mata Sehat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Wortel, Ini Sayuran untuk Mata Sehat

Selain Wortel, Ini Sayuran untuk Mata Sehat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 12 Oktober 2020
Selain Wortel, Ini Sayuran untuk Mata Sehat

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit orang yang percaya bahwa penglihatan yang buruk adalah akibat dari penuaan atau mata yang bekerja terlalu keras. Padahal, pola hidup sehat bisa mengurangi risiko gangguan kesehatan mata secara signifikan. The Age-Related Eye Disease Study (AREDS), yang diterbitkan pada 2001, menemukan bahwa nutrisi tertentu seperti seng, tembaga, vitamin C, vitamin E, dan beta karoten terbukti mampu mengurangi risiko penurunan kesehatan mata terkait usia sebesar 25 persen.

Semua nutrisi ini pun nyatanya tidak hanya bisa didapatkan dari wortel saja. Ada beberapa sayuran dan bahan makanan lain yang terbukti ilmiah dapat meningkatkan kesehatan mata secara signifikan. Apa saja jenisnya? Berikut ulasannya! 

Baca juga: 7 Cara Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Mata

Jenis Sayuran untuk Mata Sehat

Beberapa jenis sayuran yang bisa kamu konsumsi lebih sering untuk membantu menjaga kesehatan mata antara lain: 

Kacang Almond

Meski kacang almond bukan tergolong sayuran, ia adalah makanan nabati yang sehat untuk mata. Kacang almond mengandung vitamin E yang akan melindungi tubuh dari molekul tidak stabil yang menargetkan jaringan sehat. Mengkonsumsi vitamin E dalam jumlah teratur dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia serta katarak. 

Kamu harus mengonsumsi minimal sekitar 22 unit internasional (IU), atau 15 miligram vitamin E sehari. Satu porsi almond mengandung sekitar 23 kacang, atau ¼ cangkir, dan memiliki 11 IU. Kacang-kacangan dan biji-bijian lain yang mengandung vitamin E termasuk biji bunga matahari, hazelnut, dan kacang tanah.

Kamu juga bisa bisa menikmati almond sebagai camilan kapan saja. Kacang almond adalah makanan yang enak untuk dicampur dengan sereal sarapan, yoghurt, atau salad. Ingatlah untuk selalu memperhatikan ukuran porsi. Pasalnya kacang almond tinggi kalori, jadi cobalah untuk membatasi asupan kacang almond menjadi satu hingga dua porsi sehari.

Kale

Kale dikenal sebagai superfood karena mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan mineral penting. Sayuran ini sangat baik untuk kesehatan mata karena di dalamnya terdapat antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang juga ditemukan dalam telur dan makanan lainnya. Nutrisi ini dapat membantu mencegah kondisi mata yang serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. 

Lutein dan zeaxanthin tidak dibuat di dalam tubuh, jadi kamu harus memasukkannya ke dalam makanan. Satu porsi 100 gram kale, yaitu sekitar 1 ½ cangkir, mengandung 11,4 miligram lutein, dan kamu disarankan untuk mengonsumsi 10 miligram per hari. Sayuran lain yang tinggi lutein adalah paprika merah dan bayam.

Kale juga bisa dibuat menjadi keripik camilan. Cuci daunnya terlebih dahulu, lalu robek menjadi potongan-potongan kecil. Masukkan ke dalam minyak zaitun, dan panggang sekitar 20 menit, sampai kale menjadi renyah. Kamu bisa membumbui mereka dengan sedikit taburan garam. Kamu juga bisa menumis kale sebagai lauk atau menyajikannya dalam salad.

Baca juga: Bagaimana Vitamin Memengaruhi Kesehatan Mata?

Pola Makan Sehat untuk Bantu Merawat Mata

Pola makan yang sehat sangat penting untuk kesehatan mata. Menjaga pola makan yang tinggi antioksidan akan mencegah perkembangan kondisi mata yang serius dan memastikan mata bekerja sebaik mungkin. Cobalah makan berbagai makanan utuh yang tidak diolah setiap hari. 

Penting juga merawat mata secara teratur untuk menjaga kesehatan mata. Makan makanan yang menyehatkan mata bukanlah satu-satunya cara untuk melindungi mata. Ada beberapa cara lain untuk menjaga kesehatan mata, antara lain: 

  • Mengunjungi dokter mata setiap satu hingga dua tahun.
  • Memakai kacamata hitam saat berada di luar ruangan.
  • Berhenti merokok.
  • Menjaga berat badan yang sehat.
  • Memakai alat pelindung mata saat melakukan olahraga, hobi, proyek rumah, atau aktivitas terkait pekerjaan
  • Menjaga kadar gula darah.

Baca juga: Usia 40 Tahun, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata

Jika kamu mengalami masalah pada penglihatan, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Dokter akan selalu siaga memberikan saran kesehatan yang dibutuhkan untuk mengatasi semua keluhan kesehatan yang kamu alami.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Best Foods for Eyes.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Top 10 Foods for Healthy Eyes.