Serba-serbi Tes Kepribadian dalam Dunia Psikologi

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 November 2023

“Tes kepribadian atau tes personality memiliki banyak manfaat, yaitu menguji kecocokan kepribadian calon karyawan dengan pekerjaan, mendiagnosis kondisi mental, dan pengembangan diri. Ada banyak jenisnya, mulai dari MBTI, DISC, hingga HEXACO.”

Serba-serbi Tes Kepribadian dalam Dunia PsikologiSerba-serbi Tes Kepribadian dalam Dunia Psikologi

DAFTAR ISI

1. Apa Itu Tes Personality?

2. Berbagai Jenis Tes Kepribadian


Halodoc, Jakarta – Tes personality adalah salah satu alat untuk menilai kepribadian seseorang, termasuk bisa mendeteksi gangguan kepribadian. Pengujian dan penilaian ini menggunakan teknik yang para ahli rancang untuk mengukur pola karakteristik dan sifat yang seseorang tunjukan di berbagai situasi.

Banyak perusahaan yang melakukan tes ini untuk mengetahui karakter calon karyawannya tersebut. Namun, dalam dunia psikologi, tes kepribadian penting untuk mengklarifikasi diagnosis klinis dan membantu menentukan intervensi terapi apa yang sesuai untuk pengidap, serta untuk pengembangan pribadi seseorang. 

Ada banyak jenis tes personality di dunia psikologi. Yuk, ketahui di sini!

Apa Itu Tes Personality?

Tes personality adalah alat yang banyak orang gunakan untuk memahami perilaku dan karakteristik manusia dengan lebih baik.

Mereka memberikan wawasan tentang preferensi, kekuatan, dan kelemahan seseorang, serta membantu pertumbuhan pribadi dan profesional.

Penilaian ini sengaja para ahli rancang untuk mengungkap sifat unik, pola perilaku, dan preferensi psikologis seseorang.

Tes-tes ini adalah alat yang bermanfaat untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik dan cara kerja batin mereka. Bentuk tes personality ada bermacam-macam, termasuk kuesioner dan kuis psikologis.

Berbagai Jenis Tes Kepribadian

Tes kepribadian biasanya berupa kuesioner. Tidak ada jawaban benar atau salah untuk setiap pertanyaan, karena tes tersebut memang bukan untuk menilai seseorang lulus atau gagal.

Alat penguji kepribadian tersebut tidak mengurutkan seseorang ke dalam satu kategori atau lainnya, melainkan menempatkannya pada rangkaian kontinum sifat tergantung pada bagaimana perbandingan mereka dengan orang lain.

Berikut beberapa beberapa tes penilaian kepribadian yang umum digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari studi psikologi hingga evaluasi karyawan:

1. Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)

Pemeriksaan ini memberikan seseorang ‘tipe’ psikologis yang mencakup empat dari delapan kemungkinan huruf, yaitu: ekstrovert (E) atau introvert (I), perasa (S) atau intuisi (N), berpikir (T) atau merasa (f), dan menilai atau judging (J) atau memahami (P).

Hasilnya digabungkan menjadi salah satu dari 16 jenis, seperti ENTJ atau ISFP. Tak sedikit perusahaan yang menggunakan MBTI dalam bisnis, seperti untuk evaluasi karyawan atau selama seminar.

Namun, Benarkah Tes MBTI Personality Akurat? Ini Faktanya.

2. DISC

Ini adalah kumpulan penilaian kepribadian yang menetapkan salah satu dari empat tipe individu, atau campuran dari tipe-tipe tersebut, yaitu Dominance (D), Influence (I), Steadiness (S), dan Conscientiousness (C).

Seperti MBTI, DISC juga kerap perusahaan gunakan dalam perekrutan karyawan untuk menilai kesesuaian kepribadian mereka terhadap pekerjaan.

Tes kepribadian ini juga bisa mendeteksi cara berkomunikasi, kepribadian, hingga tingkat stres.

3. HEXACO Personality Inventory

Tes ini untuk untuk menilai berbagai dimensi kepribadian seseorang dan bagaimana mereka menerapkan interpretasi teoritis mereka sendiri ke berbagai situasi.

HEXACO-PI mengukur enam dimensi kepribadian utama, yaitu kejujuran atau kerendahan hati, stabilitas emosional, ekstraversi, keramahan, kesadaran, dan keterbukaan terhadap pengalaman.

Dalam versi revisi, kamu bisa memilih dari tiga opsi panjang penilaian: lengkap (200 pertanyaan), versi setengah (100 pertanyaan) dan HEXACO 60 (60 pertanyaan).

4. Revised NEO Personality Inventory

Versi terbaru dari revisi NEO Personality Inventory diselesaikan pada tahun 2005. Tes kepribadian ini mengukur dan menguji lima sifat utama dalam model kepribadian lima faktor. 

Faktor tersebut antara lain neurotisisme (bisa menjaga emosi tetap terkendali), keterbukaan (kompleks, pemikir yang mendalam), keramahan (penyayang, berhati lembut), kesadaran (andal), dan ekstraversi (banyak berbicara), dengan masing-masing dari kelima sifat tersebut menurun ke subkategori lebih lanjut.

Misalnya, sifat neurotisme mencakup kerentanan terhadap stres, kecemasan, depresi, impulsif, dan kesadaran diri. Banyak sifat yang terukur melalui tes ini untuk urusan penyaringan pekerjaan.

5. Tes Rorschach

Alat ukur kepribadian seseorang ini menggunakan sepuluh titik tinta di atas kertas. Peserta tes kemudian harus melipat kertas tersebut untuk membuat desain simetris. 

Selain itu, mereka juga akan ditanya bentuk tinta tersebut menyerupai apa. Hal ini bertujuan menguji karakter secara kepribadian dan emosional, serta sikap juga motivasi.

6. Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) 

MMPI berguna terutama untuk menilai gejala penyakit mental dan sifat kepribadian maladaptif (ketidakmampuan untuk beradaptasi). 

Versi terbaru (MMPI-2-RF) mencakup skala yang terkait dengan agresi, penghindaran sosial, keraguan diri, dan masalah khusus lainnya, serta skala untuk faktor yang lebih luas dan menyeluruh.

Tes ini biasanya digunakan untuk penelitian dan aplikasi seperti perawatan kesehatan mental, evaluasi forensik, dan penilaian calon karyawan untuk pekerjaan keselamatan publik.

7. Wawancara Klinis

Selain keenam tes di atas, psikolog maupun psikiater juga bisa melakukan wawancara klinis, terutama jika ingin mendeteksi gangguan kepribadian. Pasalnya, tak sedikit Gangguan Kepribadian yang Sulit Terdeteksi.

Wawancara langsung dengan seorang profesional kesehatan mental sering menjadi alat yang sangat penting dalam mendeteksi gangguan kepribadian. 

Lewat wawancara ini, psikolog maupun psikiater bisa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang perilaku dan pengalaman individu. Dengan begitu, gangguan kepribadian bisa lebih mudah terdeteksi. 

Itulah serba serbi tes kepribadian dalam dunia psikologi yang perlu kamu ketahui. Bila kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai hal ini, coba tanya dokter atau psikolog di Halodoc.✔️ 

Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat dan minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja dengan biaya yang terjangkau.

Nah, jika kamu tertarik untuk mendalami berbagai isu kesehatan mental, kamu bisa cek di sini: Jelajahi Topik Konseling Umum.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2023. Personality Tests.
Indeed. Diakses pada 2023. 8 Personality Tests Used in Psychology (And by Employers).
Lumen Learning.Diakses pada 2023.Assessing Personality.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan