• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sering Diabaikan, 6 Hal Ini bisa Menjadi Tanda Tipes

Sering Diabaikan, 6 Hal Ini bisa Menjadi Tanda Tipes

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Sering Diabaikan, 6 Hal Ini bisa Menjadi Tanda Tipes

Halodoc, Jakarta – Penyakit tipes ditandai dengan beberapa gejala. Namun, tidak semua gejala yang muncul bisa langsung dikenali sebagai tanda penyakit ini. Gejala penyakit tipes mungkin saja mirip dengan penyakit tertentu, misalnya demam biasa atau DBD. Padahal, penyakit-penyakit tersebut memiliki penyebab dan cara pengobatan yang berbeda. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja gejala dan tanda penyakit tipes. 

Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Biasanya, hal ini terjadi akibat proses memasak yang kurang tepat serta kebersihan makanan yang tidak terjaga. Setelah masuk ke tubuh manusia, bakteri akan mulai memunculkan beragam gejala penyakit. Lantas, apa saja gejala yang bisa menjadi tanda penyakit tipes?

Baca juga: 5 Cara Merawat Diri Saat Tipes

Gejala Tipes yang Perlu Diketahui 

Tipes ditandai dengan beberapa gejala. Sayangnya, gejala penyakit ini seringkali tidak dikenali dan dianggap sebagai tanda penyakit lain. Ada beberapa gejala tipes yang sering diabaikan, di antaranya: 

1.Demam 

Demam sering menjadi tanda pertama dari beberapa jenis penyakit, termasuk tipes. Hal itulah yang menyebabkan demam kerap diabaikan dan jarang dikenali sebagai gejala penyakit tipes. 

2.Mual dan Muntah 

Tidak berbeda jauh dengan demam, mual dan muntah juga bisa menjadi tanda beberapa penyakit. Namun, kondisi ini ternyata juga bisa menjadi gejala penyakit tipes. 

3.Penurunan Nafsu Makan 

Penurunan nafsu makan bisa menjadi tanda penyakit tipes. Meski tidak selera makan, pastikan untuk tetap mendapat asupan makanan dan air putih yang cukup selama mengalami tipes. 

4.Batuk Kering

Batuk kering biasanya muncul sebagai gejala tipes pada minggu-minggu awal. Saat mengalami gejala ini, cobalah untuk banyak minum air putih untuk meredakan gejalanya. 

5.Warna Lidah 

Gejala tipes yang juga sering diabaikan adalah perubahan pada warna lidah. Penyakit ini menyebabkan pengidapnya mengalami perubahan warna lidah menjadi putih. 

Baca juga: Awas Kelelahan Bisa Jadi Tanda Gejala Tipes

6.Muncul Ruam 

Ruam di kulit identik dengan penyakit DBD. Namun, hal ini juga bisa menjadi tanda penyakit tipes. Untuk memastikannya, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. 

Kalau bingung atau butuh bantuan untuk mencari rumah sakit terdekat, kamu bisa coba gunakan aplikasi Halodoc. Atur lokasi dan temukan rumah sakit serta dokter sesuai kebutuhan hanya dengan satu aplikasi. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk membuat janji dengan dokter. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Selain mengetahui apa saja gejala tipes, penting juga untuk mengetahui perkembangan gejala penyakit ini. Umumnya, gejala tipes berkembang secara bertahap dalam waktu 1-2 minggu setelah bakteri menginfeksi. Pada minggu pertama, gejala tipes yang muncul adalah sakit kepala, batuk kering, serta tidak enak badan. Kemudian, gejala akan berkembang dan mulai diikuti dengan tanda tipes lainnya. 

Memasuki minggu kedua, mulai muncul gejala berupa demam tinggi yang memburuk pada sore atau malam hari, muncul ruam atau bintik merah, menggigil dan tubuh lemas, sakit perut, penurunan nafsu makan, nyeri otot, serta mual dan muntah. Tipes juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan atau diare. Memasuki minggu ketiga, gejala penyakit ini bisa memburuk hingga menyebabkan penurunan berat badan, diare, tubuh lemas, hingga penurunan kesadaran. 

Baca juga: Sudah Sembuh, Gejala Tipes Bisa Datang Lagi?

Memasuki minggu keempat, demam mulai mereda. Namun, penanganan medis tetap perlu dilakukan. Pada beberapa kasus, gejala tipes mungkin akan muncul kembali setelah demam reda, biasanya gejala kembali dalam 2 minggu. Orang yang sudah sembuh dari tipes biasanya menjadi pembawa bakteri atau carrier yang bisa menularkan bakteri penyebab tipes ke orang lain.

Referensi:
CDC. Diakses pada 2021. Typhoid Fever and Paratyphoid Fever. Symptoms and Treatment.
NHS UK. Diakses pada 2021. Typhoid Fever.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Typhoid Fever.
Healthline. Diakses pada 2021. Typhoid.
WebMD. Diakses pada 20201. Typhoid Fever.