Siapa Saja Orang yang Rentan Mengalami Varises?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Oktober 2020
Siapa Saja Orang yang Rentan Mengalami Varises?Siapa Saja Orang yang Rentan Mengalami Varises?

Halodoc, Jakarta – Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang biasanya terjadi di kaki. Kondisi tersebut bisa dialami oleh hampir semua orang dewasa, tapi ada orang-orang tertentu yang rentan mengalami varises. 

Varises adalah kondisi yang umum terjadi. Lebih dari 23 persen dari semua orang dewasa mengalami varises, dan sekitar 1 dari 4 orang dewasa di Amerika Serikat memiliki kondisi tersebut. Bagi banyak orang, varises mungkin hanya memengaruhi penampilan mereka. Namun, varises bisa menyebabkan rasa nyeri dan bisa menyebabkan masalah yang lebih serius. 

Baca juga: Adakah Bedanya Selulitis dan Varises?

Penyebab Varises

Varises terjadi akibat melemahnya atau rusaknya katup vena. Pembuluh vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Untuk mengembalikan darah ke jantung, pembuluh darah di kaki harus bekerja melawan gravitasi.

Di dalam pembuluh vena, ada katup kecil yang berfungsi sebagai pintu satu arah, agar darah yang sudah melewatinya, tidak dapat kembali lagi. Namun, melemahnya atau rusaknya katup tersebut menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut membengkak dan melebar.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Munculnya Varises

Orang-orang yang Berisiko Terkena Varises

Para ahli masih belum tahu pasti mengapa dinding pembuluh darah meregang atau mengapa katup pembuluh vena bisa rusak atau melemah. Pada banyak kasus, kondisi ini terjadi tanpa alasan yang jelas.

Namun, beberapa kelompok orang diketahui lebih rentan untuk terkena varises, antara lain:

  • Orangtua

Risiko varises meningkat seiring bertambahnya usia. Penuaan menyebabkan keausan pada katup di pembuluh darah yang membantu mengatur aliran darah. Akhirnya, keausan itu menyebabkan katup melemah, sehingga darah dapat mengalir kembali ke tempat pembuluh darah berkumpul, bukannya mengalir ke jantung. Itulah mengapa orang yang berusia 50 tahun ke atas rentan mengalami varises.

  • Wanita

Wanita lebih berisiko mengalami varises, karena perubahan hormonal selama kehamilan, pramenstruasi atau menopause merupakan faktor penyebab varises. Hal ini karena hormon wanita cenderung mengendurkan dinding vena.  

  • Wanita Hamil

Selain perubahan hormon, varises yang sering dialami oleh banyak wanita hamil juga disebabkan karena volume darah dalam tubuh meningkat selama kehamilan. Perubahan ini bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan janin, namun juga bisa menyebabkan efek samping, yaitu pembuluh darah yang membesar di kaki.

  • Orang yang Memiliki Riwayat Keluarga dengan Varises

Bila ada anggota keluarga yang mengalami varises, kemungkinan besar kamu juga akan mengalami kondisi tersebut.

  • Orang yang Obesitas

Seseorang yang mengalami obesitas atau memiliki kelebihan berat badan dapat memberi tekanan tambahan pada pembuluh darah kamu.


  • Orang dengan Pekerjaan Tertentu

Orang yang pekerjaannya mengharuskan ia untuk berdiri dalam waktu lama juga lebih rentan mengalami varises.

Cara Mencegah Varises

Bila kamu termasuk orang yang rentan mengalami varises, kamu dianjurkan untuk menghindari faktor risiko yang bisa dihindari serta meningkatkan aliran darah. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah varises:

  • Berolahraga secara rutin.
  • Menjaga berat badan tetap ideal.
  • Konsumsi makanan yang tinggi serat dan rendah garam.
  • Hindari mengenakan sepatu hak tinggi dan kaus kaki ketat.
  • Hindari berdiri terlalu lama.
  • Jangan duduk dengan menyilangkan kaki.
  • Duduk atau tidur dengan kaki sedikit diangkat di atas bantal.

Baca juga: Pentingnya Penanganan dan Pengobatan Varises yang Tepat

Kamu juga bisa bertanya pada dokter mengenai cara-cara mencegah atau menghilangkan varises melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Varicose veins.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What can I do about varicose veins?


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan