Siapa Saja yang Cocok Menjalani Diet Paleo? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Maret 2023

“Diet paleo merupakan pola makan mengurangi makanan olahan dan berfokus pada makanan utuh. Pola makan ini cocok untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan, pengidap darah tinggi dan diabetes, serta orang dengan riwayat penyakit jantung.”

Siapa Saja yang Cocok Menjalani Diet Paleo? Ini FaktanyaSiapa Saja yang Cocok Menjalani Diet Paleo? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Diet paleo adalah pola makan berdasarkan dari makanan yang dikonsumsi manusia pada saat era paleolitik, atau sekitar 2,5 juta hingga 10.000 tahun yang lalu. Singkatnya diet paleo adalah diet yang terinspirasi dari makanan di zaman purba. 

Pada diet paleo modern makanan yang dikonsumsi berupa sayur mayur, buah-buahan, daging tanpa lemak, kacang, biji-bijian dan lain sebagainya. Tertarik mencoba diet ini? Yuk, mari simak lebih lanjut mengenai diet paleo.

Apa Saja yang Dimakan dalam Diet Paleo?

Manusia pada zaman purba bertahan hidup dengan memakan berbagai sumber makanan yang tersedia di daerah mereka tinggal. Beberapa mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan tinggi makanan hewani. Sedangkan yang lain, mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat disertai dengan banyak sayuran.

Pada diet paleo, ada makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari. Jenis diet ini menganjurkan untuk memakan makanan utuh dan menghindari makanan olahan. Berikut sumber makanan diet paleo:

  • Daging, termasuk daging sapi, domba, ayam, kalkun, dan lainnya
  • Ikan dan makanan laut terutama yang kaya akan omega-3 seperti salmon, tuna, makarel (dianjurkan untuk memilih ikan yang masih segar)
  • Telur
  • Sayuran mayur seperti brokoli, kangkung, paprika, bawang bombay, wortel, tomat.
  • Buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, pir, alpukat, stroberi, bluberi, dan banyak lagi.
  • Umbi-umbian termasuk kentang, ubi jalar, dan lobak
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian contohnya almond, kenari, dan biji labu
  • Minyak zaitun, minyak alpukat, dan minyak kenari
  • Garam dan rempah-rempah

Sementara itu makanan yang harus dihindari adalah makanan yang sudah diproses atau makanan olahan. Contohnya seperti camilan, kue kering, segala jenis produk susu, dan makanan yang mengandung pemanis buatan.

Siapa Saja yang Cocok Melakukan Diet Paleo?

Diet paleo memiliki banyak manfaat, terutama pada beberapa kelompok di bawah ini:

1. Diet paleo untuk menurunkan berat badan

Diet paleo berfokus pada konsumsi makanan utuh. Artinya diet ini mengeliminasi makanan tertentu seperti makanan olahan, makanan ringan, camilan manis dan makanan berlemak tinggi. 

Makanan olahan cenderung menyebabkan kelebihan kalori, meningkatkan kadar kolesterol, dan dapat memicu tekanan darah tinggi. Dengan mengurangi makanan tersebut maka kadar kalori dalam tubuh akan menurun, sehingga berpengaruh juga pada penurunan berat badan. 

Selain itu makanan dalam diet paleo juga kaya akan protein yang membuat tubuh kenyang lebih lama, dan dapat mengelola tubuh dari mengidam makanan ringan.

2. Pengidap darah tinggi dan diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa diet paleo dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal ini disebabkan karena diet paleo mengurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula.

Bahkan, pola makan ini juga dapat membantu mengelola diabetes tipe-2 karena dapat meningkatkan toleransi glukosa dan meningkatkan sensitivitas insulin.

3. Orang dengan riwayat penyakit jantung

Sebuah tinjauan pada tahun 2019 menyimpulkan bahwa diet paleo kemungkinan memiliki efek menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Para peneliti menemukan bukti bahwa menghindari makanan olahan, produk susu, dan makanan yang mengandung gula tambahan, dapat memperbaiki faktor-faktor berikut:

  • Berat badan dan indeks massa tubuh.
  • Lingkar pinggang.
  • Persentase lemak tubuh.
  • Kadar kolesterol.
  • Tekanan darah.
  • Protein C-reaktif, yang merupakan penanda peradangan.

Nah, perbaikan hal-hal di ataslah yang dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung. Namun, perlu diingat juga bahwa makanan dalam diet paleo banyak mengandung daging dan protein. Agar tidak menimbulkan kolesterol, perhatikan konsumsi daging, pilihlah daging yang tidak mengandung lemak.

Selain manfaatnya, waspada juga dampak dari diet paleo, baca selengkapnya di laman berikut, “Ini Hal yang Perlu Diwaspadai saat Menjalani Diet Paleo”.

Walaupun diet paleo memiliki banyak manfaat tetapi ada pula efek samping dari diet ini. Efek samping tersebut seperti diare, kelelahan, dan sembelit.

Oleh karena itu, sebelum memulai diet paleo atau diet lainnya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter melalui Halodoc. Ayo download Halodoc untuk konsultasi kesehatan yang lebih mudah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. The Paleo Diet — A Beginner’s Guide Plus Meal Plan. 
Medical News Today. Diakses pada 2023. What is Paleo Diet
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Paleo Diet 101: What You Can and Can’t Eat. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan