• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Siapa Sajakah yang Perlu Vaksinasi Flu?

Siapa Sajakah yang Perlu Vaksinasi Flu?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Influenza adalah infeksi saluran pernapasan yang dapat menyebabkan komplikasi serius, terutama pada anak kecil, lansia, dan orang dengan kondisi medis tertentu. Oleh karena itu, vaksin flu yang diberikan akan melindungi kamu dari penyakit berbahaya ini.

Perlu dipahami bahwa influenza, atau flu, bukan sekadar flu biasa. Gejala-gejala yang muncul bisa lebih parah daripada gejala flu biasa. Mulai dari demam tinggi, panas dingin, badan terasa pegal, sakit tenggorokan, batuk, hingga kelelahan. Alhasil, jika kamu terserang influenza, kamu perlu beristirahat selama beberapa hari untuk memulihkan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Flu pun ternyata bisa menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahunnya flu menyebabkan 3 sampai dengan 5 juta kasus berat dan kematian hingga 650.000 orang.

Baca juga: Sering Tertukar, Inilah Bedanya Pilek dan Flu

Mereka yang Membutuhkan Vaksin Flu

Centers for Diseases Control and Prevention (CDC) merekomendasikan bahwa setiap orang yang berusia 6 bulan atau lebih mendapatkan vaksinasi flu setiap tahun untuk melawan influenza. Vaksin tahunan ini akan menawarkan perlindungan terhadap virus influenza. Vaksin flu sangat diperlukan untuk lansia 65 tahun ke atas, sehingga mereka juga terlindungi dari bahaya komplikasi flu. Sangat penting juga bagi kelompok orang tertentu untuk mendapatkan vaksinasi flu, seperti pengidap penyakit kronis (diabetes, asma, penyakit jantung, atau HIV), petugas kesehatan, wanita hamil, dan travelers serta jamaah yang akan menunaikan ibadah haji atau umroh.

Vaksinasi flu juga memiliki manfaat yang sangat penting karena dapat mengurangi risiko terkena penyakit flu. Bahkan dalam sebuah studi pada 2017, ditemukan bahwa vaksinasi flu dapat secara signifikan mengurangi risiko kematian anak akibat flu. Ini artinya, vaksin flu terbukti dapat menurunkan risiko kematian anak akibat serangan flu.

Baca juga: 5 Mitos Vaksin Flu yang Tidak Perlu Dipercaya

Namun, Ada juga Orang yang Tak Boleh Diberikan Vaksin Flu

Jika kamu ingin mendapatkan vaksin flu tetapi sedang sakit, tanyakan kepada dokter apakah kamu harus mendapatkan vaksin atau tidak. Jika kamu hanya mengalami flu ringan, dokter akan memastikan bahwa tindakan vaksin akan aman untuk dilakukan. Namun, kamu mungkin perlu menunda vaksin jika mengalami demam tinggi.

Ada juga beberapa orang yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin flu, termasuk:

●     Bayi di bawah 6 bulan.

●     Orang yang pernah mengalami reaksi parah terhadap vaksin flu di masa lalu.

●     Orang dengan riwayat sindrom Guillain-Barre (GBS), yaitu kelainan penyebab terjadinya kelemahan dan kelumpuhan.

Beberapa vaksin flu mengandung protein telur. Jika kamu alergi terhadap telur, telur dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah. Namun, beberapa orang yang alergi telur bisa mendapatkan vaksinasi flu dengan aman. Oleh karena itu, penting untuk mendiskusikannya dengan dokter jika hendak melakukan vaksinasi flu.

Baca juga: Intip 3 Cara Tepat Redakan Flu

Kini untuk mendapatkan vaksin flu juga lebih mudah, karena kamu bisa buat janji di rumah sakit untuk mendapatkan dosis vaksin flu dari Sanofi melalui aplikasi Halodoc. Caranya pun mudah dan tak banyak memakan waktu. Kamu hanya hanya perlu memilih menu Buat janji Rumah Sakit di aplikasi Halodoc dan kemudian pilih layanan Vaksin Dewasa atau Vaksin Anak.

Kamu bisa memilih lokasi di Rumah Sakit Mitra Keluarga yang paling dekat dari rumahmu dan memilih sendiri jadwal yang sesuai. Setelah itu, kamu akan diminta memasukkan beberapa detail informasi pribadi dan memilih metode pembayaran. Dalam beberapa saat, rumah sakit pun akan segera mengonfirmasi jadwal vaksinasi untuk kamu.

Biaya vaksin terasa mahal? Jangan khawatir, karena spesial untuk kamu, Sanofi memberikan potongan harga sebesar 50 ribu rupiah tanpa minimal transaksi. Kamu hanya perlu memasukkan kode voucher VAKSINFLU saat melakukan pembayaran. Mudah bukan? Yuk, segera jadwalkan vaksin flu melalui aplikasi Halodoc, sekarang!




Referensi:
Centers for Diseases Control and Prevention . Diakses pada 2020. Who Needs a Flu Vaccine and When.
Healthline. Diakses pada 2020. The Annual Flu Shot: Is It Necessary?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Flu Shot: Your Best Bet for Avoiding Influenza.
National Health Services UK. Diakses pada 2020. Who Should Have the Flu Vaccine?