• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip 3 Cara Tepat Redakan Flu

Intip 3 Cara Tepat Redakan Flu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini dapat memberikan dampak pada kesehatan seseorang, salah satunya adalah penyakit influenza. Penyakit influenza atau flu adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus pada bagian hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Baca juga: Musim Penghujan, Cegah Flu dengan 4 Makanan Ini

Banyak yang mengatakan penyakit flu sama dengan pilek, padahal kedua penyakit ini disebabkan oleh dua virus yang berbeda. Gejala flu akan berdampak lebih parah pada tubuh dan menyerang secara mendadak. Tidak ada salahnya ketahui gejala flu yang mungkin akan dialami oleh pengidap flu.

Cara Tepat untuk Hilangkan Penyakit Flu

Pengidap flu akan mengalami beberapa gejala, seperti demam, pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Tidak hanya itu, terkadang pengidap flu merasakan kondisi tubuh yang lemas dan menyebabkan menurunkan nafsu makan.

Gejala lainnya saat kamu mengalami penyakit flu, yaitu nyeri otot, mual, muntah, dan badan menggigil. Tidak ada salahnya mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit flu, seperti:

  1. Penuhi kebutuhan setiap harinya.
  2. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Makanan hangat juga baik dikonsumsi saat sedang flu.
  3. Rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan lingkungan agar penularan virus flu tidak menyebar.
  4. Penggunaan obat-obatan. Salah satu obat-obatan yang bisa dikonsumsi adalah Neozep Forte.

Neozep Forte dapat mengatasi penyakit flu, pelega hidung tersumbat, dan meringankan gejala flu yang dialami. Neozep Forte merupakan obat pereda flu dengan kandungan Phenylpropanolamine Hcl, Paracetamol, Salicylamide, Chlorpheniramine Maleate, dan Ascorbic Acid. Tidak hanya flu, Neozep Forte juga bisa digunakan untuk mengatasi sinus dan alergi. Tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan Neozep Forte, kamu bisa beli obat melalui aplikasi Halodoc untuk sampai ke tempat kamu.

Baca juga: Ini 4 Mitos Flu yang Masih Dipercaya Hingga Kini

Setelah makan, kamu bisa minum Neozep Forte sebanyak 1 tablet setiap 3-4 kali dalam sehari. Namun, kamu perlu perhatikan penggunaan Neozep Forte jika kamu mengalami beberapa kondisi alergi, seperti ruam, gatal, sakit tenggorokan, demam, pucat, dan arthralgia. Sebaiknya segera hentikan pemakaian dan segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk menjalani pemeriksaan agar kondisi ini dapat segera teratasi.

Ketahui Penyebab Flu yang Kamu Alami

Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang dapat alami penyakit flu? Penyakit flu disebabkan oleh virus flu yang mudah menular. Penularan terjadi melalui percikan air liur pengidap flu yang terpapar pada orang lain. Penularan juga dapat terjadi ketika orang yang sehat menyentuh beberapa barang yang terpapar air liur pengidap influenza.

Penyakit flu umum dialami oleh siapa saja, khususnya seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Tidak ada salahnya untuk mencegah penyakit flu dengan menjaga kebersihan diri dan meningkatkan daya tahan tubuh agar menjadi optimal. Penyakit flu juga dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi influenza. Pemberian vaksin ini umumnya diberikan pada bayi yang berusia 6 bulan, lalu diulang tiap tahun hingga mencapai usia 18 tahun.

Baca juga: Ketahui 6 Bahan Alami untuk Meredakan Flu

Sebaiknya waspada terhadap flu yang tidak diatasi dengan baik dapat sebabkan komplikasi kesehatan, seperti infeksi telinga, serangan asma, gangguan jantung, paru-paru basah, radang selaput otak atau penyebaran infeksi pada otak.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Influenza
Medical News Today. Diakses pada 2019. All You Need to Know About Flu