• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Stres Bisa Buat Uban Cepat Muncul, Benarkah?

Stres Bisa Buat Uban Cepat Muncul, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Muncul uban di rambut merupakan bagian alami dari penuaan. Namun, ada banyak pula bukti yang menunjukkan bahwa stres dapat mempercepat proses munculnya uban di rambut. Sebab saat kamu stres, sistem tubuh melepaskan neurotransmitter norepinefrin, yang membuat tubuh kamu bertindak. 

Diketahui bahwa norepinefrin merusak sel-sel induk melanosit, yang membantu regenerasi warna di dalam folikel rambut. Akibatnya, jika kamu sering stres, kamu dapat mengalami uban sebelum waktunya. Namun tetap saja, bahwa stres bukan satu-satunya faktor munculnya uban lebih dini.

Baca juga: Uban Muncul di Usia Muda, Tanda Apa?

Penyebab Munculnya Uban Rambut

Rambut uban disebabkan oleh hilangnya melanosit (sel pigmen) di folikel rambut. Ini terjadi seiring bertambahnya usia. Sayangnya, tidak ada pengobatan yang dapat mengembalikan sel-sel ini dan pigmen yang dihasilkan melanin. Faktor genetik juga turut menentukan kapan rambut beruban. Tidak ada cara yang dilakukan secara medis untuk mencegah hal ini terjadi saat jika penyebabnya ada pada genetik. 

Hanya saja itu tidak berarti faktor lingkungan, seperti stres, tidak berperan. Merokok, misalnya, adalah faktor risiko yang diketahui munculnya uban lebih awal. Jadi, sebaiknya hentikan kebiasaan ini jika kamu ingin mempertahankan warna hitam lebih lama. 

Faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap uban yang muncul lebih awal termasuk defisiensi protein, vitamin B-12, tembaga, dan zat besi serta penuaan karena akumulasi stres oksidatif. 

Stres disebabkan oleh ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh yang dapat merusak jaringan, protein, dan DNA. Selain itu, beberapa tingkat stres oksidatif adalah bagian alami dari kehidupan. 

Baca juga: Uban Tumbuh Sebelum Waktunya, Pertanda Apa?

Apakah Mengurangi Stres dapat Mencegah Uban?

Menemukan cara untuk menghilangkan stres dapat membuat keajaiban bagi seluruh tubuh, bukan hanya rambut. Pada dasarnya, stres memiliki dampak negatif pada kesehatan dan kulit secara umum. Stres terbukti mengganggu penyembuhan luka, meningkatkan jerawat, dan memperburuk kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis. 

Dengan mengurangi stres dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mungkin bahkan memperlambat munculnya uban. Tidak cukup untuk mengatakan ‘jangan stres’, karena ini merupakan sesuatu yang kebanyakan dari orang tidak dapat mengendalikan. Meski begitu, membantu tubuh mengurangi stres mungkin dapat membantu pencegahan. 

Selain itu, cara terbaik yang dapat dilakukan yaitu makan makanan yang kaya nutrisi dan berolahraga secara teratur untuk bersikap baik pada tubuh dan menurunkan tingkat stres alami tubuh. Perubahan yang dapat kamu lakukan untuk menunda uban datang lebih awal termasuk makan diet tinggi asam lemak omega-3 seperti kenari dan ikan berlemak, tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di sinar matahari yang merusak kulit dari sinar matahari, serta mengonsumsi vitamin B-12 dan B-6.

Jika muncul uban secara dini, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Pasalnya, faktor genetik bukan satu-satunya penyebab. 

Baca juga: 3 Tips Pilih Sampo Sesuai Jenis Rambut

Perawatan Alami dapat Dilakukan

Ada banyak pewarna rambut yang dijual dipasaran untuk menutupi uban, tetapi banyak di antaranya berkontribusi terhadap munculnya uban yang muncul lebih awal dan dapat menyebabkan reaksi alergi dan efek samping. Perawatan alami menawarkan alternatif untuk memperlambat pemutihan rambut tanpa merusak tubuh atau menyebabkan kerusakan pigmen rambut lebih lanjut.

Beberapa bahan alami yang dapat digunakan di antaranya:

  • Daun kari. Penggunaan obat daun kari sudah dilakukan berabad-abad. Ketika dikombinasikan dengan minyak rambut dan dioleskan ke kulit kepala, daun kari dapat memperlambat munculnya uban.

  • Teh hitam dapat membuat rambut lebih gelap, bersinar, dan lebih lembut. Ini dapat digunakan dengan merendam 3 hingga 5 kantor teh dalam 2 gelas air mendidih, mendinginkan, dan menambah rambut yang basah dan bersih. 

  • Tembaga. Tingkat tembaga yang rendah dapat menyebabkan uban muncul lebih awal, menurut sebuah studi 2012. Sumber makanan yang baik dari tembaga adalah hati sapi, lentil, almond, coklat hitam, dan asparagus.

Referensi:
Prevention. Diakses 2020 The Fascinating Reason Why Stress Turns Hair Gray Faster, According to Science.
Healthline. Diakses 2020. Scientists Think They Know How Stress Causes Gray Hair.