16 March 2018

3 Tips Pilih Sampo Sesuai Jenis Rambut

3 Tips Pilih Sampo Sesuai Jenis Rambut

Halodoc, Jakarta – Ada begitu banyak merk sampo yang menawarkan manfaat yang berbeda-beda tapi kenapa rasanya susah sekali menemukan sampo yang sesuai dengan jenis rambut kamu, ya? Bisa jadi, ini karena kamu terlalu termakan merk dan mengabikan kebutuhan rambut yang sebenarnya. Atau ketika rambut sudah beradaptasi dengan merk sampo tertentu kamu lantas menggantinya. Gagal deh dapat manfaatnya!

Supaya tidak salah lagi dan kamu dapat hasil yang maksimal untuk sampo kamu pilih, coba intip cara memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambutmu, ya. (Baca juga Hari Tidur Sedunia, Intip 5 Cara Tidur Nyenyak)

  1. Cek Jenis Rambut

Sama seperti kulit wajah, rambut juga memiliki tipikal yang berbeda-beda. Ada yang tipe rambut berminyak, kering, rambut normal dan kombinasi antara kering dan berminyak. Selain jenis rambut, ada juga gangguan yang biasa dialami seperti ketombe ataupun rambut rontok. Dengan mengetahui tipikal rambut, dari sini kamu bisa menentukan sampo yang seperti apa yang dibutuhkan.

  1. Jangan Lihat Brand

Hanya karena mahal dan punya nama belum tentu cocok dengan kulit kepala kamu. Untuk rambut kering, kamu butuh sampo dengan kandungan pelembab yang tinggi serta menggunakan conditioner  yang tinggi.

Kemudian untuk rambut kering, kamu harus lebih aware dengan kebiasaan dan aktivitas sehari-hari. Misalnya, kalau kamu hobi renang, klorin pada air kolam renang juga bisa mengurangi kelembaban rambut. Penggunaan hairdryer dan catokan rambut juga bisa memparah kondisi rambut keringmu.

Untuk rambut berminyak, kamu sudah memiliki produksi minyak yang bagus di kulit kepalamu sehingga tidak perlu sering-sering menggunakan conditioner yang semakin meningkatkan produksi minyak di kulit kepala. Pilih sampo yang mengandung antioksidan dan revitalisasi supaya rambut tidak kelihatan lepek dan bervolume.

Rambut berketombe memang kondisi yang menyebalkan, terutama kamu jadi tidak bisa mengenakan baju berwarna hitam karena takut bintik-bintik putih akan mewarnai bajumu. Karenanya yang paling efektif adalah sampo antiketombe dengan kandungan menthol supaya kulit kepala terasa segar dengan sensasi dingin. Teknik keramas untuk rambut berketombe juga berbeda, kamu perlu memfokuskan sampo pada kulit kepala dan tidak perlu terlalu kuat menggosok rambut. Diamkan beberapa menit sampai kandungan nutrisi menyerap sempurna baru bilas seperti biasa.

Rambut kombinasi adalah sebuah kondisi dimana tipikal rambut berminyak di bagian akar sedangkan bagian tengah dan ujungnya kering. Kamu butuh sampo dengan kandungan pelembab sekaligus pengontrol minyak berlebih di ujung akar. Saat mengeringkan rambut, jangan menggosok bagian tengah dan ujungnya terlalu keras, kalau bisa keringkan rambut dengan handuk berbahan katun atau sekadar diangin-anginkan saja.

  1. Jangan Sering Cuci Rambut

Terlalu sering mencuci rambut hanya akan menghilangkan nutrisi alami rambut. Waktu keramas yang ideal adalah tiga kali seminggu. Kalau kamu termasuk tipe orang yang rutin berolahraga dan tidak mau rambut terlihat lepek dan bau, bisa diatasi dengan membilas rambut dengan air lalu memberikan vitamin rambut ke akar dan helai-helai rambut.

Punya pertanyaan lain mengenai pemilihan jenis sampo ataupun nutrisi tepat untuk rambut? Tanyakan langsung saja ke Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store, melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih ngobrol lewat Video/Voice Call atau Chat. Yuk!