• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Suhu Dapat Pengaruhi Kesehatan Pemain di Piala Dunia Qatar
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Suhu Dapat Pengaruhi Kesehatan Pemain di Piala Dunia Qatar

Suhu Dapat Pengaruhi Kesehatan Pemain di Piala Dunia Qatar

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 November 2022

“Ada alasan tersendiri mengapa Piala Dunia Qatar 2022 dilangsungkan selama bulan November hingga Desember. Sebab, suhu diketahui dapat memengaruhi kesehatan pemain bola atau atlet olahraga lainnya.”

Suhu Dapat Pengaruhi Kesehatan Pemain di Piala Dunia QatarSuhu Dapat Pengaruhi Kesehatan Pemain di Piala Dunia Qatar

Halodoc, Jakarta – Pergelaran sepak bola akbar Piala Dunia 2022 kini resmi dimulai. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Piala Dunia 2022 berlangsung di musim dingin untuk menghindari panas terik selama bulan-bulan musim panas di negara Qatar. Biasanya gelaran Piala Dunia dilakukan pada bulan Juni dan Juli, tapi di bulan tersebut Qatar memiliki suhu rata-rata 37°Celsius. 

Nah, suhu tersebut dianggap tidak cocok untuk berlangsungnya pertandingan sepak bola. Pasalnya, suhu diketahui dapat memengaruhi kesehatan pemain di Piala Dunia Qatar 2022. Apa alasannya?

Perkiraan Suhu di Piala Dunia 2022

Dilansir dari salah satu media daring nasional, suhu rata-rata di Qatar selama setahun terakhir adalah 29 derajat Celsius. Temperatur tersebut dapat meningkat hingga 40 derajat Celsius dan bahkan lebih tinggi jika memasuki bulan-bulan musim panas. Prakiraan saat ini adalah temperatur akan berkisar antara 21 hingga 26 derajat Celsius saat Piala Dunia digelar sepanjang November hingga Desember. 

Setidaknya suhu tersebut tidak akan terlalu panas bagi para atlet yang berasal dari negara-negara subtropis. Berikut adalah suhu rata-rata, tertinggi, dan terendah Qatar selama bulan November sampai Desember: 

1. November

  • Suhu rata-rata di bulan November adalah 26 derajat Celsius (69,8°F.). 
  • Perkiraan suhu tertinggi adalah 30 derajat Celsius (86°F). 
  • Perkiraan suhu terendah adalah 22 derajat Celsius (71,6°F). 

2. Desember

  • Suhu rata-rata di bulan Desember adalah 21 derajat Celsius (78,8°F). 
  • Perkiraan suhu tertinggi adalah 25 derajat Celsius (77°F). 
  • Perkiraan suhu terendah adalah 17 derajat Celsius (62,6°F). 

Pengaruh Suhu Terhadap Kesehatan Pemain Bola

Secara alamiah, tubuh manusia akan mempertahankan suhu inti konstan yang biasanya berkisar antara 36,1 hingga 37,8 derajat Celcius. Ketika cuaca sedang ekstrem (terutama panas dan dingin) hal ini dapat memicu respons fisiologis yang dapat merusak kesehatan dan performa pemain. Sebagai contoh, pada cuaca yang sangat dingin, pemain dapat berisiko mengalami cedera hingga hipotermia hingga radang dingin saat tubuh mereka mengalami kehilangan panas yang berlebihan.

Di sisi lain, kondisi cuaca panas yang ekstrem, pemain dapat berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan akibat tekanan panas. Misalnya seperti kram panas, dehidrasi, kelelahan akibat panas, atau serangan panas. Selain itu, suhu inti yang tinggi juga menyebabkan pergeseran dalam produksi energi dari mekanisme aerobik ke anaerobik. Hal ini dapat membuat tubuh menghabiskan simpanan energi ototnya  menjadi lebih cepat.

Bagaimana cara pemain dan fans mengatasi cuaca di Qatar?

Demi mencegah risiko yang tidak diinginkan akibat suhu panas, Piala Dunia 2022 akan memiliki jeda ‘water break’ selama pertandingan. Khususnya ketika suhu mencapai titik tertentu, untuk memungkinkan pemain tetap terhidrasi dan melakukan pendinginan selama beraktivitas di lapangan.

Mempertimbangkan kondisi cuaca, penyelenggara juga memastikan kalau delapan venue Piala Dunia Qatar dipasang AC untuk mengatur suhu penonton dan pemain. Bukaan di tribune dan nozel di lapangan akan digunakan. Semuanya akan ditenagai oleh sumber energi matahari terbaru. Mekanismenya telah dirancang untuk menarik udara kotor dan membersihkannya.

Itulah penjelasan mengenai mengapa suhu dapat memengaruhi kesehatan pemain di Piala Dunia Qatar 2022. Nah, bagi kamu yang menjadi penonton setia piala dunia di layar kaca, pastikan untuk senantiasa menjaga kesehatanmu juga. Sebab, perbedaan zona waktu antara Qatar dan Indonesia membuat siaran live Piala Dunia memiliki waktu berbeda. Hal ini bisa saja membuatmu begadang saat menonton pertandingan dari tim favoritmu. 

Hal ini perlu dibatasi, dan kamu juga perlu senantiasa menjaga daya tahan tubuhmu, dengan memenuhi asupan nutrisi penting. Selain dari konsumsi makanan sehat, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen kesehatan. 

Jika saat ini membutuhkannya, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi: 
InterMountain Healthcare. Diakses pada 2022. What is the effect of heat and humidity on athletic performance? 
Pojok Satu. Diakses pada 2022. Suhu Qatar Capai 30 Derajat Celcius, Masalah Serius Negara Eropa di Piala Dunia 2022. 
Goal. Diakses pada 2022. Sepanas Apa Cuaca Piala Dunia 2022 Di Qatar & Bagaimana Pemain Mengatasinya?
FIF Pro. Diakses pada 2022. Sepanas Apa Cuaca Piala Dunia 2022 Di Qatar & Bagaimana Pemain Mengatasinya?