Suntik DNA Ikan Salmon, Apakah Aman untuk Dilakukan?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 November 2021

“Pada dasarnya suntik DNA ikan salmon aman dilakukan, tetapi berisiko untuk orang-orang tertentu. Wanita hamil, orang yang memiliki masalah pembekuan darah, pengidap penyakit jantung, orang dengan diabetes dan hidup dengan insulin, serta mereka yang berisiko mengalami kelumpuhan akibat kondisi suatu penyakit tidak direkomendasikan untuk melakukan perawatan ini.”

Suntik DNA Ikan Salmon, Apakah Aman untuk Dilakukan?Suntik DNA Ikan Salmon, Apakah Aman untuk Dilakukan?

“Pada dasarnya suntik DNA ikan salmon aman dilakukan, tetapi berisiko untuk orang-orang tertentu. Wanita hamil, orang yang memiliki masalah pembekuan darah, pengidap penyakit jantung, orang dengan diabetes dan hidup dengan insulin, serta mereka yang berisiko mengalami kelumpuhan akibat kondisi suatu penyakit tidak direkomendasikan untuk melakukan perawatan ini.”

Halodoc, Jakarta – Suntik DNA ikan salmon adalah tindakan yang dilakukan bertujuan untuk membantu produksi sel di kulit. Perawatan kecantikan ini digunakan untuk menghidupkan kembali sel-sel mati pada kulit dan meremajakannya. 

Kualitas kulit dapat memburuk karena faktor lingkungan. Jumlah asam hialuronat dalam tubuh tidak sepenuhnya dipenuhi oleh pemecahan serat elastin dan kolagen di kulit. Akibatnya  kulit menjadi lebih kusam, kering, dan elastisitasnya menurun. Suntik DNA ikan salmon diyakini dapat memperbaiki kerusakan kulit tersebut. Pertanyaannya, apakah ini aman untuk dilakukan?

Suntik DNA Ikan Salmon Tidak Aman untuk Orang dengan Kondisi Tertentu

Prosedur suntik DNA ikan salmon aman dilakukan dengan pengawasan dokter yang sudah terakreditasi. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat perawatan ini tidak bisa diterapkan. Pada siapa saja?

Baca juga: 6 Kesalahan Saat Melakukan Perawatan Wajah

  • Wanita hamil
  • Orang yang memiliki masalah pembekuan darah
  • Pengidap penyakit jantung 
  • Orang dengan diabetes dan hidup dengan insulin 
  • DNA salmon juga tidak dianjurkan bagi mereka yang berisiko mengalami kelumpuhan akibat beberapa penyakit.
  • Suntikan DNA ikan salmon umumnya tidak menyebabkan alergi, tetapi orang dengan risiko alergi perlu berhati-hati. 

Jika kamu tertarik melakukan perawatan suntik DNA ikan salmon, ada baiknya kamu berdiskusi dulu dengan dokter melalui Halodoc! Ayo, download aplikasinya sekarang juga untuk merasakan kemudahannya!

Baca juga: Mengenal 5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Wanita

Jika seseorang tidak termasuk dalam kategori berisiko, sah-sah saja jika mendapatkan suntik DNA ikan salmon. Hanya saja setelah pengaplikasiannya harus menghindari konsumsi aspirin dan obat pengencer darah. 

Ini dikarenakan obat-obatan tersebut dapat menyebabkan memar dan edema. Selain itu, suntik DNA ikan salmon sama sekali tidak memberikan risiko alergi. Aplikasi DNA salmon dapat diterapkan pada semua jenis kulit.

Prosedur Suntik DNA Ikan Salmon

Perawatan DNA salmon dilakukan dengan cara menyuntikkan jarum kecil di bawah kulit. Untuk mengawali perawatan kulit terlebih dahulu dilembapkan. Asam hialuronat dioleskan ke kulit, dengan demikian tingkat kelembapan kulit diperbaiki, sehingga kondisi kulit sesuai dengan prosedur ini. 

Proses persiapannya akan memakan waktu sekitar 15 hari. Ketika tingkat kelembapan permukaan kulit mencapai tingkat yang diinginkan, serum yang dihasilkan dari susu salmon disuntikkan di bawah kulit. 

Baca juga: 5 Cara Simpel untuk Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Dengan demikian, jaringan yang rusak pada kulit sembuh dan merevitalisasi dan kulit terlihat jauh lebih muda dan bercahaya. Setelah intervensi, orang yang menjalani perawatan ini dapat kembali menjalani aktivitasnya seperti biasa. 

Memar kecil karena jarum biasanya terlihat di keesokan harinya, tetapi tidak terlalu signifikan. Efek injeksi DNA salmon terbukti setelah rata-rata tiga sesi. Setelah perawatan selesai, peningkatan kolagen berlanjut selama berbulan-bulan. Suntik DNA ikan salmon sebaiknya dilakukan secara rutin mendapatkan efek yang permanen. 

Dengan penerapan DNA salmon, kekurangan protein yang disebabkan oleh sinar UV, rokok, serta alkohol dapat tergantikan. Kulit mati akan hidup kembali dan seiring berjalannya waktu, kulit menjadi diremajakan dan diperbarui. Singkatnya suntik DNA salmon dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan protein kulit

Pada akhir aplikasi DNA salmon, perlu dilakukan pijat wajah supaya kelembapan dan penerapannya merata ke seluruh kulit wajah. Selain itu, tidak direkomendasikan untuk melakukan rias wajah dalam 6 jam pertama setelah pengaplikasiannya ke wajah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, suntik DNA ikan salmon direkomendasikan dilakukan bersamaan dengan perawatan lain seperti laser. 

Baca Juga: 7 Manfaat Salmon Untuk Kesehatan & Kecantikan

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Omerekin.com. Diakses pada 2021. Salmon DNA Injection.
Sukruyazar.com. Diakses pada 2021. Salmon DNA Vaccine.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan