• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal 5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Wanita
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal 5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Wanita

Mengenal 5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Wanita

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 28 Oktober 2021
Mengenal 5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan WanitaMengenal 5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Wanita

Mentimun mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan elektrolit kalium pada mentimun dapat mengurangi retensi air yang diinduksi natrium dan dengan demikian menurunkan tekanan darah. Selain itu, jika digunakan sebagai masker mentimun, dapat membantu mencerahkan wajah karena mentimun mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, folat, dan antiradang sehingga dapat mengurangi bengkak serta iritasi pada kulit.

Halodoc, Jakarta – Mentimun mengandung 96 persen air, rendah kalori dan lemak, sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dikonsumsi langsung, mentimun juga memiliki banyak manfaat bila diaplikasikan ke kulit. 

Kandungan asam dalam setiap irisan mentimun akan menurunkan retensi air dan mengurangi bengkak di bawah mata. Minum jus mentimun akan melawan peradangan pada rongga gigi, sehingga membuat gusi lebih sehat. Yuk, simak selengkapnya di sini manfaat kesehatan mentimun yang lain!

Baca juga: Banyak Makan Timun Bisa Bantu Turunkan Darah Tinggi?

1. Mengontrol Tekanan Darah

Mentimun dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali. Mentimun tinggi elektrolit kalium yang dapat mengurangi retensi air yang diinduksi natrium dan dengan demikian menurunkan tekanan darah.

2. Mencerahkan Wajah

Menggunakan masker mentimun dapat membantu mencerahkan wajah karena mentimun mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, folat, dan antiradang yang dapat mengurangi bengkak serta iritasi pada kulit. 

Baca juga: Kebiasaan yang Dapat Memutihkan Wajah

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mentimun dapat menjaga kesehatan pencernaan. Serat pada mentimun dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan keteraturan buang air besar. Pada akhirnya, usus yang sehat dan BAB yang teratur akan berdampak pada kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

4. Memperkuat Tulang

Kalsium bukan satu-satunya nutrisi yang membuat tulang kuat. Vitamin K juga dapat memperkuat tulang dan vitamin K banyak terkandung pada mentimun. Perempuan yang mengalami pascamenopause direkomendasikan untuk meningkatkan asupan vitamin K untuk membantu memperkuat tulang. 

Baca juga: 7 Macam Lalapan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

5. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Gula darah tinggi dapat membantu menciptakan terlalu banyak zat perusak sel yang dikenal sebagai ROS (Reactive Oxygen Species). Mengonsumsi mentimun dapat menurunkan produksi ROS dalam tubuh. 

Itulah informasi mengenai manfaat mentimun untuk kesehatan wanita. Kalau butuh informasi lebih detail mengenai isu kesehatan lainnya tanyakan langsung ke Halodoc. Mau pesan obat tanpa harus keluar rumah? Langsung di Halodoc saja!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
WomensHealthMag. Diakses pada 2021. 10 Cucumber Health Benefits You Shouldn’t Ignore.
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Health Benefits of Eating Cucumber.
WebMD. Diakses pada 2021. Why Cucumbers Are Good for You.