Susu UHT: Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Oktober 2023

“Selain bersih dan tahan lama, susu UHT mengandung nutrisi yang penting. Itulah mengapa minuman sehat ini bisa memberikan banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan gigi dan tulang.”

Susu UHT: Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya bagi KesehatanSusu UHT: Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

DAFTAR ISI

  1. Kandungan Nutrisi Susu UHT
  2. Manfaat Susu UHT untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Susu UHT adalah susu yang diolah menggunakan teknologi ultra-high temperature (UHT). Ini adalah metode modern yang efektif untuk membuat susu jadi steril, tanpa merusak kandungan nutrisi alaminya. 

Proses UHT menghancurkan hampir semua bakteri atau mikroorganisme berbahaya yang ada di dalam susu. Jadi, susu bisa bisa tahan hingga 9 bulan tanpa perlu kamu simpan di kulkas. Apa saja kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi tubuh? Yuk simak dalam pembahasan berikut ini!

Kandungan Nutrisi Susu UHT

Berikut adalah kandungan nutrisi dalam 1 pak susu UHT full cream (250 mililiter):

  • Protein: 8 gram.
  • Karbohidrat: 12 gram.
  • Lemak: 8 gram.
  • Sodium: 55 miligram.
  • Kalium: 400 miligram.

Tidak hanya itu, susu ini juga kaya akan sejumlah nutrisi penting lainnya, seperti:

  • Kalsium.
  • Seng.
  • Fosfor.
  • Magnesium.
  • Riboflavin.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B12.

Sebenarnya kualitas dan jumlah kandungan protein susu bisa berkurang selama proses dan pengemasan.

Namun, pemilihan susu yang berkualitas baik dan pemrosesan yang tepat bisa menjaga kandungan nutrisi tersebut.

Selain susu UHT, kamu juga bisa cari tahu berbagai kandungan dalam susu kedelai melalui artikel ini → Tak Kalah dengan Susu Sapi, Ini 15 Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan

Manfaat Susu UHT untuk Kesehatan

Berikut ini berbagai manfaat susu UHT untuk kesehatan, yaitu:

1. Menjaga kesehatan tulang

manfaat susu UHT untuk tulang

Salah satu manfaat paling nyata dari minum susu, baik UHT maupun jenis lainnya, adalah mendapatkan asupan kalsium yang tinggi. Nutrisi ini sangat penting bagi perkembangan dan kekuatan tulangmu.

Melansir dari jurnal Nutrients dengan judul Dairy Products, Dietary Calcium and Bone Health: Possibility of Prevention of Osteoporosis in Women: The Polish Experience, terdapat sebuah penelitian pada beberapa wanita.

Hasilnya, pengonsumsian susu secara rutin mampu menurunkan risiko gangguan tulang, seperti osteoporosis pada wanita dewasa.

2. Mengoptimalkan sistem imun tubuh

Kalsium menjadi salah satu nutrisi yang baik untuk mengoptimalkan sistem imun tubuh. Ketika sistem imun tubuh dapat berfungsi dengan baik, maka kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

3. Mencegah obesitas

manfaat susu UHT untuk mencegah obesitas

Beberapa penelitian sudah mengaitkan konsumsi susu dengan risiko obesitas yang lebih rendah. Menariknya, manfaat tersebut hanya berkaitan dengan susu murni (whole milk). 

Sebuah studi pada 145 anak keturunan Amerika Selatan berusia tiga tahun, menemukan bahwa konsumsi lemak susu yang lebih tinggi berkaitan dengan risiko obesitas masa kanak-kanak yang lebih rendah.

Studi lain dalam The American Journal of Clinical Nutrition, melibatkan lebih dari 18.000 wanita paruh baya dan lanjut usia. Penelitian ini  menunjukkan bahwa konsumsi lebih banyak produk susu berlemak tinggi, berkaitan dengan penurunan berat badan dan risiko obesitas yang lebih rendah.

Hal tersebut karena adanya kandungan protein yang mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu akan lebih memerhatikan jumlah asupan makanan.

Selain itu, asam linoleat terkonjugasi dalam susu juga mampu meningkatkan penurunan berat badan dengan mendorong pemecahan lemak dan menghambat produksi lemak.

Jadi, bila kamu ingin menurunkan berat badan, kamu bisa minum susu secara rutin. Namun, perhatikan juga kandungan gulanya dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan untuk mencegah efek sebaliknya.

Baca lebih lengkap tentang susu Uht pada artikel berikut

4. Menjaga kesehatan gigi

Tulang dan gigi membutuhkan banyak asupan kalsium. Karena itu, manfaat mengonsumsi susu ini baik bagi kesehatan gigi kamu.

Minuman sehat tersebut membuat gigi kamu lebih kuat dan mencegahnya patah atau rusak. Para ahli menyarankan anak-anak agar mengonsumsi susu beberapa kali sehari untuk mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi.

Namun, kamu harus ingat bahwa tubuh tidak bisa menyerap kalsium tanpa vitamin D. Vitamin tersebut banyak terdapat dalam susu murni atau susu full cream.

Dalam Journal of The California Dental Association mengatakan bahwa mengonsumsi susu juga bisa mengoptimalkan kesehatan gigi. Hal ini karena kandungan protein yang cukup tinggi dalam susu membuat kesehatan mulut dan gigi menjadi lebih optimal.

5. Mencegah keracunan makanan

wanita sedang sakit perut

Pengolahan susu UHT bertujuan untuk membunuh bakteri berbahaya dalam susu. 

Susu mentah yang tidak melalui proses tersebut biasanya terkontaminasi dengan berbagai macam bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan. Misalnya, bakteri E. coli, Listeria, Salmonella, dan lain-lain.

Bila terinfeksi bakteri tersebut, kamu bisa mengalami muntah, diare, sakit perut, dan demam. Pada kasus yang lebih parah, keracunan bisa menyebabkan gagal ginjal, keguguran, bahkan kematian.

Nah, proses pasteurisasi membunuh semua mikroorganisme penyebab penyakit dalam susu mentah, dan dikemas dalam wadah yang juga sudah steril. Jadi, susu UHT aman untuk anak-anak atau orang dewasa konsumsi.

6. Mengoptimalkan kesehatan mata

Susu UHT mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi minuman sehat ini secara rutin bisa mengoptimalkan penglihatan.

7. Menjaga kesehatan rambut

manfaat susu UHT untuk kesehatan rambut

Kandungan kalsium yang tinggi dalam minuman ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan rambut. Kalsium penting untuk rambut karena membantu sekresi hormon dan enzim.

Hal ini termasuk hormon androgen dan enzim biotin yang terlibat dalam pertumbuhan rambut yang sehat.

8. Menjaga kesehatan mental

Susu mengandung vitamin D, C, dan B yang baik untuk menjaga kesehatan otak. Ketika otak dalam kondisi yang optimal, maka kamu akan berpotensi memiliki kondisi kesehatan mental yang baik.

9. Mengoptimalkan energi

Susu juga mengandung laktosa yang bisa menambahkan energi untuk tubuh. Dengan begitu, saat mengonsumsi susu, kamu akan merasakan lebih berenergi.

Itulah kandungan nutrisi dan manfaat susu UHT bagi kesehatan. Selain susu UHT, terdapat juga jenis susu lainnya, seperti susu kefir. Susu jenis ini juga bisa mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Cari tahu ulasannya melalui artikel ini → Cegah Berbagai Penyakit dengan Konsumsi Rutin Susu Kefir

Dapatkan susu atau produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Tanpa perlu repot keluar rumah, pesananmu akan sampai dalam waktu satu jam. Klik gambar ini untuk memesannya sekarang:

Referensi:
Fat Secret Indonesia. Diakses pada 2023. Susu UHT Full Cream (250ml).
Lactel. Diakses pada 2023. Advantages & Benefits Of UHT Treated Milk – Lactel.
Tetra Pak. Diakses pada 2023. UHT Milk FAQ
Belgravia Centre. Diakses pada 2023. Calcium Intake, Hair Growth and Hair Loss.
Journal of The California Dental Association. Diakses pada 2023. Milk Helps Build Strong Teeth and Promotes Oral Health.
Nutrients. Diakses pada 2023. Dairy Products, Dietary Calcium and Bone Health: Possibility of Prevention of Osteoporosis in Women: The Polish Experience.
The American Journal of Clinical Nutrition. Diakses pada 2023. Dairy consumption in association with weight change and risk of becoming overweight or obese in middle-aged and older women: a prospective cohort study.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan