Tak Cuma Wortel, Ini Makanan Lain yang Membuat Mata Sehat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Maret 2022

“Wortel tinggi beta karoten yang digunakan tubuh memproduksi vitamin A untuk menunjang penglihatan dalam cahaya redup. Namun, ada jenis makanan lain yang dapat menunjang kesehatan mata selain wortel, yaitu sayuran, ikan, telur, dan lain-lain.”

Tak Cuma Wortel, Ini Makanan Lain yang Membuat Mata SehatTak Cuma Wortel, Ini Makanan Lain yang Membuat Mata Sehat

Halodoc, Jakarta – Beta karoten dalam wortel membuat sayuran ini berwarna terang. Jenis vitamin A ini mampu menjaga sekaligus meningkatkan fungsi retina dan bagian mata lainnya. Namun, bukan hanya beta karoten saja yang dapat menunjang kesehatan mata.

Ada beberapa jenis vitamin lain yang dibutuhkan agar penglihatan tetap terang dan terbebas dari penyakit mata, seperti potassium, magnesium dan vitamin C. Kandungan lutein dan zeaxanthin juga dibutuhkan untuk mencegah mata katarak. Bukan hanya wortel saja, ini makanan sehat untuk mata lainnya:

1. Sayuran Hijau

Dari jurnal berjudul Lutein and Zeaxanthin and the Risk of Cataract: The Melbourne Visual Impairment Project, lutein dan zeaxanthin dapat menurunkan risiko katarak. Kedua zat gizi tersebut dapat ditemukan pada beberapa sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, kubis, dan kale. 

Mengonsumsi makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin juga dapat menurunkan risiko degenerasi makula, yaitu jenis penyakit mata yang menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan. Penyakit tersebut disebabkan oleh pertumbuhan pembuluh darah di sekitar bawah retina.

2. Ikan-Ikanan 

Makanan sehat untuk mata selanjutnya adalah ikan-ikanan. Ikan dengan kandungan asam lemak tinggi dapat menjaga kesehatan mata sekaligus meningkatkan kemampuan melihat. Pasalnya, lemak pada ikan adalah lemak yang juga ditemukan di area sekitar retina mata.

Jika kekurangan asam lemak tersebut, mata bisa saja mengalami gangguan penglihatan. Ada beberapa jenis ikan terbaik yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan ketajaman mata. Beberapa ikan tersebut, termasuk ikan tuna, ikan asin, makarel, dan ikan salmon.

3. Telur

Telur menjadi makanan sehat untuk mata selanjutnya. Rutin mengonsumsi setidaknya dua butir telur setiap hari dapat membantu mata tetap sehat. Pasalnya, kuning telur kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin yang hampir sama pada sayuran hijau.

4. Buah Citrus

Sama dengan sayuran, buah citrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis menjadi salah satu makanan sehat untuk mata. Kelompok buah citrus kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat untuk menjaga kesehatan jaringan mata. Rutin mengonsumsinya dapat menurunkan risiko katarak dan penyakit mata lainnya.

5. Biji-Bijian

Satu ons biji almond mampu memenuhi setengah asupan vitamin harian. Vitamin E yang dikombinasikan dengan nutrisi lain dapat membantu memperlambat degenerasi makula terkait usia (AMD) menjadi lebih buruk. Kandungannya juga dapat membantu mencegah katarak. Selain almond, hazelnut, kacang tanah, dan selai kacang juga merupakan sumber vitamin E yang baik.

6. Ubi Jalar

Makanan sehat untuk mata yang terakhir adalah ubi jalar. Makanan ini kaya akan vitamin A yang dapat membantu meningkatkan kemampuan penglihatan di malam hari. Dengan kata lain, kemampuan mata untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan akan meningkat. Selain vitamin A, satu ubi jalar dapat memenuhi lebih dari setengah vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh.

Selain lewat makanan, kamu juga bisa menjaga kesehatan mata dengan melakukan senam atau gerakan sederhana. Terutama ketika mata memiliki aktivitas yang cukup tinggi dan banyak terpapar radiasi. Cobalah untuk sesekali menggerakkan bola mata ke kanan dan ke kiri jika mata sudah mulai terasa lelah. 

Selain itu, kamu juga bisa mengedipkan dan pejamkan kelopak mata selama beberapa menit untuk menjaga mata tetap lembab dan terhindar dari kerusakan. Untuk cara lainnya, kamu bisa tanya dokter di aplikasi Halodoc. Jika kamu ingin mengakses informasi kesehatan lainnya, silahkan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2022. 10 Foods That Are Good for Your Eyes.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Top 10 foods for healthy eyes.
Health University of UTAH. Diakses pada 2022. CARROTS & EYE HEALTH: MYTH OR FACT?
Clinical and Epidemiologic Research. Diakses pada 2022. Lutein and Zeaxanthin and the Risk of Cataract: The Melbourne Visual Impairment Project.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan