Tak Hanya Baik untuk Pria, Ini Manfaat Ginseng untuk Wanita

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Januari 2023

“Ada banyak sekali manfaat ginseng untuk wanita yang bisa didapatkan, salah satunya adalah meringankan gejala menopause. Dengan mengonsumsi tanaman ini secara rutin, kamu juga bisa membuat tubuh sehat secara keseluruhan.”

Tak Hanya Baik untuk Pria, Ini Manfaat Ginseng untuk WanitaTak Hanya Baik untuk Pria, Ini Manfaat Ginseng untuk Wanita

Halodoc, Jakarta – Ginseng merupakan salah satu tanaman yang terkenal di Korea Selatan. Manfaat dari tanaman ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia, sehingga banyak produsen suplemen yang menggunakannya sebagai bahan dasar. Namun, apa sih manfaat ginseng untuk wanita yang bisa didapatkan? Berikut ulasannya!

Berbagai Manfaat Ginseng untuk Wanita

Ginseng merupakan tanaman dengan akar berdaging yang tumbuh dengan sangat lambat. Ada banyak sekali manfaat ginseng untuk wanita yang bisa dirasakan, antara lain:

1. Meningkatkan libido pada wanita

Ginseng diyakini dapat memberikan manfaat terkait kesehatan seksual wanita. Ekstrak tanaman direkomendasikan pada wanita yang memiliki energi rendah, sedang kelelahan, hingga libido rendah.

Dengan begitu, tingkat libido pada wanita yang mengonsumsinya dapat meningkat.

2. Meringankan gejala menopause

Menurut studi dari Chonnam National University, ginseng berpotensi membantu wanita dapat melewati masa transisi menopause lebih ringan.

Apabila wanita yang mengonsumsi ginseng, efek samping dari menopause bisa dilewati dengan lebih mudah.

Menurut studi dari Journal of Menopause, tiga gram ginseng yang dikonsumsi selama 12 minggu dapat membuat gejala menopause jadi lebih ringan. 

Tak hanya itu saja, konsumsi suplemen ginseng juga akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

3. Mencerahkan kulit

Konsumsi ginseng juga dapat bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih cerah. Pasalnya, tanaman ini mengandung antioksidan tinggi yang mampu merangsang kulit melakukan peremajaan.

Artinya, tubuh mampu melakukan peremajaan kulit lebih baik. Selain itu, tanaman ini juga dapat mencegah kerutan pada wajah, sehingga terlihat lebih muda.

4. Meningkatkan sistem imunitas

Ginseng dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh juga, lho. Tanaman ini memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur, serta anti-virus yang kuat, sehingga tidak mudah sakit.

Selain itu, tanaman ini juga dapat meningkatkan kadar antioksidan pada hati, sehingga lebih efektif mengatasi berbagai penyebab penyakit.

5. Mencegah disfungsi hormon

Wanita rentan mengalami disfungsi hormonal, salah satunya adalah sindrom ovarium polikistik.

Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti menstruasi yang tidak teratur, infertilitas, hingga kista ovarium.

Mengacu pada Journal of Ginseng Research, konsumsi ginseng secara efektif mampu mengurangi perkembangan kista serta pertumbuhan saraf.

Kondisi ini dapat terjadi saat ovarium polikistik telah terbentuk dengan sempurna. Jadi, saat gejala muncul, segera konsumsi ginseng secara rutin.

Ada banyak sekali pilihan dalam mengonsumsi ginseng, mulai dari suplemen, ekstrak yang diolah menjadi teh, dan banyak lagi.

Kamu bisa mengonsumsinya setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang telah disebutkan.

Itulah berbagai manfaat ginseng untuk wanita yang bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

Namun, berhati-hatilah terhadap efek samping yang bisa timbul setelahnya. Pastikan untuk bertanya ke dokter ahlinya untuk menghindari berbagai masalah ini.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait manfaat ginseng bagi kesehatan, fitur tanya dokter dan janji rumah sakit dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya.

Cukup download aplikasi Halodoc dan kamu akan mendapatkan segala kemudahan dalam akses kesehatan di genggaman.

Referensi:
Bens Natural Health. Diakses pada 2023. 8 Amazing Health Benefits Of Ginseng.
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Proven Health Benefits of Ginseng.
Herba Zest. Diakses pada 2023. Ginseng Benefits For Women.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan