Tak Hanya Daging, Ini 6 Rekomendasi Makanan untuk Darah Rendah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Februari 2024

“Tekanan darah yang rendah dan berlangsung dalam waktu lama nyatanya bisa membahayakan tubuh. Kondisi ini tidak hanya bisa diobati dengan obat medis, tetapi bisa dengan mengonsumsi beberapa makanan untuk darah rendah.”

Tak Hanya Daging, Ini 6 Rekomendasi Makanan untuk Darah RendahTak Hanya Daging, Ini 6 Rekomendasi Makanan untuk Darah Rendah

Halodoc, Jakarta – Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah kondisi ketika darah mengalir melalui pembuluh darah pada tekanan yang lebih rendah dari normal. Hipotensi terjadi ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dari batas normal, yaitu di bawah 90/60 mmHg. 

Dalam banyak kasus, tekanan darah rendah mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun, dan bukan masalah kesehatan yang membahayakan.  Namun, tekanan darah rendah dalam jangka panjang hingga menimbulkan gejala perlu diwaspadai.

Pertanyaannya, makanan apa saja sih yang mampu membantu untuk meningkatkan tekanan darah?

Rekomendasi Makanan untuk Darah Rendah

Darah rendah biasanya akan mulai muncul sejak remaja. Jika gejalanya tidak kunjung hilang hingga dewasa, hal ini harus segera mendapatkan penanganan. Dokter biasanya menganjurkan untuk mengonsumsi daging merah secara rutin sebagai makanan utama untuk darah rendah. 

Daging merah adalah salah satu sumber zat besi yang sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan tekanan darah. Selain daging, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk pengidap darah rendah, antara lain:

1. Kismis

Selain untuk membuat kue, pengidap darah rendah juga dapat mengonsumsi kismis untuk mengatasi hipotensi. Kismis dapat meningkatkan fungsi kelenjar adrenal, sehingga dapat menjaga level tekanan darah dalam batas normal.

Rendam 30-40 kismis dalam secangkir air, diamkan semalaman, lalu kamu bisa mengonsumsinya di pagi hari saat perut masih kosong.

Mau tahu obat-obatan yang ampuh untuk mengatasi anemia atau darah rendah? Baca di artikel ini: “Ini Obat Darah Rendah yang Ampuh dan Tersedia di Apotek”.

2. Buah Bit

Sayur bayam mengandung kalium dan folat, namun rendah sodium. Kandungan gizi dalam sayur ini bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Bahkan, membantu proses pembentukan sel darah merah yang mampu meningkatkan tekanan darah. 

Kandungan vitamin E dalam bayam juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

Sayur hijau yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Baca selengkapnya di artikel ini: “Tak Hanya Lezat, Ini 11 Manfaat Bayam bagi Kesehatan Tubuh”.

3. Sayur Bayam

Sayur bayam mengandung kalium dan folat, namun rendah sodium. Oleh karena itu, konsumsi sayur bayam bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar dan membantu proses pembentukan sel darah merah yang mampu meningkatkan tekanan darah. Kandungan vitamin E dalam bayam juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

4. Hati Sapi

Selain daging sapi, hati sapi juga cocok untuk para pengidap darah rendah. Makanan ini adalah salah satu sumber vitamin B12 terbaik sebab dalam satu porsi 100 gram hati sapi mengandung jumlah vitamin B12 yang sangat tinggi.

Kadar vitamin B12 yang tidak terpenuhi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia dan tekanan darah rendah. Kamu mungkin bisa mengonsumsi hati sapi apabila sering mengalami tekanan darah rendah.

5. Makanan yang Mengandung Banyak Air

Tekanan darah seseorang bisa turun jika jumlah cairan dalam tubuh sedikit. Sangat penting untuk menjaga tingkat cairan yang cukup dengan mengonsumsi makanan berair seperti semangka atau jeruk. Kamu juga bisa rutin minum air putih. Orang yang lebih tua dapat mengalami dehidrasi lebih cepat, sehingga harus lebih memperhatikan asupan cairan di tubuh.

6. Telur

Telur terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Selain berprotein tinggi, sebutir telur ternyata mengandung asam folat dan B12 dalam jumlah tinggi. Vitamin B12 dan asam folat merupakan dua senyawa yang mampu meningkatkan tingkat tekanan darah rendah.

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu untuk meningkatkan tekanan darah. Tanyakan pada dokter bila darah rendah tak kunjung membaik. Kemudian dapatkan obat-obatan yang kamu butuhkan di Toko Kesehatan Halodoc!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi
Manhattan Cardiology. Diakses pada 2022. What to Eat to Help Raise Low Blood Pressure.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to Eat with Low Blood Pressure.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan