• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Perlu ke Dokter, Ini Rekomendasi Obat Diare Anak Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Perlu ke Dokter, Ini Rekomendasi Obat Diare Anak Alami

Tak Perlu ke Dokter, Ini Rekomendasi Obat Diare Anak Alami

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Desember 2022

“Dalam kasus yang ringan, diare pada anak sebenarnya dapat sembuh cukup dengan perawatan rumahan. Ibu bisa menggunakan obat diare anak alami seperti jahe, lada putih, dan mengonsumsi probiotik.”

Tak Perlu ke Dokter, Ini Rekomendasi Obat Diare Anak AlamiTak Perlu ke Dokter, Ini Rekomendasi Obat Diare Anak Alami

Halodoc, Jakarta – Diare ringan pada anak bisa membaik dengan perawatan rumahan yang tepat. Tidak perlu ke dokter, ibu bisa menggunakan obat diare anak alami. Pastikan saja ibu segera memberikan penanganan pertama saat anak diare, sehingga ia tidak mengalami dehidrasi karena kurangnya asupan cairan tubuh. 

Rekomendasi Obat Diare Anak Alami

Segera setelah mendapati anak menunjukkan gejala diare, seperti buang air besar lebih dari 3 kali sehari dengan tekstur cair, ibu dapat segera membuat obat diare anak dari bahan alami. Berikut beberapa bahan yang dapat ibu gunakan:

1. Probiotik

Sebagai pertolongan pertama, ibu dapat memberikan makanan yang mengandung probiotik untuk anak. Probiotik memang memiliki efek positif untuk pencernaan. Ini karena bakteri baik probiotik akan membantu kerja usus dalam memerangi infeksi. 

Tidak hanya efektif untuk melawan infeksi, probiotik juga dapat membantu mengurangi gejala diare. Ibu bisa mendapat probiotik dari beberapa jenis makanan, seperti yogurt, buah zaitun, coklat hitam, keju lunak, atau jenis lainnya. 

2. Jahe

Obat diare anak alami lainnya adalah jahe. Bahkan, efektivitas jahe untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan sudah tidak perlu ibu ragukan. Studi dalam Integrative Medicine Insights menyebutkan, jahe menjadi salah satu obat paling baik untuk mengatasi gangguan pencernaan. 

Meski begitu, efektivitas ini mungkin tidak sepenuhnya maksimal untuk diare. Sebab, manfaat jahe memang lebih mengarah pada perut kembung dan mual. Hanya saja, tidak ada salahnya untuk mencobanya, bu. 

Jahe juga mempunyai sifat antibakteri yang bisa membantu menghambat pertumbuhan E.coli yang menjadi penyebab diare. Ibu bisa mengolah jahe dengan menambah teh, madu, atau sedikit susu.

3. Lada putih

Lada putih sebagai obat diare anak alami mungkin masih asing. Sebab, lada pada dasarnya justru membuat perut dan tenggorokan terasa panas. Meski begitu, lada putih kering ternyata memang bermanfaat untuk obat diare alami anak karena efektif untuk meringankan sakit perut. 

Studi pada The American Journal of Chinese Medicine menyebutkan, pasien diare kronis yang mendapatkan pengobatan dengan lada putih menunjukkan tanda perbaikan dan kesembuhan. 

Ini berkat piperine dalam lada putih yang berperan untuk mengatasi diare. Senyawa ini diyakini dapat membantu meringankan peradangan dan mengurangi rasa nyeri pada tubuh. 

Meski demikian, masih perlu studi lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas lada putih sebagai obat diare anak alami. 

4. Cuka apel sebagai obat diare anak alami

Cuka apel mempunyai sifat antiperadangan dan antimikroba yang turut membuat bahan satu ini efektif untuk mengatasi diare. Sebab, dua sifat tersebut dapat membantu memerangi mikroba yang menjadi penyebab diare dan menenangkan usus yang mengalami peradangan. 

Ibu bisa mencampurkan satu gelas air hangat dengan dua sendok cuka apel. Supaya rasanya lebih nikmat, tambahkan beberapa tetes madu. Minum larutan cuka apel ini sebanyak dua sampai tiga kali sehari hingga gejala diare pada anak mereda.

5. Akar marshmallow dan chamomile

Obat diare anak alami yang terakhir adalah akar marshmallow dan chamomile. Masyarakat tradisional kerap menggunakan akar marshmallow sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada lapisan perut.

Sementara itu, chamomile yang kerap hadir dalam bentuk teh memiliki sifat aktif antiinflamasi untuk membuat perut yang nyeri menjadi lebih tenang. Tak hanya mengatasi diare, chamomile juga membantu mengatasi perut kembung dan mual.

Namun, apabila diare pada anak tidak membaik, ibu perlu segera membawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan, sehingga tidak berujung pada dehidrasi. Buat janji temu dokter di rumah sakit lebih mudah dan praktis, cukup dengan download Halodoc pada ponsel ibu dari App Store atau Play Store. 

Referensi:
The American Journal of Chinese Medicine. Diakses pada 2022. Stir-fried white pepper can treat diarrhea in infants and children efficiently: a randomized controlled trial.
Integrative Medicine Insights. Diakses pada 2022. The Effectiveness of Ginger in the Prevention of Nausea and Vomiting during Pregnancy and Chemotherapy.
Healthline. Diakses pada 2022. The 5 Most Effective Diarrhea Remedies.
Health. Diakses pada 2022. 7 Home Remedies for Diarrhea.