• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tampil Cantik, Ini 6 Manfaat Masker Yoghurt untuk Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tampil Cantik, Ini 6 Manfaat Masker Yoghurt untuk Wajah

Tampil Cantik, Ini 6 Manfaat Masker Yoghurt untuk Wajah

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 November 2022

“Selain baik untuk pencernaan, yoghurt juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Kamu bisa memanfaatkan masker yoghurt untuk melembapkan kulit, mencerahkan kulit, dan mencegah jerawat.”

Tampil Cantik, Ini 6 Manfaat Masker Yoghurt untuk WajahTampil Cantik, Ini 6 Manfaat Masker Yoghurt untuk Wajah

Halodoc, Jakarta – Dalam beberapa tahun belakangan, yoghurt tengah populer untuk kesehatan pencernaan karena nutrisi utama yang terkandung di dalamnya. Selain itu, banyak orang yang mulai menyadari bahwa yoghurt juga bisa bermanfaat sebagai masker wajah. Manfaat masker yoghurt salah satunya untuk melembapkan kulit. 

Masker yoghurt bisa dijadikan perawatan kulit, karena probiotik yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan kulit. Khususnya ketika digunakan secara topikal. Lantas, apa saja manfaat masker yoghurt untuk kulit?

Manfaat Masker Yoghurt untuk Kulit Wajah

Berikut ini beberapa manfaat masker yoghurt yang sayang untuk dilewatkan:

1. Menjaga kelembaban kulit wajah

Menjaga kelembaban kulit wajah

Tekstur krim yoghurt dianggap dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit. Hal tersebut karena terdapat kandungan lactic acid di dalamnya yang berfungsi untuk mengelupas kulit mati.

2. Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit

Studi pada National Health Institute menunjukkan bahwa masker yoghurt berpotensi mencerahkan kulit. Hal tersebut berkat kandungan zinc yang bermanfaat untuk memudarkan noda hitam atau gelap.

3. Meratakan warna kulit

Meratakan warna kulit

Bagi pemilik bekas jerawat, bintik-bintik penuaan, atau bintik-bintik akibat paparan sinar matahari, maka dapat diatasi dengan masker yoghurt. Sebab salah satu manfaat masker yoghurt yaitu membantu meratakan warna kulit. 

4. Melindungi kulit dari paparan sinar UV 

Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Selain membantu mengatasi bintik-bintik penuaan yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari, penelitian juga menunjukkan bahwa masker yoghurt juga dapat meminimalkan efek sinar ultraviolet (UV).

Diperkirakan bahwa yoghurt dapat membantu menciptakan penghalang radikal bebas terhadap kulit. Pada akhirnya hal tersebut bermanfaat untuk mengurangi risiko bintik-bintik penuaan dan kerutan akibat sinar matahari. 

5. Meningkatkan elastisitas kulit

Meningkatkan elastisitas kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit secara alami kehilangan kolagen, sejenis protein yang meningkatkan elastisitas. Penelitian juga menunjukkan bahwa masker yoghurt dapat mendukung peningkatan elastisitas kulit. 

6. Mengatasi dan mencegah jerawat

Mengatasi dan mencegah jerawat

Probiotik pada yoghurt dianggap dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Menurut penelitian, probiotik juga dapat mengurangi peradangan secara keseluruhan, termasuk meredakan jerawat dan mencegahnya muncul lagi.

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat masker yoghurt. Jika kamu ingin merawat kulit wajah, tidak ada salahnya untuk mencoba merawatnya dengan masker yoghurt. Kamu juga bisa cek kebutuhan perawatan kulit wajah di toko kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Benefits of a Yogurt Face Mask and How to DIY It
Style Craze. Diakses pada 2022. Benefits Of Yogurt Face Mask
Mind Body Green. Diakses pada 2022. 3 Yogurt Face Masks For Glowing Skin + What Makes Them So Great