• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanpa Drama, Ini Cara Ampuh Bangunkan Anak saat Sahur

Tanpa Drama, Ini Cara Ampuh Bangunkan Anak saat Sahur

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Puasa merupakan salah satu kebiasaan yang perlu ditanamkan sejak kecil. Dengan mengajarkan puasa sejak dini, anak akan lebih mudah menjalankan puasa saat dewasa nanti. Sahur menjadi salah satu kebutuhan penting sebelum menjalankan ibadah puasa. Gunanya adalah untuk memasok energi untuk menjalankan aktivitas harian.

Membangunkan anak sahur menjadi salah satu tantangan terbesar orangtua saat sahur. Bangun dini hari untuk makan mungkin terasa asing bagi anak, akibatnya mereka akan sangat sulit dan rewel waktu dibangunkan. Jika sudah rewel, suasana hati akan mengikuti, otomatis mereka akan enggan untuk santap sahur. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut tips bangunkan anak sahur:

Baca juga: Ini Cara Agar Berat Badan Tidak Naik Drastis saat Puasa

  • Jelaskan Pentingnya Santap Sahur

Agar lebih mudah dibangunkan, ibu perlu menjelaskan pentingnya sahur saat sebelum tidur, agar Si Kecil lebih mudah dibangunkan saat sahur. Ini menjadi hal utama yang ibu harus lakukan. Beritahu pula apa makna sahur, serta hal-hal yang dapat terjadi jika anak melewatkannya.

Jelaskan pula makna puasa dengan bahasa yang mudah dipahami Si Kecil. Berkaitan dengan hal tersebut, ibu dapat menjelaskan tentang manfaat puasa, serta pahala yang didapat. Terangkan pula tentang ikhlas dalam berpuasa akan membawa kebaikan untuknya di kemudian hari.

  • Mengatur Jam Tidur

Tips membangunkan anak sahur selanjutnya dapat dilakukan dengan mengajak anak tidur di awal waktu. Dengan tidur lebih awal, jam tidur anak tidak berkurang, sehingga mereka akan lebih mudah dibangunkan saat sahur. Terangkan padanya jika pola tidur akan berubah selama puasa, karena harus bangun untuk makan sahur.

Saat pandemi seperti sekarang ini, ibu dapat mengajaknya shalat tarawih berjamaah di rumah dengan waktu yang lebih singkat, sehingga anak dapat lebih tidur dengan lebih cepat. Agar anak lebih cepat tidur, ibu bisa membacakan dongeng atau menceritakan kisah pengantar tidur.

Selain tidur pada malam hari, untuk menambah jam tidur saat puasa adalah dengan melakukan tidur siang. Tidur siang paling lama dilakukan dalam waktu 1 jam, agar anak tidak terjaga di malam hari karena terlalu lama melakukan tidur siang. Jika tidak terbiasa tidur siang, biarkan anak untuk beraktivitas di siang hari, sehingga dapat lebih cepat tidur di malam hari.

Baca juga: Puasa dan Tetap Aktif, Ini Cara Mencegah Dehidrasi

  • Siapkan Makanan Kesukaan Anak

Langkah selanjutnya dalam bangunkan anak sahur adalah dengan menyuguhkan makanan kesukaannya. Dengan memberitahu bahwa sudah disajikan makanan kesukaan, mereka akan lebih antusias saat tiba waktu santap sahur. Selain lebih cepat bangun, memasak makanan kesukaan anak akan membuat selera makan mereka meningkat.

Berkaitan dengan hal tersebut, ibu dapat mencari menu makanan yang mereka sukai, yang kaya akan nutrisi dan vitamin, sehingga anak mempunyai cukup stamina untuk menjalankan ibadah puasa. 

  • Bangunkan dengan Lembut

Jangan meneriakkan saat membangunkan anak sahur ya, bu! Karena anak akan kaget dan kehilangan mood untuk santap sahur. Jika sudah begini, drama akan terjadi, anak menangis, dan ibu menjadi tambah marah. Sebaiknya bangunkan dengan suara dan sentuhan yang lembut, agar anak merasa nyaman. Faktanya, suara dan sentuhan yang lembut lebih efektif untuk bangunkan anak sahur.

  • Beri Penghargaan

Memberi penghargaan tidak selalu dilakukan dengan benda-benda mahal. Cukup dengan memuji dan menciumnya sudah membuat anak merasa senang dan dihargai. Dengan begitu, Si Kecil lebih mudah untuk bangun sahur. Ibu juga dapat memberinya hadiah saat lebaran sebagai imbalan puasa penuh yang dilakukan dalam satu bulan.

Baca juga: Biar Fit, Perlukah Minum Suplemen Saat Puasa?

Jika anak mengalami masalah kesehatan terkait dengan berpuasa, ibu bisa langsung mendiskusikannya dengan dokter di aplikasi Halodoc. Jangan membiasakan anak untuk tidak menyantap sahur ya, bu! Karena hal tersebut akan berdampak pada kesehatannya.

Referensi:

Pop Mama. Diakses pada 2020.Tips Membangunkan Anak untuk Sahur di Bulan Puasa.

UAE. Diakses pada 2020. 7 Tricks to Make Yourself Wake Up for Suhoor.

Very Well Health. Diakses pada 2020. 9 Ways to Stay up Late and Avoid Feeling Sleepy.